Contoh Soal Informatika Kelas XI semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (Essay)~Part6

Contoh Soal Informatika Kelas XI semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (Essay)~Part6 - Melanjutkan soal informatika kurtilas kelas 11 semester ganjil bagian sebelumnya atau bagian ke-5 (soal nomor 46-60), bagian ke-6 postingan yang sedang anda baca ini, masih menggunakan materi yang sama, yaitu soal tentang jaringan komputer/internet. Selain itu, bagi anda yang belum membaca dari bagian ke-1 (Bab 1), bisa membacanya mulai dari sini.

Dimulai dari pertanyaan nomor 61, berikut dibawah ini soal essau/uraian informatika k13 edisi revisi SMA/MA dilengkapi kunci jawaban.

61. Jabarkan prosedur dalam mengatasi LAN yang berkaitan dengan gangguan kerusakan Hub/Switch!
Jawaban: Hub dan switch merupakan komponen perangkat keras yang paling penting untuk jaringan. Kerusakan pada dua alat tersebut menyebabkan kesalahan besar pada jaringan LAN, karena kedua alat ini sebagai alat pendukung utama jaringan supaya lebih optimal. Cara mengatasi kerusakan ini adalah mengecek keadaan Hub benar-benar rusak atau hanya mengalami gangguan. Jika Hub mengalami kerusakan maka sebaiknya membeli yang baru karena harga perbaikan hamper setara dengan harga beli. Jika mengalami gangguan maka segera cek jenis gangguan yang terdapat pada Hub dan harus segera ditangani.

62. Jabarkan yang Anda ketahui tentang topologi mesh partial connected!
Jawaban: Pada topologi mesh jenis ini memiliki ciri setiap komputer dalam jaringan tersebut tidak semua akan terhubung dengan komputer lainnya, sehingga ada beberapa komputer yang saling terhubung satu sama lain dan beberapa komputer tidak saling berhubungan.

63. Jelaskan yang Anda ketahui tentang keamanan hardware beserta ruang lingkupnya!
Jawaban: Kemanan hardware berkaitan dengan perangkat keras yang digunakan dalam jaringan komputer. Keamanan hardware sering dilupakan padahal merupakan hal utama untuk menjaga jarringan dari agar tetap stabil. Dalam keamanan hardware, server dan tempat penyimpanan data menjadi perhatian utama. Akses secara fisik terhadap server dan data-data penting harus dibatasi semaksimal mungkin. Lebih mudah bagi pencuri data untuk mengambil harddisk atau tape backup dari server dan tempat penyimpanan dibandingkan harus menyadap data secara software dari jaringan. Sampah juga harus diperhatikan karena banyak sekali hacker yang mendatangi tempat sampah perusahaan untuk mencari informasi mengenai jaringan komputernya. Salah satu cara cara mengamankan hardware adalah menempatkan di ruang yang memiliki keamanan baik. Lubang saluran udara perlu diberi perhatian karena dapat saja orang masuk ke ruangan server melalui saluran tersebut. Kabel-kabel jaringan harus dilindungi agar tidak mudah hacker memotong kabel lalu menyambungkan ke komputernya. Akses terhadap komputer juga dapat dibatasi dengan mengeset keamanan di level BIOS yang dapat mencegah akses terhadap komputer, memformat harddisk, dan mengubah isi Main Boot Record (tempat informasi partisi) harddisk. Penggunaan hardware autentifikasi seperti smart card dan finger print detector juga layak dipertimbangkan untuk meningkatkan keamanan.

64. Uraikan hubungan antara Network Topology dengan DeMilitarized Zone (DMZ)!
Jawaban: Sebuah jaringan komputer dapat dibagi atas kelompok jaringan eksternal (internet atau pihak luar) dan kelompok jaringan internal. Kelompok jaringan eksternal di antaranya DeMilitarized Zone (DMZ). Pihak luar hanya dapat berhubungan dengan host-host yang berada pada jaringan DMZ, sesuai dengan kebutuhan yang ada. Adapun host-host pada jaringan DMZ secara default dapat melakukan hubungan dengan host-host pada jaringan internal. Koneksi secara terbatas dapat dilakukan sesuai kebutuhan. Host-host pada jaringan internal di antaranya host-host pada jaringan internal idak dapat melakukan koneksi ke jaringan luar, melainkan melalui perantara host pada jaringan DMZ. Dengan demikian pihak luar tidak mengetahui keberadaan host-host pada jaringan komputer internal

