Contoh Soal Essay dan Jawaban Sejarah Wajib K13 Kelas XI Semester 2

Contoh Soal Essay dan Jawaban Sejarah Wajib K13 Kelas XI Semester 2 bagian pertama, berisikan soal-soal essai yang diambil dari bab 1 "Tokoh-tokoh Nasional dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia". Sebelumnya, admin telah mempublish soal yang materi-nya diambil dari Bab 1 juga, tetapi berbentuk pilihan ganda, yang bisa anda baca pada contoh soal PG sejarah wajib kelas 11 semester genap bagian ke-1 sampai bagian ke-3.

Berikut, soal essay sejarah wajib kelas xi semester genap kurikulum 2013 edisi revisi beserta jawaban untuk siswa SMA/MA/Sederajat, dimulai dari pertanyaan yang pertama.

1. Jelaskan bentuk perlawanan K.H Zaenal Mustafa terhadap Jepang!
Jawaban: Beliau memimpin masyarakat daerahnya untuk melawan penjajahan Jepang. Awal perlawanan tersebut yaitu penolakan K.H Zaenal Mustafa untuk membungkukkan badan mengormati Kaisar Jepang Teno Heika yang ebrada di Tokyo, Jepang.

2. Apa tujuan dibentuknya organisasi PETA?
Jawaban: Tujuan pembentukan organisasi PETA adalah untuk membela Indonesia dari serangan sekutu. PETA adalah badan bentukan Jepang yang akhirnya juga melwan Jepang sendiri.

3. Jelaskan perlawanan Tengku Abdul Jalil terhadap Jepang!
Jawaban: Teungku Abdul Jalil dibantu teman-temannya melakukan dakwah anti Jepang secara diam-diam dan menyerukan jihad fisabilillah dari desa ke desa. Menjelang akhir tahun 1942, dakwah yang awalnya dilakukan diam-diam tersebut menjadi terang-terangan, setelah kekejaman tentara Jepang emakin menjadi-jadi kepada masyarakat.

4. Apa latar belakang perlawanan Koreri di Biak?
Jawaban: Perlawanan ini dilatarbelakangi oleh penderitaan rakyat yang diperlakukan sebagai budak belian, dipukuli, dan dianiyaya. Dalam perlawanan tersebut rakyat banyak jatuh korban, tetapi rakyat melawan dengan gigih. Akhirnya Jepang meninggalkan Pulau Biak.

5. Jelaskan faktor yang menyebabkan pecahnya Perang Padri!
Jawaban: Penyebab terjadinya perang paderi:
a. Adanya perselisihan antara kaum adat dan kaum padre sebagai akibat dari usaha yang dilakukan kaum padre untuk memurnikan ajaran islam dengan menghapus adat kebiasaan yang tidak sesuai dengan ajaran islam.
b. Campur tangan Belanda dengan membantu kaum adat. Pertempuran pertama terjadi di kota lawas kemudian meluas ke daerah daerah lain. Sehingga muncul pemimpin pemimpin yang mendukung gerakan kaum padre seperti Datuk Bandaro, Datuk Malim Basa (Imam Bonjol), Tuanku Pasaman, Tanku Nan Rencek, Tuanku Nan Cerdik, dan Tuanku Nan Gapuk.

6. Mengapa masyarakat aceh tidak suka kepada Jepang?
Jawaban: Masyarakat Aceh tidak suka terhadap Jepang karena tindakan sewenang-wenang tentara Jepang. Mereka juga tidak menghormati kehidupan beragama umat Islam yang ada di Indonesia.

7. Sebutkan tokoh nasional yang berjuang dalam melawan penjajahan bangsa Portugis!
Jawaban: Sultan Hairun dan Sultan Baabullah, Pati Unus dan Fatahillah, Sultan Iskandar Muda, dan lain-lain

8. Apa penyebab umum terjadinya Perang Diponegoro?
Jawaban: Secara umum sebab-sebab perlawanan Diponegoro dan para pengikutnya adalah sebagai berikut.
a. Adat kebiasaan keraton tidak dihiraukan para pembesar Belanda duduk sejajar dengan Sultan.
b. Masuknya pengaruh budaya Barat meresahkan para ulama serta golongan bangsawan, Misalnya pesta dansa sampai larut malam, minum-minuman keras.
c. Para bangsawan merasa dirugikan karena pada tahun 1823 Belanda mengentikan sistem hak sewa tanah para bangsawan oleh pengusaha swasta. Akibatnya para bangsawan harus mengembalikan uang sewa yang telah di terimanya.
d. Banyaknya macam pajak yang membebani rakyat misalnya pajak tanah, pajak rumah, pajak ternak.

9. Bagaimana taktik Belanda untuk menangkap Tuanku Imam Bonjol?
Jawaban: Pada 28 Oktober 1837, Tuanku Imam Bonjol memenuhi undangan Residen Francis untuk berunding di Palupuh. Namun perundingan tersebut hanya jebakan yang dibuat oeh pihak Belanda. Tuanku Imam Bonjol ditangkap dan diasingkan ke Cianjur, Jawa Barat. Kemudian, beliau dipindahkan ke Ambon dan akhirnya ke Lotak, Minahasa, dekat Manado. Beliau wafat di Minahasa pada 6 November 1864.

10. Kapan Portugis menyerah kalah kepada Sultan Baabullah?
Jawaban: Sultan Baabullah mengerahkan tentara dengan segenap kekuatannya mengepung benteng Portugis, hingga akhirnya Portugis menyerah dan dipaksa mengingatkan Ternate tahun 1575.

Lanjut ke soal nomor 11-30 => Contoh Soal Essay dan Jawaban Sejarah Wajib K13 Kelas XI Semester 2~Part-2

0 Response to "Contoh Soal Essay dan Jawaban Sejarah Wajib K13 Kelas XI Semester 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel