Friday, September 20, 2019

Soal Ulangan Harian SD Kelas 3 Tema 2

terdiri dari kisi-kisi soal, soal beserta kunci jawaban sehingga memudahkan guru dalam memberikan evaluasi kepada siswa. Penilaian merupakan bagian penting dari sistem pembelajaran di sekolah. Penilaian adalah upacaya dalam mengumpulkan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil belajar mengajar yang telah   dilaksanakan. Penilaian hasil belajar peserta didik yang dilakukan pendidik dapat dijadikan umpan balik proses pembelajaran baik bagi pendidik untuk memperbaiki cara dan strategi mengajar maupun bagi peserta didik untuk memperbaiki cara belajar.



Soal Ulangan Harian SD Kelas 3 Tema 2

Penilaian yang dilakukan oleh guru harus memperhatikan kompetensi yang diukur, metode pembelajaran yang digunakan, sarana prasarana yang tersedia serta kemampuan peserta didik. Ada beberapa tekhnik lain yang dapat digunakan digunakan guru perlu diinformasikan secara terbuka baik kepada peserta didik maupun orang tua peserta didik.

Hasil analisis penilaian bahkan dapat pula digunakan sebagai masukan bagi peningkatan mutu pendidikan secara umum oleh pengambil keputusan termasuk kepala sekolah, dinas pendidikan dan komite sekolah. Dari berapa masukan diatas dapat dilakukan perencanaan program pembelajaran selanjutnya yang lebih baik.

Soal Ulangan Harian SD Kelas 3 Tema 2

Hasil dari setiap kegiatan penilaian hasil belajar seperti tertulis, lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk dapat dicantumkan dalam buku daftar nilai. Unsur penilaian hasil belajar peserta didik yang dicantumkan di buku daftar nilai yaitu sebagai berikut:


  • Ulangan Harian
  • Ulangan Tengah Semester
  • Tugas (seperti Penugasan, produk, pengamatan)
  • Ulangan Akhir Semester
  • Ulangan Kenaikan Kelas

Penilaian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik secara periodik untuk menilai/mengukur pencapaian kompetensi setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih. Ulangan Harian merujuk pada indikator dari setiap KD. Ada beberapa bentuk Ulangan harian selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk. Frekuensi dan bentuk ulangan harian dalam satu semester ditentukan oleh pendidik sesuai dengan keluasan dan kedalaman materi.

Soal Ulangan Harian SD Kelas 3 Tema 2

Untuk mendapatkan nilai harian dapat kita lakukan melalui tes tulis, tes lisan dan perbuatan. Tidak harua semua metode penilain dilaksanakan dalam satu KD, tetapi tergantung situasi dan kondisi yang tersedia Dari hasil penilaian ulangan harian yang dilakukan guru, maka diperoleh dari hasil tes tertulis, pengamatan, atau tugas diolah dan dianalisis oleh pendidik. Hal ini dimaksudkan agar ketuntasan belajar peserta didik pada setiap kompetensi dasar lebih dini diketahui oleh pendidik. Dengan demikian ulangan penilaian harian ini juga dapat diikuti dengan beberapa program tindak lanjut spserti program remedial atau program pengayaan, sehingga perkembangan belajar peserta didik dapat segera diketahui sebelum akhir semester.

Soal Ulangan Harian SD Kelas 3 Tema 2

Untuk mendapatkan atau memperoleh nilai tiap mata pelajaran selain dengan ulangan harian dapat dilengkapi dengan tugas-tugas lain seperti PR, proyek, pengamatan dan  produk.  Tugas-tugas tersebut dapat didokumentasikan dalam bentuk portofolio. Ulangan harian itu juga mempunyai manfaat yaitu sebagai diagnosis terhadap kesulitan belajar peserta didik. Demikian penjelasan singkat dari kami semoga ini menjadi referensi dalam menyusun soal, Bapak/Ibu Guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.