65. Sebutkan kegunaan dari packet Fingerprinting!
Jawaban:DEngan melakukan packet fingerprinting, kita dapat mengetahui peralatan apa saja yang ada dalam sebuah jaringan komputer. Hal ini sangat berguna terutama dalam sebuah organisasi besar dimana terdapat berbagai jenis peralatan jaringan komputer serta sistem operasi yang digunakan

66. Uraikan yang Anda ketahui tentang menggunakan Ethernet card!
Jawaban: Menggunakan Ethernet Card yang dipasang dan diinstal di PC serta kabel UTP sebagai perantara. Jenis koneksi inilah yang paling popular dan banyak digunakan dimana-mana dari tingkat jaringan kecil sampai jaringan besar.

67. Tuliskan prosedur dalam mengatasi LAN yang berkaitan dengan kerusakan pada kabel LAN dan konektor!
Jawaban: Masalah pada konektor maupun kabel LAN umumnya merupakan masalah yang sederhana inilah yang menjadikan jaringan LAN sering bermasalah. Umumnya hal ini terjadi karena kabel konektor yang terbuka, kabel konektor yang pendek dan kabel konektor longgar atau tidak terpasang dengan benar. Cara mengatasinya dengan mengganti kabel dengan yang baru supaya lebih optimal dalam pemakaian serta melakukan pemasangan dengan benar supaya kabel tidak longgar dan menyebabkan masalah pada jaringan LAN.

68. Istilah yang mengacu kepada penipuan untuk mendapatkan informasi atau akses sistem komputer.
Jawaban: Exploitation of Trust

69. Terangkan prosedur dalam mengatasi LAN yang berkaitan dengan kesalahan pada software!
Jawaban: Kesalahan ini umumnya terjadi karena kerusakan file program, security system yang salah, salah mengalami IP, kesalahan konfigurasi jaringan, kesalahan server network, dan kesalahan pada penggunaan protocol. Kesalahan jenis ini umumnya dapat diatasi dengan cara pengamat kembali pada IP, penginstalan ulang networking, klarifikasi pada server network dan penyetingan ulang pada security system.

70. Terangkan yang Anda ketahui tentang prinsip kerja dari topologi star!
Jawaban: Prinsip kerja topologi star adalah senbagai berikut
a. Hub yang telah tersambung dengan server penyedia paket data sudah harus siap untuk sebagai pusat dari jaringann komputer
b. Lalu, pasang kabel-kabel di dalam port pada Hub atau switch yang dipakai sebagai sentral
c. Jika tiap kabel sudah terpasang, hubungkan kabel-kabel tersebut ke dalam komputer-komputer yang dijadikan sebagai client atau user
d. Dengan seperti itu, setiap user atau client atau user akan mendapatkan data yang sama seperti apa yang dimiliki oleh server sebagai sentral dan juga sumber paket data. Jika memakai topologi star dalam pembuatan suatu jaringan komputer, maka harus membuat setiap komputer yang dipakai sebagai user dan membutuhkan tiap komputer dengan satu instalasi kabel. Oleh sebab itu jika memiliki 50 unit komputer client atau user, maka membutuhkan 50 unit kabel supaya suatu jaringan topologi star bisa berjalan dengan baik dan optimal disetiap komputer user.
e. Penggunaan topologi star bukan saja yang konvensional, tetapi telah ada istilah topologi star hybrid. Yang pada dasarnya topologi ini sama saja dengan topologi star umumnya. Tetapi yang membedakan adalah pemakaian kabelnya yang seringkali memakai beberapa tipe kabel di suatu jaringan komputer lainnya
f. Pemakaian beberapa tipe kabel lebih menuju pada kualitas dari transfer data yang bisa dilaksanakan oleh server dan Hub atau switch kepada user, semakin bagus kualitas dan jenis kabel yang dipakai di topologi star, maka semakin bagus pula kualitas dari transfer sinyalnya dan paket dalam jaringan komputer tersebut

Lanjut ke soal mid ==> 40 Contoh Soal UTS/PTS Informatika Kelas XI semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013

0 Response to "Contoh Soal Informatika Kelas XI semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (Essay)~Part6"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel