Thursday, December 31, 2020

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Persatuan Dalam Perbedaan

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Persatuan Dalam Perbedaan Semester 1 dengan judul subtema"Bersatu Kita Teguh". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. Untuk memahami materi Tematik Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Persatuan Dalam Perbedaan Semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Persatuan Dalam Perbedaan :

1. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia, karena negara kita terdiri atas berbagai suku, agama, dan ras.

2. Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting, baik dalam rangka merebut, mempertahankan, maupun mengisi kemerdekaan.

3. Bersatu Kita Teguh mengandung makna menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.

4. Bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan.

5. Menjadi negara yang merdeka dan berdaulat dalam tatanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah merupakan cita-cita proklamasi. 

6. Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan untuk memengaruhi, mengajak, atau membujuk pendengar untuk mengikuti keinginan kita secara sukarela.

7. Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan untuk memengaruhi, mengajak, atau membujuk pendengar untuk mengikuti keinginan kita secara sukarela.
8. Bunglon menyesuaikan diri dengan mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempatnya berada. misalnya dari hijau menjadi kecoklatan dan kehitaman, atau sebaliknya. 



9. Untuk melindungi dirinya cicak dan kadal melepaskan ekornya. Cara ini disebut autotomiEkor yang telah putus akan tumbuh lagi seperti semula.

10. Trenggiling melakukan penyesuaian diri dengan menggulungkan tubuhnya membentuk spiral. Cara ini dilakukan untuk melindungi diri dari serangan musuh.

11. Tarian adat adalah salah satu kekayaan budaya yang disampaikan secara turuntemurun dari nenek moyang.

12. Salah satu ada pada tari Lego-lego dari Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).


13. Tarian ini ditujukan untuk mengajak masyarakatnya bersatu membangun kampung dan negeri. 

14. Tari Ngremo dari Jawa Timur.  Pola segi tiga merupakan salah satu bentuk simbol yang sangat kuat melekat pada tari Ngremo, simbol tersebut ada pada pola gerak kaki. saat melakukan gerakan ikat maupun pada ikat kepala (udeng).
15. Hyena adalah salah satu hewan yang menunjukkan persatuan ketika menghadapi musuh.


16. Rukun dalam perbedaan adalah pondasi untuk persatuan.