Friday, January 22, 2021

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Menjelajah Angkasa Luar

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Menjelajah Angkasa Luar Semester 2 dengan judul subtema"Keteraturan Yang Menakjubkan". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa untuk memahami materi Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Menjelajah Angkasa Luar Semester 2.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Menjelajah Angkasa Luar :


1. Benda langit merupakan semua benda yang ada di luar angkasa. Yang termasuk benda langit, antara lain bintang, planet, satelit, asteroid, meteoroid, komet, dan galaksi.

2. Urutan planet mulai dari yang terdekat dengan Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.



3. Model adalah suatu karya yang dapat digunakan untuk mewakili suatu gagasan atau hasil penelitian ilmuwan untuk menjelaskan fenomena tertentu.

4. Dalam cerita fiksi terdapat tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama adalah tokoh yang paling sering muncul dalam suatu cerita. Adapun tokoh tambahan adalah pemunculannya mendukung jalan cerita yang berkaitan dengan tokoh utama.

5. Latar suatu cerita adalah gambaran tempat, waktu, atau segala situasi di tempat terjadinya peristiwa dalam suatu cerita.

6. Beberapa jenis kata tanya yang dapat digunakan dalam kalimat tanya, antara lain apa, mengapa, siapa, kapan, di mana, bagaimana, dan berapa.

7. Ketentuan di alam semesta dapat kita contoh dalam pelaksanaan keteraturan di dalam masyarakat.

8. Ketentuan di dalam masyarakat dapat terjadi jika terbangun rasa persatuan dan kesatuan.

9. Teknologi adalah perkembangan teknologi untuk mempermudah atau memperlancar suatu pekerjaan.

10. Perkembangan teknologi akan menghasilkan modernisasi di lingkungan masyarakat.

11. Teknologi terlalu berkembang menurut perkembangan zaman.

12. Dalam menyanyikan suatu lagu kita harus memperhatikan interval nada.

13. Kumpulan benda langit yang terdiri atas Matahari dan semua benda langit yang terikat oleh gaya gravitasinya disebut tata surya


14. Dari sekian banyak galaksi yang ada di dalam semesta, kita berada pada galaksi Bima sakti.


Itulah kumpulan rangkuman materi tematik yang sudah Bangsoal kumpulkan. Jangan lupa baca juga kumpulan rangkuman materi untuk tema-tema berikutnya di sini.