Rangkuman Materi UN/UNBK Bahasa Inggris SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL~Part-8

Rangkuman Materi UN/UNBK Bahasa Inggris SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL~Part-8 adalah tulisan terakhir dari rangkuman/ringkasan materi ujian nasional B. Inggris yang paling sering keluar pada saat pelaksanaan UNBK yang sebenarnya, dan pada bagian kedelapan ini, berisikan tentang " Melengkapi Teks Rumpang Berbentuk Narrative, Procedure, Recount, Deskriptive, dan Report." Bagi anda yang belum membaca ringkasan sebelumnya, bisa membacanya mulai dari rangkuman UN B. inggris bagian pertama sampai ketujuh.

Semoga soal-soal rangkuman materi b. Inggris yang dilengkapi dengan contoh soal dan pembahasannya ini bisa dijadikan referensi belajar menghadapi UN tertulis maupun berbasis komputer di tahun ini.

Baca juga:
45 Soal Latihan UN/UNBK Bahasa Inggris Kelas XII Beserta Jawaban
Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas XII Semester 2 Beserta Jawaban


Berikut, ringkasannya........

8# Melengkapi teks rumpang berbentuk narrative, procedure, recount, descriptive dan report

Kalimat yang baik adalah kalimat yang memiliki konstruksi S+P+O. Untuk dapat menjawab dengan tepat, kita harus mengetahui fungsi dari kata yang hilang, apakah itu subjek, predikat, atau objek. Selain itu, kita juga harus mengetahui penanda waktu (tenses) yang di pakai dalam kalimat yang ada.

Latihan Soal Tipe UN/UNBK B. Inggris 

When people talk about the “drug problem”, they usually mean abusing legal drugs or . . . . (1) . . . . illegal drugs, such as marijuana, ecstasy, cocaine, LSD, crystal meth and heroin. Illegal drugs can damage the brain, heart and other important organs. Cocaine, for instance, can cause a heart attack. While using drugs, a person is also less able to do well in school, sports and other activities. It is often harder to think . . . . (2) . . . . and make good decisions. People can do dangerous things that could hurt themselves – or other people -  when they use drugs.
1. a. used
b. being used
c. use
d. using
e. was used
Jawaban: D

Pembahasan:
Kata yang rumpang ini memiliki hubungan parallel dengan kata “abusing”. Maka dari itu, kata untuk bagian yang rumpang juga harus dalam berbentuk verb-ing.

2. a. slowly
b. clearly
c. loudly
d. patiently
e. eagerly
Jawaban: B

Pembahasan:
Kata yang hilang memiliki fungsi sebagai adverb yaitu kata yang berfungsi untuk memberikan penjelasan lebih lanjut untuk verb atau adjective. Adverb yang tepat untuk kata kerja “think” adalah “clearly”.


Tips untuk melengkapi cloze text:
1. Tentukan fungsi kata yang ilang apakah sebagai subject, verb, object, pronoun, adverb, atau adjective.
2. Jika yang hilang adalah verb, perhatikan tense kalimat. Lalu sesuaikan dengan subjek pada kalimat
3. Jika yang hiang adalah noun, pastikan apakah kata benda tersebut dalam bentuk tunggal atau jamak, countable atau uncountable. Lalu sesuaikan dengan kata kerjanya.
4. Jika yang hilang pronoun, perhatikan kata kerja yang mengikuti kata ganti tersebut.
5. Perhatikan pula makna keseluruhan teks atau kalimat. Dengan ini, kita mampu menebak kata yang hilang.

0 Response to "Rangkuman Materi UN/UNBK Bahasa Inggris SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL~Part-8"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel