Wednesday, September 19, 2018

Mau Lulus CPNS 2018? Simak Informasi Penting Berikut


Apa Anda berniat atau tertarik mengikuti pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018)? Agar lulus CPNS 2018 tentu tak bisa asal dan membutuhkan sejumlah informasi terpercaya untuk dijadikan panduan.

Untuk itu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (Kementerian BUMN) membeberkan beberapa informasi untuk lulus CPNS 2018, seperti informasi tentang alur pendaftaran dan tata cara serta dokumen apa saja yang harus disiapkan oleh para pelamar.

Dikutip dari akun Instagram @kementerianbumn, berikut beberapa informasi agar lulus CPNS 2018 yang dapat Anda jadikan sebagai panduan:

Dokumen yang Harus Disiapkan:

Sebelum mendaftar ke instansi yang dituju, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran. Dokumen tersebut terdiri dari:
  1. Kartu Keluarga (KK);
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  3. Ijazah;
  4. Transkrip Nilai;
  5. Pasfoto;
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.

Tata Cara Pendaftaran CPNS 2018

Dalam Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi CPNS Tahun 2018 yang dibagikan Kementerian BUMN, disebutkan beberapa langkah dalam membuat akun di portal http://sscn.bkn.go.id :

1. Buat akun di portal https://sscn.bkn.go.id
  • Isi NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga
  • Isi alamat e-mail aktif, password dan pertanyaan pengaman
  • Upload Pas Photo minimal 120 KB maksimal 200 KB
  • Cetak Kartu Informasi Akun
2. Log in ke https://sscn.bkn.go.id
  • Gunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
3. Upload Foto Selfie
  • Upload foto selfie dengan memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya
Lengkapi Biodata
  • Isi Biodata
5. Pilih instansi, jenis formasi, dan jabatan
  • Pelamar hanya dapat memilih 1 instansi, 1 formasi, dan 1 jabatan
6. Cek Resume
  • Pastikan bahwa data telah terisi semua dengan benar
  • Dan pastikan instansi, formasi, dan jabatan yang dipilih sudah benar
7. Kirim Data
  • Klik Simpan data yang telah dicek di Resume dan pastikan bahwa data tersebut terisi dengan lengkap dan benar
  • Data yang telah diklik Kirim tidak dapat diubah dengan alasan apapun
8. Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018
  • Cetak dan Simpan dengan baik Kartu Pendaftaran SSCN 2018
  • Kartu Pendaftaran SSCN 2018 digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui SSCN 2018.
Alur Pendaftaran CPNS Tahun 2018

1. Membuka portal https://sscn.bkn.go.id
2. Membuat Akun SSCN 2018

Pelamar dapat melihat informasi penerimaan CPNS 2018 melalui Portal SSCN
  • Untuk melakukan pendaftaran, pilih menu Registrasi
  • Pelamar mengisikan NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga
  • Pelamar mengisikan alamat e-mail aktif, password akun portal SSCN, dan pertanyaan keamanan
  • Pelamar mengunggah pass photo minimal 120 KB maksimal 200 KB dengan format .JPG, .JPEG
  • Pelamar cetak Kartu Informasi Akun SSCN 2018
3. Pelamar login ke portal SSCN menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
4. Pelamar mengunggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun sebagai bukti telah melakukan pendaftaran
  • Pelamar melengkapi biodata
  • Pelamar memilih instansi, formasi, dan jabatan sesuai pendidikan
  • Pelamar melengkapi data pada form yang tersedia
  • Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan instansi
  • Pelamar mengecek isian yang telah dilengkapi pada form Resume
  • Pelamar cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018
Tim Verifikator Instansi
  • Tim Verifikator melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang diunggah/dikirimkan pelamar berdasarkan syarat pendaftaran
  • Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan Kartu Ujian yang digunakan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya sesuai dengan ketentuan instansi.
6. Tes CAT BKN dan Tes Lainnya

Catatan:
  • Pelamar hanya dapat memilih 1 jabatan pada 1 formasi dan 1 Instansi
  • Informasi status kelulusan Pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi CPNS 2018 instansi terkait.
  • Pelamar wajib membaca Pengumuman Instansi dengan baik dan teliti.