Saturday, March 20, 2021

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Selamatkan Makhluk Hidup

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Selamatkan Makhluk Hidup  Semester 1 dengan judul subtema"Hewan Sahabatku". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. Untuk memahami materi Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Selamatkan Makhluk Hidup Semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Selamatkan Makhluk Hidup :

1. Sapi adalah hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Dalam peternakan, salah satu jenis ternak yang dipelihara adalah sapi perah. 

2. Sapi perah, yaitu sapi penghasil susu.

3. Pemerahan susu sapi dapat dilakukan dengan menggunakan tangan atau dengan mesin.

4. Pemerahan susu dengan mesin biasanya dilakukan oleh peternakan besar yang memasok hasil susunya ke pabrik pengolah susu. 

5. Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut ovipar. Contoh ayam dan jenis burung lainnya.

6. Ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan disebut vivipar.  Sapi, kucing,
dan gajah contoh hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan.



7. Gerakan lokomotor, yaitu gerakan yang menyebabkan tubuh berpindah tempat.  Gerakan tersebut merentang dari gerakan yang sifatnya sangat alamiah dan mendasar. 

8. Seperti merangkak, berjalan, berlari, dan melompat hingga ke gerakan berupa keterampilan khusus seperti meroda dan guling depan. 

9. Gerakan nonlokomotor, yaitu gerakan yang tidak menyebabkan tubuh berpindah tempat.  

10. Hydra berkembang biak dengan cara bertunas. Pada hydra akan muncul tunas baru dari tubuh hydra dewasa. Setelah cukup besar, tunas tersebut akan melepaskan diri. 
11. Planaria berkembang biak dengan cara fragmentasi/pemutusan bagian tubuhnya.  Planaria dewasa akan memutuskan bagian tubuhnya.

12. Amoeba adalah hewan bersel satu yang berkembang biak dengan cara membelah diri. 
13. Hewan ini mempunyai inti sel. Awalnya inti sel membelah menjadi dua bagian. Setelah itu, hewan baru akan diikuti dinding dan cairan selnya. 

14. Perbandingan berbalik nilai adalah suatu bentuk perbandingan apabila salah satu besaran yang diperbandingkan nilainya bertambah, maka besaran lainnya nilainya menjadi semakin kecil.

15. Secara sederhana, estetika adalah ilmu yang membahas keindahan, bagaimana suatu benda dapat terbentuk, dan bagaimana seseorang dapat merasakan keindahannya. 

Itulah kumpulan rangkuman materi tematik yang sudah Bangsoal kumpulkan. Jangan lupa baca juga kumpulan rangkuman materi untuk tema-tema berikutnya di sini.