Friday, January 29, 2021

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Semerter 1 dengan judul subtema"Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. untuk memahami materi Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Peduli Terhadap Makhluk Hidup


1. Burung cendrawasih disebut juga sebagai burung surga. Burung yang menjadi maskot Papua ini memiliki warna bulu yang indah. Bahkan, kabarnya karena keindahannya itu juga burung ini jarang turun ke tanah atau seringnya terbang di udara dan hinggap di dahan pohon.

2. Burung cendrawasih mati kawat adalah jenis yang menjadi identitas provinsi Papua. Masyarakat di Papua sering menggunakan bulu cendrawasih sebagai pelengkap atau hiasan dalam pakaian adat mereka.

3. Beberapa jenis cendrawasih yang masuk dalam daftar dilindungi antara lain cendrawasih kuning kecil, cendrawasih botak, cendrawasih raja, cendrawasih merah, dan toowa.

4. Kupu-kupu dikenal sebagai serangga penyerbuk tanaman yang membantu bunga-bunga berkembang menjadi buah.


5. Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah. Kupu-kupu Indonesia banyak ragamnya dibandingkan dengan kupu-kupu dari negara tetangga.

6. Mozaik merupakan karya seni rupa dua atau tiga dimensi. Mozaik ini menggunakan bahan dari keping-keping yang dipotong-potong atau utuh (misalkan biji-bijian).

7. kupu-kupu perlu dilestarikan agar tercipta keseimbangan, begitu pula dengan serangga seperti laba-laba dan kumbang.

8. Hewan merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

9. Kelelawar adalah hewan nokturnal karena melakukan kegiatan di malam hari. Kelelawar hidup di tempat yang gelap, seperti di atap rumah dan gua. Kelelawar mengeluarkan suara dengan frekuensi tinggi.

10. Bunglon dapat mengubah warna kulitnya sesuai dengan warna benda-benda yang ada di sekitarnya, misalnya ketika berada di atas daun yang berwarna hijau, maka warnanya bisa berubah menjadi hijau. Bunglon mempunyai lidah yang panjang melebihi ukuran tubuhnya.

11. Hewan di sekitar kita mempunyai nilai ekonomis.

12. Melestarikan hewan langka yang terancam punah merupakan kewajiban bersama.

13. Pelestarian hewan langka bertujuan agar hewan tersebut tidak mengalami kepunahan. Kelestarian hewan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia.

14. Menjaga hewan langka misalnya; melakukan penangkapan hewan langka, mendirikan tempat-tempat perlindungan hewan langka, misal; suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, dan taman nasional.

15. Dengan melindungi hewan langka kita dapat: menjaga keseimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi tetap berjalan dengan baik, melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat, memenuhi kebutuhan masyarakat, misalnya untuk bahan pangan dan obat-obatan.

16. Contoh hewan langka



Itulah kumpulan rangkuman materi tematik yang sudah Bangsoal kumpulkan. Jangan lupa baca juga kumpulan rangkuman materi untuk tema-tema berikutnya di sini.