Contoh Soal Essay Geografi Kelas IX Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban ~ Part-5

Berisikan materi yang sama dengan essay bagian ke-4 (nomor 41-50), Contoh Soal Essay Geografi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban ~ Part-5 atau bagian kelima dimulai dari pertanyaan soal nomor 51.

51. Sebutkan definisi kebudayaan tradisional secara etimologis menurut para ahli! Jelaskan!
Jawaban:
a. Superculture, adalah kebudayaan yang berlaku bagi seluruh masyarakat. Contoh: kebudayaan nasional.
b. Culture, lebih khusus, misalnya berdasarkan golongan etnik, profesi, wilayah atau daerah. Contoh: budaya Sunda.
c. Subculture, merupakan kebudayaan khusus dalam sebuah culture, namun kebudayaan ini tidak bertentangan dengan kebudayaan induknya. Contoh: budaya gotong-royong.
d. Counter-culture, tingkatannya sama dengan sub-culture yaitu merupakan bagian turunan dari culture, namun counter-culture ini bertentangan dengan kebudayaan induknya. Contoh: budaya individualisme.

52. Sebutkan jenis-jenis kebudayaan tradisional beserta contohnya!
Jawaban:
a. pakaian adat: kebaya pada masyarakat Jawa dan Sunda, Baju Bodo pada masyarakat Bugis, ulos dari Batak dan lain-lain.
b. rumah adat: joglo/limasan pada suku Jawa, rumah gadang pada suku Minangkabau, Tongkonan pada masyarakat bugis, Honai pada suku di Papua.
c. senjata: keris pada suku Jawad an Bali, Badik pada suku Bugis, Mandau pada suku Dayak, Rencong pada suku Gayo/Aceh, dan lain-lain.
d. Kesenian: Tari Seudati dan Saman dari Aceh. Tari Tor-tor dari Tapanuli, Tari Piring dari Minang, Kethoprak dari Jawa Tengah dan DIY, Ludruk dari Jawa Timur, dan lain-lain.

53. Sebutkan jenis perayaan/upacara yang ada di Indonesia beserta asalnya!
Jawaban:
a. Upacara sekaten
Upacara sekaten merupakan perayaan keraton kasunanan di Surakarta dan Kasultanan di Yogyakarta yang diadakan untuk memperingati maulid Nabi Muhammad saw. Perayaan ini biasanya diadakan satu bulan penuh yang diakhiri dengan prosesi kirab hasil bumi yang banyak diperbutkan wisatawan domestik dan asing.
b. Perayaan satu sura
Hampir sama denga perayaan sekaten tetapi proses upacaranya yang berbeda. Perayaan satu sura biasanya di isi dengan upacara jamasan benda-benda pusaka keraton dan kirab kerbau Kyai Slamet mengelilingi kota
c. Upacara tabot
Upacara Tabot atau Tabuik dalam bahasa Minang merupakan perayaan satu sura pada masyarakat Minangkabu dan Bengkulu. Perayaan ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME atas limpahan berkah dan karunia kepada masyarakat.
d. Upacara Ngaben
Upacara Ngaben merupakan upacara pembakaran mayat umat Hindu di Bali. Upacara ini diadakan apabila ada seseorang yang meninggal dan pihak keluargalah yang bertanggung jawab atas upacara ini. Ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Pulau Bali.
e. Upacara Ruwat Rambut Gembel
Upacara ini terdapat di masyarakat lereng Gunung Sindoro dan Sumbing. Keunikan dari ritual ini adalah setiap anak yang berambuat gembel/gimbal akan diruwat agar agar terhindar dari mara bahaya.

54. Sebutkan bagaimana peran siswa dalam melestarikan budaya tradisional!
Jawaban:
a. Mempelajari dan memahami berbagai keberagaman budaya yang ada di Indonesia
b. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan budaya, misal: ikut sanggar tari, kesenian karawitan, dan lain-lain.
c. berpartisipasi dalam promosi kebudayaan tradisional Indonesia dengan cara mengikuti festival budaya daerah, misal: ikut berpartisipasi dalam batik carnival, festival reog, dan lain-lain.
d. Senantiasa menjaga nilai-nilai luhur dsari kebudayaan tradisional.

55. Jelaskan mengapa budaya tradisional merupakan akar dari kebudayaan nasional!
Jawaban: karena kebudayaan tradisional bersumber dari nilai-nilai kepribadian rakyat Indonesia yang beraneka ragam dan termanifestasikan dalam semangat kebhinekaan sebagai kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya.

56. Sebutkan dampak positif dari globalisasi!
Jawaban:
a. mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan
b. mudah melakukan komunikasi, karena sudah tersedianya berbagai alat komunikasi
c. mobilitas tinggi
d. mudah memenuhi kebutuhannya masing-masing
e. terjadinya peningkatan kualitas diri SDM karena individu harus memiliki kualitas diri yang baik dlaam menghadapi persaingan global

57. Pada intinya secara umum permasalahan globalisasi memeliki dua sifat, sebutkan dan jelaskan!
Jawaban: unsur interrelasi yang sangat kuat dan dan keterjangkauan berskala global.
Unsur interrelasi yang sangat kuat, artinya permasalahan globalisasi itu, sangat berpautan erat antara satu negara dengan negara lain. Sedangkan keterjangkauan adalah menyangkut segala aspek kehidupan manusia.

58. Bagaimana pengaruh globalisasi di bidang ekonomi dewasa ini? Jelaskan!
Jawaban: aspek globaliasi ekonomi, terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara. Dampak negatifnya, masyarakat cenderung konsumtif, SDM Indonesia yang kurang kompeten akan tergilas oleh tenaga asing yang bekerja di Indonesia. Sehingga, pengangguran makin meningkat, dan hal ini juga menyebabkan tindak kejahatan makin meningkat.

59. Sebutkan pengaruh negatif globalisasi terhadap nasionalisme bangsa!
Jawaban:
a. Globalisasi mampu menyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. Hal ini membuat bangsa Indonesia cenderung menerapkan asas liberalisme daripada asas Pancasila.
b. Dari aspek ekonomi, hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri (seperti Mc. Donald, Coca Cola, dan Pizza Hut) membanjiri Indonesia. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukkan gejala berkurangnya rasa nasionalisme.
c. Masyarakat kita, khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dianggap sebagai kiblatnya.
d. Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan miskin karena adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi.

60. Bagaimana cara mengatasi pengaruh negatif terhadap nasionalisme bangsa? Sebutkan!
Jawaban:
a. menumbuhkan semangat nasionalisme melalui penanaman dan pengalaman nilai-nilai Pancasila dengan sebaik-baiknya, misal semangat mencintai produk dalam negeri
b. Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik-baiknya
c. Mewujudkan supremasi hukum, menerapkan dan menegakkan hukum dalam arti sebenar-benarnya dan seadil-adilnya.
d. Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya bangsa.
e. Menanamkan sejak dini rasa bangga dan penghargaan terhadap segala kebudayaan Indonesia.
f. Mendidik anak sedini mungkin dengan kebudayaan Indonesia, sehingga mereka dapat mencintai kebudayaan Indonesia.

Lanjut ke soal nomor 61-85 SBK SMA/MA => Contoh Soal Essay Geografi Kelas IX Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban ~ Part-6

0 Response to "Contoh Soal Essay Geografi Kelas IX Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban ~ Part-5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel