Friday, February 5, 2021

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Semester 1 dengan judul subtema"Ayo Cintai Lingkungan". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. untuk memahami materi Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup


1. Tumbuhan dan hewan dapat terus memberikan manfaat jika terawat dengan baik.

2. Dalam menjaga lingkungan kita harus membuang sampah pada tempatnya , kalau tidak terjaga akan menimbulkan banjir.



3. Menanan pohon itu hal yang baik untuk melestarikan lingkungan.


4. Karya montase dihasilkan dari menggabungkan beberapa gambar yang sudah jadi. Gambar-gambar tersebut dipadukan hingga menghasilkan satu gambar baru. Biasanya gambar diambil dari majalah atau koran bekas.

5. Permainan kasti merupakan salah satu permainan bola kecil. Permainan ini dimainkan oleh dua regu, yakni regu pemukul dan regu penjaga. Permainan sederhana ini dapat dimainkan di lapangan yang tidak begitu luas. Alat yang dibutuhkan dalam permainan kasti adalah bola kecil dan pemukul kayu.

6. Merawat tumbuhan dan hewan termasuk perilaku cinta lingkungan.

7. Menanam tanaman pada lahan yang sudah lama tak terawat akan menyegarkan kembali lahan/tanah itu. Salah satu cara menghijaukan lahan adalah dengan menanam tumbuhan yang bermanfaat bagi kita, misalnya tanaman obat: kencur, kunyit dan jahe.


8. Perilaku merawat dan melestarikan tumbuhan dan hewan merupakan sikap peduli lingkungan yang dapat kamu lakukan.

9. Menjaga lingkungan adalah kewajiban seluruh masyarakat. Dengan menjaga lingkungan kita akan memberikan hak orang lain untuk hidup nyaman.

10. Menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam merupakan tugas kita bersama. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan, dimulai dari hal yang kecil hingga yang besar.

11. Pemanfaatan sumber daya alam secara bijak adalah hal yang sangat penting untuk keseimbangan dan kelestarian alam. Sikap bijak tersebut merupakan wujud kecintaan terhadap lingkungan.



Itulah kumpulan rangkuman materi tematik yang sudah Bangsoal kumpulkan. Jangan lupa baca juga kumpulan rangkuman materi untuk tema-tema berikutnya di sini.