Thursday, January 14, 2021

Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Sehat Itu Penting

Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Sehat Itu Penting Semester 1 dengan judul subtema"Peredaran Darahku Sehat". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. Untuk memahami materi Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Sehat Itu Penting Semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Sehat Itu Penting :

1. Mengalirnya darah di dalam tubuh disebut sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah dalam tubuh ada dua, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.

2. Dalam paru-paru terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung karbon dioksida (CO2)
dengan darah yang banyak mengandung oksigen (O2).

3. Sistem peredaran darah besar, yaitu darah yang banyak mengandung oksigen (O2) mengalir dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh (kecuali paruparu) melalui arteri besar (aorta).


4. Sistem peredaran darah kecil sebagai berikut.


5. Jantung adalah organ tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. 

6. Jantung tersusun atas kumpulan otot-otot yang sangat kuat yang disebut miokardium. Jantung terdiri atas empat ruang, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.


7. Katup jantung berfungsi untuk mencegah bercampurnya darah yang mengandung oksigen dengan darah yang mengandung karbon dioksida.

8. Otot penyusun bilik jantung lebih tebal daripada otot pada serambi jantung. Hal ini disebabkan tugas bilik jantung lebih berat. Tugasnya, yairu memompa darah keluar dari jantung ke seluruh bagian tubuh.

9. Kontraksi dan relaksasi pada jantung mengakibatkan terjadinya denyut jantung atau denyut nadi.

10. Pembuluh darah merupakan saluran tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh kembali ke jantung. 

11. Pembuluh nadi atau arteri yaitu pembuluh yang membawa darah yang kaya akan oksigen keluar dari jantung ke seluruh tubuh. 

12.  Paru-paru juga memiliki peranan yang penting dalam proses peredaran darah. Dalam proses peredaran darah, paru-paru berperan sebagai penyuplai oksigen ke dalam darah.


13.  Paru-paru terdiri atas ribuan tabung bercabang. Tabung bercabang yang jumlahnya ribuan semakin ke ujung semakin mengecil. 

14.  Pada ujung yang mengecil terdapat kantong udara. Knatong udara tersebut dinamakan “alveoli”.Masing-masing alveoli memiliki jaringan halus kapiler. 

15. Kondisi tubuh manusia yang sehat adalah di antaranya peredaran darahnya lancar. Selain itu, organ peredaran darahnya tidak ada gangguan.  

16. Pada prinsipnya, sistem peredaran darah hewan, terutama hewan vertebrata sama seperti manusia. 

17. Contoh hewan vertebrata adalah ikan, katak, reptiliam dan burung. Sistem peredaran darah hewan termaksut alat-alat peredaran darahnya seperti jantung dan pembuluh darah.

18. Lingkungan adalah ruang yang ditempati oleh makhluk hidup dan benda tidak hidup.

19. Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial.

20. Masyarakat Indonesia yang hidup tersebar di berbagai wilayah Indonesia memiliki beragam karakteristik.

21. Karakteristik antara satu wilayah dengan wilayah lainnya berbeda-beda. Perbedaan tersebut mencakup aspek seni, ekonomi, sosial, budaya, maupun politik.

22. Manfaat kesehatan secara tidak langsung tidak kalah pentingnya dengan manfaat sehat secara langsung. 

23. Manfaat kesehatan secara tidak langsung di antaranya menjernihkan setiap pikiran, tindakan, dan
mendorong kita untuk berbuat sesuatu yang positif.
 


24. manfaat yang akan kita peroleh secara tidak langsung jika dalam kondisi sehat adalah sebagai berikut. 
1. Peluang untuk sukses. Sukses hanya dapat kita peroleh dengan dukungan kesehatan pada diri kita.      Kegiatan harian kita tidak akan terganggu jika kita dalam keadaan sehat.
2. Tabungan masa depan. Dengan sehat maka kita akan menabung untuk masa depan kita, tabungan        
ini dapat berupa kegiatan positif ataupun kegiatan amal yang kita lakukan sehari-hari.