Contoh Soal Essay Geografi Peminatan Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban

Contoh Soal Essay Geografi Peminatan Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban - Soal-soal mapel geografi kelas 11 semester ganjil kurikulum 2013 untuk siswa SMA/MA dalam bentuk essay/uraian postingan ini, berisikan materi yang sama dengan soal pg geografi sebelumnya, yaitu soal tentang "Kondisi Wilayah dan Posisi Strategis Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia" (Bab 1). Bagi anda yang saat ini menggunakan kurikulum 2006 atau KTSP, bisa membaca postingan-postingan admin sebelumnya disini.

Berikut dibawah ini, soal essai geografi kurtilas edisi revisi kelas xi semester ganjil dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.

1. Sebutkan potensi-potensi laut Indonesia!
Jawaban : Potensi laut Indonesia dapat dimanfaatkan sebagai obyek pariwisata. Potensi-potensi laut seperti ikan,terumbu karang, dan biota-biota laut lainnya. Atau bahkan harta karun dari kapal laut yang telah tenggelam berates tahun yang lalu, juga memberikan kekayaan tersendiri bagi negara Indonesia.

2. Mengapa Indonesia menjadi wilayah perdagangan ineternasional?
Jawaban : Karena Indonesia terletak di antara dua benua (benua Asia dan benua Australia)dan dua samudra (Hindia dan Pasifik). Oleh karena itu, sudah pasti wilayah Indonesia menjadi jalur perdagangan internasional.

3. Bagaimanakah focus integrase Nusantara sejak Zaman Hidu dan Buddha?
Jawaban : Sejak jaman Hindu dan Budhha pusat-pusat integrase nusantara difokuskan melalui penguasaan laut,pusat-pusat integrase selanjutnya ditentukan oleh keahlian dan kepedulian terhadap laut, sehingga terjadi perkembangan baru.

4. Tunjukan peranan Selat Malaka pada pelayaran dan perdagangan!
Jawaban : Selat malaka merupakan jalur penting dalam pelayaran dan perdagangan bagi pedagang yang melintasi bandar-bandarpenting di sekitar samudra Indonesia dan Teluk Persia.selat tersebut merupakan jalan laut yang menghubungkan arab dan india di sebelah barat laut oleh selat nusantara, dan menghubungkan dengan cina disebelah timur laut nusantara,jalur ini merupakan pintu gerbang pelayaran yang di kenal dengan nama”jalur sutra”

5. Jelaskan mengenai pengaruh letak geografis Indonesia terhadap aspek kebudayaan!
Jawaban : Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan menjadi oleh selat dan laut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kondisi tersebut melahirkan keanekaragaman Bahasa suku,agama,dan kebudayaan. Kebudayaan menjadi aset nasional yang memiliki harga yang sangat mahal. Keragaman tersebut menjadi kekhasan dan daya Tarik tersendiri bagi pihak-pihak luar serta memperkaya kebudayaan nasional.

6. Mengapa semangat nenek moyang dalam mengarungi samudra perlahan mulai pupus?
Jawaban : Setelah masuknya pelaut-pelaut portugis,spanyol,inggris,dan belanda, yang kemudian secara resmi mulai menduduki wilayah Indonesia secara perlahan mulai menghilangkan semangat nenek moyang dalam mengarungi samudra. Hal ini menyebabkan kejayaan maritim Indonesia lama-kelamaan mulai pupus secara perlahan.

7. Tunjukkan bukti bahwa orang-orang Indonesia pernah melakukan pelayaran hingga Madagaskar!
Jawaban : Orang-orang indosnesia telah melakukan pelayaran hingga sampai ke Madagaskar. Berita tersebut dibuktikan dengan adalah ditemukannya bekas kerajaan Marina yang didirikan perantau dari Nusantara dan berdasarkan penelitian tipe jukung (perahu tradisional masyarakat Kalimantan) yang digunakan memiliki kesamaan dengan tipe jukung pada masyarakat Kalimantan yang digunakan untuk berlayar.

8. Jelaskan yang dimaksud laut territorial!
Jawaban : Batas laut yang berjarak 12 mil dari titik ujung terluar pulau-pulau Indonesia pada saat pasang surut ke arah laut.

9. Uraikan hak-hak pemerintah Indonesia atas batas landas kontinen!
Jawaban : Pemerintah indonesai berhak melakukan eksplorasi dan eksploitasi kekayaan alam yang berada diwilayah batas landas kontinen.

10. Jelaskan letak negara Indonesia!
Jawaban : Indonesia terletak di kawasan asia tenggara Indonesia terletak di antara 60 LU-110 LS dan 950 BT – 1410 BT, antara lautan pasifik dan lautan Hindia. Antara benua asia dan benua Australia,dan pada pertemuan dua rangkaian pergunungan,yaitu sirkum pasifik dan sirkum Mediterranean.

Lanjut ke soal nomor 11-30 ==> Contoh Soal Essay Geografi Peminatan Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban~Part-2 

0 Response to "Contoh Soal Essay Geografi Peminatan Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel