Friday, December 25, 2020

Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Makanan Sehat

Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Makanan Sehat Semester 1 dengan judul subtema"Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. Untuk memahami materi Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Makanan Sehat Semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Makanan Sehat :

1. Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan.

2. Makanan yang telah dimakan akan diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Salah satu sistem kompleks dalam tubuh adalah sistem pencernaan.

4. Dengan mengonsumsi buah maka kita akan mendapatkan gizi dan menjaga kesehatan kita. Buah juga dapat meningkatkan energi dan kebutuhan vitamin pada tubuh manusia.

5. Berikut adalah manfaat pada buah-buahan.
 Sumber vitamin. Buah merupakan sumber vitamin dan berbagai jenis vitamin ada di buah.Sumber air dan gizi. Buah merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
Sumber antioksidan. Buah merupakan salah satu sumber antioksidan alami terbesar yang ada di dunia.
Mencegah penyakit tertentu. Buah-buahan merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya.
Obat luar tubuh. Buah-buahan juga dapat digunakan untuk menggunakan obat luar seperti jerawat, bisul, dan sebagainya.


6. Manfaat buah  Pisang dapat mencegah mag dan luka akibat gangguan pencernaan karena teksturnya yang lembut. Pisang dapat menetralisir iritasi pada bagian dalam perut.
7. Daerah penghasil batik di Jawa Tengah yang paling menonjol adalah pekalongan, solo, dan semarang.

8.  Pusat penghasil batik terkenal lainnya adalah Yogyakarta. Batik Yogyakarta dan Solo lebih banyak didominasi warna cokelat dan biru tua. Untuk motif batik Yogyakarta sendiri ada bermacam-macam seperti motif parang, babon angrem, dan wahyu tumurun. 

9.  Batik Pekalongan banyak didominasi warna cerah, hijau, kuning, merah, dan merah mudah serta didominasi motif bunga. 

10.  Untuk batik, Semarang banyak didominasi warna cokelat, kuning, hijau, hitam dengan motif alam seperti bunga, daun, dan burung.

11.  Organisasi P3A terdiri atas para petani yang menggunakan irigasi sebagai modal kerjanya. Para petani tersebut dapat berupa petani pemilik sawah petani penggarap sawah, pemilik kolam ikan yang memperoleh air dari jaringan irigasi serta petani pemakai air irigasi lainnya. 

12.  Sanggar tari merupakan sebuah organisasi yang sengaja dibuat untuk mewadahi kreativitas seni warga masyarakat, khususnya dalam hal seni tari.

13.  Salah satu sanggar tari yang aktif dalam melestarikan tarian tradisional daerah mereka adalah Sanggar Tari Kambang Tigarun dari Kalimantan Selatan.