Tuesday, January 26, 2021

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 Selalu Berhemat Energi

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 Selalu Berhemat Energi  Semester 1 dengan judul subtema"Manfaat Energi". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. untuk memahami materi Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 Selalu Berhemat Energi Semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 Selalu Berhemat Energi :



1. Manfaat sumber daya alam dari tanaman misalnya; Temulawak, kunyit, jahe, bawang putih, kencur dan cengkeh yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.



2. Kunyit merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat indonesia. Misalnya; sebagai bumbu dapur, obat tradisional, dan bahkan sebagai pewarna alami. Kunyit juga banyak dicari masyarakat, baik indonesia maupun dari luar negeri.





3. Menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari misalkan; menghemat air, hemat listrik, hemat hemat kertas, hemat menggunakan bahan bakar.



4. Hemat energi artinya kita hematbiaya dan menjadikan bumi kita lebih ramah lingkungan. Hemat energi adalah kewajiban kita semua.



5. Hal sederhana misalkan berjalan kaki ke sekolah adalah hal sederhana untuk menghemat energi.



6. Manfaat batu bara Menghasilkan Metanol , Bahan bakar cair untuk menggerakkan mesin di berbagai industri.

7. Batu bara adalah merupakan bahan bakar fosil yang termasuk dalam kategori batuan sedimen. 

8. Batubara terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan purba yang kemudian mengendap selama berjuta-juta tahun dan mengalami proses pembentukan batu bara.



9. Kertas diproduksi dengan menggunakan mesin yang menghasilkan energi sangat besar. Bahan
utama pembuatan kertas adalah pohon dan air.
 
10. banyak sumber energi listrik yang dimanfaatkan oleh kita. Namun kita harus hati-hati dengan sumber listrik tersebut karena berbahaya.



Itulah kumpulan rangkuman materi tematik yang sudah Bangsoal kumpulkan. Jangan lupa baca juga kumpulan rangkuman materi untuk tema-tema berikutnya di sini.