Wednesday, November 5, 2014

Free Download Java Tutorial PDF Bahasa Indonesia

Java Programming Tutorial Pdf - Java adalah bahasa pemrograman dan platform komputasi pertama kali dirilis oleh Sun Microsystems pada tahun 1995. Java merupakan teknologi yang mendasari kekuatan program untuk utilitas, permainan, dan aplikasi bisnis. Java berjalan pada lebih dari 850 juta komputer pribadi di seluruh dunia, dan pada miliran perangkat di seluruh dunia, termasuk ponsel dan perangkat TV.

Salah satu karakteristik Java adalah portabilitas, yang berarti bahwa program komputer yang ditulis dlaam bahasa java harus dijalankan secara sama, pada setiap hardware/platform sistem operasi. Hal ini dicapai dengan menyusun kode bahasa Java ke sebuah Java bytecode. Pengguna aplikasi biasanya menggunakan Java Runtime Environment (JRE) diinstal pada mesin mereka sendiri untuk menjalankan aplikasi java, atau dalam browser web atau applet Java.

Baca juga: Download Ebook PHP dan HTML

Untuk pembuatan dan pengembangan aplikasi berbasis Java diperlukan Java Development Kit (JDK), dimana saat ini pemilik lisensi dari JDK adalah Oracle Corporation yang telah secara resmi mengakuisisi Sun Microsystem pada awal tahun 2010. Ada beberapa Java platform untuk keperluan development, yaitu:
- Java SE (Standard Edition), yang khusus digunakan untuk pengembangan aplikasi-aplikasi pada PC atau workstation.
- Java ME (Micro Edition), yaitu khusus digunakan untuk pengembangan aplikasi-aplikasi yang ada di perangkat mobile seperti HP, smartphone, PDA, tablet dsb.
- Java EE (Enterprise Edition), yaitu khusus digunakan untuk pengembangan aplikasi skala besar (enterprise), dan aplikasi web berbasis java.

Java Free Download

Bagi Anda yang ingin belajar java, kali ini saya mau berbagi tutorial java dalam bahasa indonesia sebanyak 77 halaman karya rosihanari. Tutorial ini sangat cocok bagi Anda yang pemula (java tutorial for beginner) karena ebook/tutorial ini berisikan cara instalasi java development kit, membuat program dengan java dan lain sebagainya. Untuk Anda yang mendownloadnya silahkan klik disini 

sumber artikel:umardanny.com tutorial java lengkap