Friday, February 26, 2021

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Persatuan Dalam Perbedaan

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Persatuan Dalam Perbedaan Semester 1 dengan judul subtema"Rukun dalam Perbedaan". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. Untuk memahami materi Tematik Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Persatuan Dalam Perbedaan Semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Persatuan Dalam Perbedaan :


1. Hidup rukun dalam perbedaan, yang merupakan landasan dari persatuan, sudah menjadi tatanan kehidupan masyarakat Indonesia sejak dulu.

2. Hidup rukun dan perbedaan ditunjukkan ketika masa perjuangan memperebutkan kemerdekaan
dari penjajah.                   

3. Dalam meraih kemerdekaan, perbedaan daerah, agama, dan suku bangsa bukanlah penghalang bagi bangsa Indonesia.                  

4. Bangsa Indonesia memiliki tekad yang kuat. Tidak ada jalan lain dalam usaha merebut kemerdekaan, kecuali menjalin persatuan dan kesatuan. 

5. Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia tidak lepas dari makna yang terkandung dalam sila ketiga, yaitu Persatuan indonesia.             
           
6. Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh’ adalah semboyan yang sering didengungkan untuk meningkatkan semangat persatuan pada Masa Penjajahan.

7. Hidup rukun merupakan impian setiap warga negara. Rukun dalam perbedaan akan memberikan kedamaian dan ketenteraman. 

8. Permainan Rangku Alu berasal dari Nusa Tenggara Timur. Dalam masyarakat Manggarai, Rangku Alu dilakukan untuk merayakan hasil panen perkebunan dan pertanian. 

9. Alat yang digunakan adalah : 4 buah bambu dengan panjang 2 meter. 


10. Cara bermain yaitu : Pemain terdiri atas 2 kelompok, yaitu kelompok yang bermain dan kelompok yang menjaga. 

11. Nilai-nilai permainannya adalah Melatih konsentrasi, keberanian, disiplin, ketangkasan, kelincahan, dan ketepatan gerak. 

12. Struktur Teks Laporan terdiri dari dua bentuk, yaitu pernyataan umum atau klasifikasi (biasanya di awal paragraf) dan sejumlah paragraf yang berisikan aspek yang dilaporkan.  

13. Pohon bambu mempunyai ciri khusus, yaitu mempunyai bulu-bulu halus yang tajam. 


14. Bulu yang tajam tersebut terdapat pada batang. Bulu yang tajam tersebut melekat kuat dan dapat menyebabkan gatal-gatal. 

15. Untuk dapat bertahan hidup, tumbuhan perlu menyesuaikan dan melindungi diri. 

16. Menjaga kerukunan di lingkungan tempat tinggal kita merupakan tugas setiap warga.

Itulah kumpulan rangkuman materi tematik yang sudah Bangsoal kumpulkan. Jangan lupa baca juga kumpulan rangkuman materi untuk tema-tema berikutnya di sini.