Thursday, March 25, 2021

Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Organ Gerak Hewan dan Manusia

Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Organ Gerak Hewan dan Manusia Semester 1 dengan judul subtema"Lingkungan dan Manfaatnya". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. untuk memahami materi Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Organ Gerak Hewan dan Manusia Semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Organ Gerak Hewan dan Manusia :

1. Salah satu warisan karya budaya yang sangat tua, luas persebaranya, dan mampu bertahan hingga sekarang adalah gerabah, yakni barang pecah belah dari tanah bakar yang dibuat secara tradisional. 


2. Tidak terkecuali di Pulau Madura, gerabah dibuat untuk difungsikan sebagai peralatan sehari-hari masyarakat setempat, yang dilakukan secara tradisional seperti apa yang dilakukan oleh para pendahulunya.

3. Gerabah-gerabah yang dihasilkan oleh para pengrajin di Madura adalah gerabah yang dibuat dari tanah liat yang berwarna kuning dengan pasir halus. 

4. Beberapa daerah di Madura menjadi penghasil gerabah, seperti di Mandala Andulyang, Duko Ru Baru, Yangkatan Kyangean, Baragung, Pademawa, Dalpenyang Pakaporan, dan Blega Bangkalan.

5. Macam-macam Kelainan pada Organ Gerak Pasif (Tulang)

1. Fraktura/Patah Tulang
2. Osteoporosis
3. Fisura/Retak Tulang
4. Lordosis
5. Skoliosis
6. Kifosis

6. Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita.

7. Biasanya komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Teks dalam komik berfungsi untuk menjelaskan, melengkapi, dan memperdalam penyampaian gambar secara keseluruhan.

8. Kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan menyimpan potensi yang besar dalam berbagai bidang, seperti di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan transportasi.

9. Wilayah Indonesia yang berupa kepulauan, antara pulau satu dengan yang lainnya disatukan oleh laut mengakibatkan bervariasinya potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

10. Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat. 

11. Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa maritim sejak zaman dahulu. Bahkan, sempat mencapai kejayaan pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.

12. Berikut ciri keragaman budaya lokal indonesia diantaranya;
1. Keragaman Suku Bangsa 
2. Keberagaman Bahasa
3. Keberagaman Religi
4. Keberagaman Seni dan Budaya

13. Berikut peta jalur penerbangan antarpulau di indonesia.



Itulah kumpulan rangkuman materi tematik yang sudah Bangsoal kumpulkan. Jangan lupa baca juga kumpulan rangkuman materi untuk tema-tema berikutnya di sini.