Sunday, February 7, 2021

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Berbagi Pekerjaan

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Berbagi Pekerjaan Semester 1 dengan judul subtema"Pekerjaan di Sekitarku". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. untuk memahami materi Tematik Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Berbagi Pekerjaan Semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Berbagi Pekerjaan :

1. Pukat harimau adalah jaring sangat besar sehingga semua makhluk hidup laut dapat terjaring.

2. Bom ikan adalah cara penangkapan ikan dengan bahan peledak. Cara ini dapat menyebabkan hancurnya terumbu karang dan habitat ikan.


3. Kegiatan jual beli ada yang berupa barang dan ada pula yang berupa jasa.

4. Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang menghasilkan sesuatu barang yang bisa digunakan oleh orang lain misalnya penjual makanan, petani, nelayan, peternak, dan lain-lain.

5. Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah suatu pekerjaan yang pelayanannya bisa dinikmati oleh orang lain. Pekerjaan ini tidak menghasilkan barang, misalnya guru, petugas kebersihan, dokter, tukang cukur rambut, polisi, dan lain-lain.

6. Pekerjaan setiap orang berbeda, jangan pernah merasa bahwa pekerjaan kita yang lebih baik.
Setiap pekerjaan sama, yang penting memberikan manfaat bagi orang lain.

7. Banyaknya persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi panjang dinamakan luas persegi panjang. Jadi luas persegi panjang di atas = (7 x 5) satuan = 35 satuan. Jika L = Luas, p = ukuran panjang, dan l = ukuran lebar, maka L = p x l.

8. Tangkisan dalam Pencak Silat,  Tangkisan Dalam Tangkisan dari luar ke dalam sejajar dengan bahu
9. Tangkisan Luar Tangkisan dari dalam ke luar sejajar dengan bahu


10. Tangkisan Atas Tangkisan dari bawah ke atas, untuk melindungi kepala dari serangan


11. Tangkisan Bawah Tangkisan dari atas ke bawah


12. Pensil awalnya adalah sebuah alat tulis dan lukis yang terbuat dari grafit murni atau karbon yang berasal dari alam. 

13. Kayu yang telah ditebang untuk pembuatan pensil atau benda-benda lain yang terbuat dari kayu harus dibudidayakan kembali agar terjaga kelestariannya, yaitu dengan menanam kembali bibit baru dari tanaman sejenis. 

14. Beberapa pekerjaan yang menghasilkan barang antara lain petani, peternak, nelayan, dan tukang jahit.

Itulah kumpulan rangkuman materi tematik yang sudah Bangsoal kumpulkan. Jangan lupa baca juga kumpulan rangkuman materi untuk tema-tema berikutnya di sini.