Friday, March 26, 2021

Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia

Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Semester 1 dengan judul subtema"Organ Gerak Hewan". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. untuk memahami materi Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia :


1. Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Makhluk hidup akan bergerak apabila
ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

2.  Gerak pada manusia dan hewan ,  Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya. 

3. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot.

4. Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya.

5. Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnhya dapat bergerak.

6. Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.

7. Gambar cerita merupakan gambar atau serangkaian gambar yang mengandung sebuah cerita. Contoh gambar cerita adalah gambar ilustrasi.

8. Gambar ilusrasi merupakan gambar yang mendukung isi sebuah bacaan atau teks.

9. Tujuan ilustrasi adalah untuk memperjelas, memperindah, dan menerangkan isi atau informasi dari sebuah bacaan.

10. Objek gambar ilustrasi dapat berupa gambar manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan serta benda-benda yang ada di sekitar kita.

11. Langkah-langkah membuat gambar ilustrasi adalah sebagai berikut, gagasan, sketsa, pewarnaan.

12. Adapun media gambar yang bisa kamu gunakan untuk menggambar adalah, media alas gambar dan media pewarna.

13. Organ gerak pada kelinci. 

14. Fungsi utama kaki pada kelinci adalah untuk bergerak. Kelinci bergerak dengan meloncat menggunakan kaki. Kaki belakang kelinci lebih kuat dan panjang dibandingkan dengan kaki depannya.

15. Kelinci termasuk binatang mamalia. Binatang mamalia tergolong hewan Vertebrata, yaitu hewan yang bertulang belakang.

16. Ikan memiliki sistem gerak yang unik. Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lainnya. Karena habitat ikan adalah di air.


17. Ikan berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.

18. Nilai-nilai Pancasila perlu sekali kita kembangkan dalam kehidupan sosial budaya. Hal ini dimaksudkan agar tercipta suasana yang tenang, sejahtera, damai, dan aman. Tanpa nilai-nilai tersebut, kita tidak akan dapat mencapai semua itu.

19. Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa Beriman kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianutnya .

Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradap ;  Setiap warga negara hendaklah mengakui persamaan derajat, persamaan kewajiban antara sesama manusia sebagai asas kebersamaan bangsa Indonesia,
dan persamaan hak. 

Persatuan Indonesia ; Makna dan nilai yang terkandung dalam sila ini adalah menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia.

Nilai Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama. Kedudukan yang sama tersebut hendaknya digunakan secara sadar dengan mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.

 
Nilai-nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia ;  Kita harus menghindarkan diri dari sifat pemborosan, selalu bergaya hidup mewah, dan perbuatan-perbuatan yang merugikan kepentingan umum. Bekerja keras dan menghargai hasil kerja keras orang lain sangat dibutuhkan dalam mewujudkan sikap kebersamaan.


20. Peta Kondisi Geografis Negara Indonesia

21. Denah merupakan gambaran tentang tata letak dalam suatu ruangan atau tempat. Gambaran yang lebih luas dibandingkan dengan denah adalah peta. 

22. Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis. 

23. Musyawarah mufakat adalah nilai luhur bangsa yang harus terus diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari .

24. Gotong royong dan musyawarah merupakan contoh perilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

25. Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan. Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai. 

26. Siput adalah sang pengembara yang mandiri. Meskipun siput berjalan lamban, namun siput memiliki stamina yang sangat bagus. Daerah pengembaraan siput pun sangat luas. 

Itulah kumpulan rangkuman materi tematik yang sudah Bangsoal kumpulkan. Jangan lupa baca juga kumpulan rangkuman materi untuk tema-tema berikutnya di sini.