Tuesday, January 12, 2021

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Indahnya Kebersamaan

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Indahnya Kebersamaan semester 1 dengan judul subtema"Keberagaman Budaya Bangsa". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah guru, orang tua dan siswa untuk memahami materi Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Indahnya Kebersamaan semester 1.

Berikut rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Indahnya Kebersamaan :


Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

1. Pawai Budaya , Pawai Budaya sangat menarik bagi warga kampung. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Langkah pawai diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku, bunyinya seperti Gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik.

2. Pakaian yang digunakan untuk Pawai Budaya ini, Laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Dan Perempuan mengenakan baju Cele, Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah.

3. Budaya Bali, terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Pawai dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.


4. Budaya dari Toraja, Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Dan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Budaya Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa'pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentunya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.

5. Selalu ada hal baru yang harus diperhatikan setiap tahunnya. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati, Kebudayaan Indonesia memang sangat beragam, kaya dan mengagumkan.

6. Berikut adalah contoh alat musik yang memiliki oleh berbagai suku di indonesia. Cara memainkannya berbeda-beda. Kecapi yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara dipetik.




7. Angklung, yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara digoyangkan.












8. Saluang, yang berasal dari Sumatra Barat dimainkan dengan cara ditiup.
                                                                                                                                                                 









9. Kendang, yang berasal dari Jawa Barat dan Tifa dari Papua dimainkan dengan cara dipukul.


10. Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas. Akan tetapi, bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa.

11. Bentuk berikut adalah segi banyak.

     
12. Berikut adalah bukan segi banyak.
   
13. Segi banyak adalah kurva tertutup yang dibatasi oleh garis.

14. Ahli Matematika meneliti bahwa bentuk segi eman adalah bentuk geometris yang paling sesuai untuk memanfaatkan setiap bagian secara maksimal

15. Tagram terdiri dari 7 buah bangun datar seperti pada gambar di bawah.