Sunday, April 4, 2021

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 Pahlawanku

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 Pahlawanku Semester 1 dengan judul subtema"Sikap Kepahlawanan". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. untuk memahami materi Tematik Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 Pahlawanku Semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 Pahlawanku :

1. Indonesia mempunyai pahlawan nasional yang berjuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

2. Salah satu peninggalan raja-raja di masa Islam yang diwariskan adalah sikap kepahlawanan. Sikap ini mempengaruhi sikap para pejuang di masa penjajahan Belanda.

3. Pahlawan adalah seseorang yang berjuang untuk negara. Setiap negara mempunyai pahlawan nasional. Ia melakukan sesuatu yang berani dan membanggakan.

4. Indonesia memiliki banyak pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan. perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan. Mereka bukan hanya mengorbankan harta, namun juga jiwa dan raga.

5. Perjuangan mereka, kita dapat menikmati kebebasan; kebebasan dalam menentukan cita-cita, mendapatkan pendidikan, serta kebebasan mengemukakan pendapat.

6. Banyak pahlawan dari berbagai wilayah di Indonesia yang berjuang untuk kemerdekaan dan kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

7. Berikut adalah pahlawan yang dimiliki oleh Indonesia pada masa penjajahan.


8. Perjuangan Bung Tomo turut membakar semangat pemuda Indonesia untuk berjuang. Karena itulah, ia pantas dijuluki Pahlawan Nasional.

9. Ada beberapa barang milik Bung Tomo yang disimpan di Tugu Pahlawan Surabaya. Salah satunya adalah mobil.

10. Mobil Bung Tomo berjenis Opel Kapitan. Mobil itu berwarna hitam dan menjadi koleksi Museum Tugu Pahlawan di Surabaya.

11. Salah satu hal yang membedakan mobil Bung Tomo dengan mobil sekarang adalah posisi kaca spion mobil yang hanya ada satu dan di dalam mobil.

12. Salah satu bagian mobil yang penting adalah kaca spion. Kaca ini bisa menghasilkan bayangan yang lebih kecil dari benda sebenarnya.

13. Bung Tomo, adalah pahlawan yang terkenal karena perannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda yang membonceng tentara NICA.

14. Perlawanan itu berakhir dengan Pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

15. Beliau mempertahankan harga diri, tanah air, dan bangsa yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

16. Salah satu tokoh yang berjuang untuk kemakmuran rakyatnya adalah Sultan Iskandar Muda.

17. Sultan Iskandar Muda adalah sultan yang memimpin Kerajaan Aceh. Beliau berani melawan penjajah yang ingin menguasai perdagangan di Nusantara. 


18. Sultan Iskandar Muda membangun militer yang kuat sehingga wilayah kekuasaannya makin luas.

Seperti itulah rangkuman materi tematik yang BangSoal bagikan hari ini. Jangan lupa pelajari juga rangkuman soal lain yang disediakan di sini.