Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban~Part4

Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban~Part4 - Melanjutkan soal essai/uraian ekonomi peminatan sosial kelas 11 semester ganjil k13 SMA/MA/SMK/MAK bagian ke-3 (soal nomor 31-40), bagian ke-4 berisikan materi yang sama yaitu soal tentang pendapatan nasional (Bab 2) dengan pertanyaan dimulai dari nomor 41 berikut ini.

41. Sebutkan tujuan pembangunan ekonomi!
Jawaban :
a. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam memenuhi pokoknya yang meliputi pangan,sandang,papan,kesehatan, dan perlindungan keamanan dari pemerintah.
b. Memperluas distribusi berbagai barang kebutuhan pokok
c. Memperluas kesempatan kerja
d. Memperbaiki kualitas pendidikan
e. Meningkatkan pendapatan masyarakat
f. Meningkatkan pemahaman dan tingkah laku masyarakat dalam menjungjung nilai-nilai luhur (agama,sosial, dan kultur)
g. Memperluas pilihan-pilihan ekonomi dan sosial bagi setiap individu serta bangsa secara keseluruhan. Misalnya, kebebasan dari sikap ketergantungan,bukan hanya terhadap orang atau negara lain tetapi terhadap setiap kekuatan yang berpotensi merendahkan nilai-nilai kemanusiaan.

42. Jelaskan yang dimaksud dengan kebijakan moneter!
Jawaban : Kebijakan moneter adalah suatu usaha dalam mengendalikan keadaan ekonomi makro agar dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan melalui pengaturan jumlah uang yang beredar dalam perekonomian.

43. Sebutkan tokoh dari pertumbuhan ekonomi historis!
Jawaban : Frederich List, Bruno Hildebrand,Karl Bucher, Werner Sombart, dan W.W Rostow.

44. Jelaskan tahap pertumbuhan ekonomi high mass consumption!
Jawaban : Tahap perekonomian high mass consumption atau masa konsumsi tinggi merupakan tahap pertumbuhan ekonomi yang paling tinggi.Pada masa ini masyarakat telah mencapai kemakmuran. Masyarakat lebih memikirkan cara berkonsumsi untuk mengalokasikan penghasilannya yang melimpah, pendapatan per capital rill yang sangat tinggi digunakan untuk konsumsi semua barang termasuk barang-barang mewah. Pada masa ini negara dan masyarakat tinggal berusaha untuk mempertahankan kemakmuran.

45. Jelaskan teori pertumbuhan ekonomi menurut Robert Solow!
Jawaban : Solow berpendapat bahwa pertumbuhan ekonomi akan tercapai jika ada pertumbuhan output. Pertumbuhan output terjadi jika dua faktor input, yaitu modal dan tenaga kerja di kombinasikan,sedangkan faktor teknologi di anggap konstan (tidak berubah). Adapun yang tergolong sebagai modal adalah bahan baku, mesin,peralatan, komputer, bangunan, dan uang. Dalam memproduksi output, faktor modal dan tenaga kerja bisa dikombinasikan dalam berbagai model kombinasi.

46. Jelaskan yang dimaksud dengan pembangunan ekonomi menurut pemerintah indonesia!
Jawaban : Pemerintah indonesia,menggunakan istilah pembangunan ekonomi sangat sebagai serangkaian usaha dan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat,memperluas lapangan kerja distribusi pendapatan yang merata, meningkatkan hubungan ekonomi regional dan mengusahakan pergeseran struktur ekonomi yang lebih tinggi (dari sektor pertanian ke sektor industri)

47. Sebutkan indikator keberhasilan pembangunan ekonomi!
Jawaban : Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi antara lain pertumbuhan GNP (Gross National Product) nilai kesejahteraan penduduk, jumlah tenaga kerja dan tingkat pengangguran, indeks kualitas hidup, dan indeks pembangunan manusia.

48. Apa yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi?
Jawaban : Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu proses naiknya output per kapita yang terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama dan terus-menerus yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasioanl

49. Jelaskan yang dimaksud tahap kapitalis madya!
Jawaban : Pada masa kapitalis madya kehidupan sudah mulai dinamis. Manusia sudah mengenal uang dan mulai menumpuk keuntungan dan kekayaan.Suasana kekeluargaan mulai memudar,gaya hidup individualis perlahan-lahan merasuki masyarakat.

50. Pada tahun 2002 produk domestik bruto menurut harga yang berlaku Rp198,4 triliun dan pada tahun 2003 nilainya telah menjadi Rp224,7 triliun,indeks harga tahun 2002 adalah 152 dan dalam tahun 2003 harganya 160.Hitunglah pendapatan nasional rill tahun 2003!
Jawaban : Pendapatan nasional rill 2003
= 152 x Rp224,7 triliun = 213,4 triliun 160
Dengan demikian sekarang kita telah dapat menghitung tingkat ekonomi pada tahun 2003. Tingkat pertumbuhan ekonomi = 213,4-198,4 x 100% = 7,5%198,4.

51. Kebijakan ekonomi meso dalam arti sektoral adalah….
Jawaban : kebijakan ekonomi yang khusus ditunjukkan pada sektor-sektor tertentu

52. Peralatan yang sangat dibutuhkan untuk mengelola perekonomian modern, terutama bagi perekonomian yang sangat mengandalkan mekanisme pasar disebut….
Jawaban : manajemen

53. Manfaat pembangunan ekonomi suatu negara adalah….
Jawaban : output kekayaan dan masyarakat akan bertambah

54. Indeks kualitas hidup (IKH) atau Physical Quality of Life  Indek (PQLI) digunakan untuk mengukur….
Jawaban : kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat

55. Beberapa peraturan atau batasan-batasan di bidang ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah disebut….
Jawaban : kebijakan ekonomi

Lanjut ke soal nomor 56-65 ==> Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban~Part5

0 Response to "Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban~Part4"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel