Wednesday, November 18, 2020

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Selamatkan Makhluk Hidup

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Selamatkan Makhluk Hidup Semester 1 dengan judul subtema"Lestarikan Hewan dan Tumbuhan". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. Untuk memahami materi Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Selamatkan Makhluk Hidup Semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Selamatkan Makhluk Hidup  :

1. Hewan memiliki kemampuan berkembang biak untuk mempertahankan kelestariannya. 

2. Pada umumnya, kita mengenal dua jenis perkembangbiakan hewan, yaitu bertelur dan melahirkan.

3. Perkembangbiakan terjadi saat sel telur betina bertemu dengan sel sperma jantan, kemudian terjadilah pembuahan. Sel telur yang telah dibuahi akan berkambang menjadi bakal bayi dari jenis hewan yang bersangkutan.

4. Pada hewan melahirkan, bakal bayi berkembang di dalam tubuh induknya hingga usianya cukup untuk dilahirkan. 

5. Jenis hewan yang berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan yang disebut dengan hewan ovovivipar
6. Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan. Setiap pulau di Indonesia memiliki hewan yang unik dan menjadi ciri khas pulau tersebut.

7. Taman Nasional banyak terdapat di Indonesia, seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan yang melindungi orang utan.

8. Poster adalah karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf yang menarik di atas kertas berukuran besar dan berisi pesan–pesan. 

9. Perkembangbiakan generatif, yaitu perkembangbiakan tumbuhan melalui perkawinan sel jantan (benang sari) dan sel betina (putik). 


10. Perkembangbiakan vegetatif, yaitu perkembangbiakan tumbuhan tanpa perkawinan.