Contoh Soal Informatika Kelas XI semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (Essay)~Part5

Contoh Soal Informatika Kelas XI semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (Essay)~Part5 - Soal essai informatika kelas 11 semester ganjil k13 postingan bagian kelima ini, berisikan materi yang sama dengan soal essay/uraian informatika bagian ke-4 (soal nomor 36-45), yaitu soal tentang Jaringan komputer/internet" (Bab 2), seperti soal tentang topologi dan keamanan jaringan serta mengenai setting koneksi pada jaringan. Jadi, bagi anda yang belum membaca dari awal (Bab 1), bisa membacanya mulai dari soal essay informatika tentang teknik informatika.

Berikut dibawah ini, soal informatika kurtilas edisi revisi kelas xi semester ganjil dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 46.

46. Dari sekian banyak kategori, Local Area Network (LAN) adalah….
Jawaban: salah satu jaringan yang paling sering digunakan

47. Jika melihat tempat internet umu, di mana setiap komputer client terhubung ke satu komputer server pada umumnya menggunakan….
Jawaban: jaringan LAN

48. Komponen perangkat keras yang paling penting untuk jaringan adalah….
Jawaban: Hub dan switch

49. Guna mematikan Firewell, maka pilihan yang benar adalah….
Jawaban: pilih Turn OFF Windows Firewell (not recommended) > tekan OK

50. Bagian yang dimaksud dengan istilah TCP/IPv4 adalah….
Jawaban: Internet Protocol Version 4

51. Sebutkan yang Anda ketahui tentang karakteristik topologi ring!
Jawaban: Topologi ring memiliki karakteristik sebagai berikut.
a. Jika kabel terputus atau node rusak, maka jaringan akan lumpuh
b. Kabel yang dipake berjenis twisted pair
c. Menggunakan sebuah kabel backbone untuk transmisi data
d. Pengiriman data menggunakan metode token passing scheme dan dilakukan secara bergantian pada satu arah
e. Rumit dan relatife mahal jika diimplementasikan untuk jaringan kecil
f. Tidak ada pengiriman pesan ke alamat broadcast sehingga tidak terjadi suatu collosin atau tabrakan data, jadi performa jaringan relative stabil
g. Ujung-ujung kabel backbone akan dihubungkan dengan node pertama, sehingga akan membentuk sebuah cincin atau lingkaran tertutup

52. Tuliskan yang Anda ketahui tentang fungsi topologi jaringan star!
Jawaban: Topologi star atau disebut juga sebagai star network merupakan salah satu topologi jaringan komputer yang paling sering digunakan. Bentuk konsep topologi star layaknya sebuah bintang dengan titik pusatnya adalahperangkat pusat dan terdapat lima buah perangkat komputer yaitu host yang terhubung secara langsung ke titik pusat atau perangkat pusat tersebut sehingga menghasilkan bentukN seperti bintang. Hal ini tentu saja hanya sebatas sebuah gambaran konsep dari topologi star, dan jumlah host yang dapat terhubung juga tidak terbatas lima host saja. Topologi jaringan star berfungsi untuk menghubungkan antarkomputer satu dengan komputer lain dalam jaringan komputer baik komputer tersebut bertindak sebagai server maupun bertindak sebagai client. Selain untuk menghubungkan antar komputer dalam satu jaringan atau satu network topologi jaringan star jug adapt digunakan untuk menghubungkan perangkat keras jaringan lain seperti router, modem, access point dan lain sebagainya

53. Tuliskan prosedur5 dalam mengatasi LAN yang berkaitan dengan Local Area Connection yang tidak muncul!
Jawaban: Masalah ini umumnya terjadi karena tidak munculnya koneksi local area pada komputer server maupun client. Jika terjadi maka program tidak bisa berjalan sehingga jaringan koneksi menjadi terputus, yang berdampak pada mengganggu prinsip kerjanya. Penyebabnya adalah pemasangan network wireless yang salah dan penginstalan driver yang belum selesai. Cara mengatasi masalah terNsebut adalah periksa pemasangan kartu jaringan, install ulang driver network dengan yang sesuai menurut kartu jaringan, megganti kartu jaringan, dan mengganti slot PCl dengan yang lebih baru.

54. Terangkan prosedur dalam mengatasi LAN yang berkaitan dengan masalah koneksi lambat!
Jawaban: Masalah koneksi lambat umumnya diganti dengan cara menambah kecepatan koneksi dan akses supaya dapat mempercepat koneksi. Ada pula dengan menambahkan kuota internet atau mengganti koneksi internet dengan menggunakan provider baru yang lebih bagus dan kompeten

55. Keamanan fisik (physical security) atau keamanan tingkat awal dapat dikategorikan!
Jawaban: keamanan level 0

56. Semua komputer pada model topologi tree ini memiliki akses segera ke node tetangga dalam jaringan dan juga hubungan pusat. Hal ini memberi peluang beberapa perangkat jaringan dihubungkan tajam….
Jawaban: hub pusat

57. Keamanan fisik (Physical Security) atau keamanan tingkat awal dapat dikategorikan….
Jawaban: keamanan level 0

58. Jenis keamanan berkaitan dengan pengamanan fasilitas komputer dari penyusup dan bencana seperti kebakaran/kebanjiran adalah….
Jawaban: external security

59. Topologi Mesh Fully Connected memiliki ciri utama dimana setiap komputer dalam jaringan saling terhubung satu sama lain secara….
Jawaban: penuh

60. Topologi tree memiliki bentuk seperti….
Jawaban: geometris

Lanjut ke soal nomor 61-70 ==> Contoh Soal Informatika Kelas XI semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (Essay)~Part6

0 Response to "Contoh Soal Informatika Kelas XI semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (Essay)~Part5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel