Monday, October 7, 2019

49 Contoh Soal UTS/PTS Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban~Part3

49 Contoh Soal UTS/PTS Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban~Part3 - Soal ulangan tengah semester ganjil ekonomi peminatan kelas xii K13 untuk siswa SMA/MA bagian ke-3 yang sedang anda baca ini, merupakan lanjutan soal UTS ekonomi peminatan bagian ke-1 dan bagian ke-2 (mid nomor 15-29). Berbeda dengan soal sebelumnya, yang berbentuk pilihan ganda, untuk bagian ketiga atau terakhir ini berbentuk essai/uraian.
Baca juga: Contoh Soal UTS Ekonomi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawabannya (PG dan Essay) - (KTSP)
Berikut dibawah ini, soal UTS ekonomi peminatan kelas 12 semester gasal dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari soal nomor 30.

30.Akuntansi yang berhubungan dengan prosedur akuntansi dan peralatannya serta penentuan langkah dalam pengumpulan dan pelaporan data keuangan dinamakan….
Jawaban : Sistem akutansi

31. Apa bidang dalam akuntansi manajeman?
Jawaban : Bidang akuntansi ini juga mengolah masalah-masalahk husus yang dihadapi para manajer perusahaan dari berbagai jenjang organisasi dengan menggunakan data historis ataupun data tafsiran.

32. Tahap pertama yang dilalui dalam proses akuntansi adalah….
Jawaban : Tahap pencatatan dan pengolahan

33. Salah satu kualitas informasi akuntansi yang menyatakan bahwa informasi akuntansi harus dapat diuji kebenarannya oleh para penguji independen dengan menggunakan metode pengukuran yang sama adalah….
Jawaban :  Dapat diuji

34. Bahasa bisnis yang dapat memberikan informasi tentang kondisi ekonomi suatu bisnis dan hasil usahannya pada waktu periode tertentu disebut….
Jawaban : Akuntansi

35. Penalaran logis dalam bentuk seperangkat prinsip luas yang memberikan kerangka acuan umum yang dapat digunakan untuk menilai praktek akuntansi memberi arah pengembangan prosedur dan praktek baru disebut….
Jawaban : Teori akuntansi

36. Pihak yang berhubungan langsung dengan kegiatan atau operasi perusahaan sehari-hari serta terlibat langsung dalam membuat keputusan disebut….
Jawaban : Pihak intern

37. Etika profesi dalam praktek akuntan di indonesia disebut dengan istilah….
Jawaban : Kode etik

38. Akuntansi keuangan disebut juga….
Jawaban : Akuntansi umum

39. Bidang akuntansi yang menekankan kegiatan pada penetapan biaya dan control atas biaya, terutama yang berhubungan dengan biaya produksi suatu barang disebut….
Jawaban : Akuntansi biaya

40. Apa tugas akuntansi publil?
Jawaban : Akuntansi publik melakukan pemeriksaan terhadap catatan-catatan yang mendukung laporan keuangan dengan menyatakan kalayakan dan dapat dipercayainya suatu laporan

41. Dalam persamaan akuntansi, biasanya penyajian liabilitas selalu mendahului ekuitas (modal). Mengapa demikian?
Jawaban : Dalam persamaan akintansi, biasanya penyajian liabilitas selalui mendahului ekuitas (modal). Hal ini bukan hanya kebetulan saja, tetapi memiliki makna bahwa kreditor memiliki hak terlebih dahulu terhadap aset perusahaan dari pada pemilik perusahaan itu sendiri apabila perusahaan dilikuidasi (dibubarkan).

42. Setelah melakukan pengecekan, ternyata ada perlengkapan bengkel yang masih kurang. Untuk itu, perusahaan membeli perlengkapan bengkel senilai Rp5.000.000,00 secara tunai. Jelaskan analisis dari transaksi tersebut!
Jawaban : Transaksi ini digolongkan ke dalam transaksi pengeluaran kas. Aset peralatan bertambah sebesar Rp5.000.000,00 dan karena transaksi dilakukan secara tunai, maka kas perusahaan berkurang sebesar Rp5.000.000,00

43. Perusahaan membayar utang kepada distributor oli sebesar Rp5.000.000,00. Dan sisanya dibayar pada akhir bulan. Jelaskan analisis dari transaksi tersebut!
Jawaban : Transaksi ini digolongkan sebagai transaksi pengeluaran kas. Akibat transaksi ini, perusahaan mengeluarkan kas, yang berarti aset kas berkurang Rp5.000.000,00. Dan sebaiknya, karena dibayar, maka utang perusahaan berkurang sebesar Rp5.000.000,00

44. Pendapatan dihitung sesuai dengan prinsip realisasi. Apakah yang dimaksud prinsip relasi?
Jawaban : Pendapatan dihitung sesuai dengan prinsip realisasi, yaitu pada saat transaksi pertukaran telah terjadi.

45. Berilah contoh konsep kesinambungan!
Jawaban : Contoh yang jelas dari dianutnya konsep kesinambungan ini adalah dalam pelaporan aktiva tetap; aktiva dicatat menuruh harga perolehannya aktiva tetap dan disusutkan dengan cara sistematik tanpa adanya petunjuk mengenai nilai yang dapat direalisasi pada saat pelaporan

46. Apa dampak dari persamaan dasar akuntansi yang tidak seimbang?
Jawaban : Persamaan akuntansi jumlahnya harus seimbang atau sama antara aset, kewajiban, dan modal. Apabila tidak seimbang atau sama antara jumlah pada saat aset , kewajiban, dan modalnya, maka akan berpengaruh terhadap proses akuntansi selanjutnya

47. Sebutkan hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya kesalahan dalam persamaan dasar akuntansi!
Jawaban : Hal-hal yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pencatatan antara lain sebagai berikut.
a. Salah memasukan jumlah nominal angka. Sebagai contoh, telah terjadi transaksi berupa penambahan modal yang dilakukan oleh pemilik perusahaan sebesar Rp110.000.000,00
b. Kesalahan dalam penulisan jumlah angka atau jumlah digit angka. Sebagai contoh, pada tanggal 2 februari diterima pendapatan usaha sebesar Rp50.000.000,00, tetapi kemudian transaksi tersebut dicatat dalam persamaan akuntansi sebesar Rp5.000.000,00

48. Apa yang harus dilakukan untuk mengurangi kesalahan dalam penyusunan persamaan dasar akuntansi?
Jawaban : Guna mengurang resiko adanya kesalahan dalam persamaan dasar akuntansi, kita harus cermat dan teliti dalam menganalisis transaksi yang akan kita cari dalam persamaan akuntansi

49. Teori yang bertujuan untuk memberikan seperangkat prinsip logis yang saling berkaitan,yang membentuk kerangka acuan umum bagi penilaian dan pengembangan praktek akuntansi yang sehat adalah….
Jawaban : Teori akuntansi