Saturday, October 25, 2014

Cara Install Appserv Bahasa Indonesia: Ebook PHP Lengkap

Cara menginstall appserv di windows - Sebelumnya saya telah membagikan tutorial cara menginstall XAMPP di localhost dilengkapi dengan materi PHP yang super lengkap. Di Artikel inipun dilengkapi dengan materi seputar PHP yang tidak kalah lengkapnya yang bisa Anda download di akhir artikel ini. Oke, berikut ini cara instalasi appserv di komputer Anda:
1. Download software AppServ ini di http://appservnetwork.com
2. Setelah Anda mendownloadnya, silahkan double click file hasil downloadnya.
3. Secara default. letak file AppServ untuk instalasi ini adalah di C:\AppServ.
4. Bila pada instalasi AppServ muncul kotak dialog seperti ini, maka pilihlah semua option yang ada.


Option tersebut menunjukkan software apa saja dalam AppServ yang ingin diinstal, dalam hal ini pilihlah semuanya (Apache, MySQL, PHP, server dan phpMyAdmin).

5. Bila sampai pada tahap tampilan instalasi seperti di bawah ini

Isikan Name Server nya denan nama Anda atau apalah sebarang/bebas. Nama itu nantinya dipakai sebagai nama server webnya. Sebaiknya jangan ada spasi untuk nama servernya. Nama server nanti bisa dipanggil di browser, misal kalau nama servernya 'umardanny', maka Anda dapat mengakses http://umardanny di browser Anda.

6. Selanjutnya apabila instalasi telah sampai pada tampilan berikut ini


Isikan password untuk username: root guna mengakses database MySQL. Sebaiknya option Enable InnoDB Anda aktifkan supaya MySQL bisa mensupport relasi dan integritas antara tabel.

7. Apabila proses instalasi selesai, maka selanjutnya cobalah buka browser Anda dan arahkan URLnya ke http://namaserver atau http://localhost yang telah Anda berikan sebelumnya pada proses instalasi. bila browsernya menampilkan halaman berikut ini, maka instalasi AppServ sukses.


8. Halaman yang tampil di atas adalah hasil dari akses file index.php yang terletak dalam direktori C:\AppServ\www. Jadi..file-file web dan juga script PHP yang nantinya akan Anda buat harus diletakkan di direktori tersebut. Apakah bisa diletakkan di tempat lain? oh bisa saja...bagaimana caranya. Caranya adalah dengan mengatur konfigurasi di PHP dan Web Server (Apache).

Download Lengkap Cara Menginstall Appserv dilengkapi Tutorial Lengkap PHP


Untuk konfigurasi lengkap appserv  dan materi PHP dalam bahasa Indonesia. silahkan download disini