Saturday, September 20, 2014

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Surat Lamaran Kerja yang Benar - Melamar sebuah pekerjaan memang gampang-gampang susah, kadang kalau lagi berjodoh ya diterima, kalau ga berjodoh ya buka rejeki. Bukan begitu? Nah artikel kali ini saya akan membahas contoh surat lamaran kerja secara umum yang sering saya dan teman-teman gunakan untuk proses mencari kerja alias melamar kerja. Pada prinsipnya sebuah surat lamaran kerja baik ataupun benar bila memenuhi unsur-unsur seperti berikut ini:

1. Tanggal, bulan, tahun pembuatan surat lamaran kerja. Sesuaikan dengan tanggal, bulan dan tahun pada saat Anda melamar. Bisa saja untuk tanggal berbeda satu atau dua hari tidak masalah menurut saya, asalkan bukan tanggal merah ya (hari libur masa melamar kerja, piyee toh!!!).
Jakarta, 17 September 2014
2. Alamat kerja. Cantumkan alamat tempat Anda melamar kerja. Contoh:
Kepada Yth,
HR. Department PT. Maju Selalu
Di Jl . Kejaksaan Indah No. 67
3. Salam, kalimat pembuka dan data-data pribadi Anda. Contoh:
Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima mengenai lowongan pekerjaan yang ada pada lembaga Bapak/Ibu pimpin, maka dengan ini saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama :  Tiray Cavalera
Tempat/Tanggal lahir : Tangerang, 17 Agustus 1980
Alamat : Jl. Pondoh Indah III Rt. 007/07 No. 10005 Jakarta Selatan
No. Telepon : (021) 999 99999
Pendidikan terakhir : S1 Teknik Informatika
4. Tujuan/maksud melamar kerja (posisi yang diinginkan dalam perusahaan/lembaga) dan lampiran (berkas-berkas pendukung lamaran kerja) Contoh:
Mengajukan permohonan untuk dapat diterima sebagai pegawai pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk posisi yang sedang dibutuhkan. Sebagai bahan pertimbangan di bawah ini saya lampirkan:
1. Curriculum Vitae.
2. Fotokopi KTP.
3. Transkrif Nilai FTI Universitas Budi luhur.
4. Surat Keterangan Kerja
5. Pas Foto Ukuran  3x 4 (1 lembar).
5. Kalimat Penutup
Demikian surat lamaran ini saya sampaikan dengan harapan mendapat perhatian dari Bapak/Ibu. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.
6. Tanda tangan pelamar kerja di bagian sebelum nama. Ganti tulisan "TTD" dengan tanda tangan Anda.
Hormat Saya,

TTD

Tiray Cavalera

Download Contoh Surat Lamaran Kerja 

Sampai pada bagian ke enam, selesai sudah proses pembuatan lamaran kerja Anda. Bagi Anda yang ingin mendownload contoh surat lamaran kerja dan curriculum vitae (daftar riwayat hidup) yang sering digunakan teman-teman saya untuk melamar kerja. Silahkan downlod KLIK DISINI.