Monday, November 4, 2019

Bongkar Rahasia Trik lulus CPNS 2019


Hallo teman-teman, bagi kamu yang tahun ini ingin lulus CPNS
saya punya tips dan trik sesuai dengan pengalaman di tahun 2018.
semoga dengan tips ini dapat membantu teman-teman untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Tips Jitu lolos CPNS 2019


Untuk lolos CPNS kamu harus bisa mengalahkan saingan di SKD dan SKB
SKD atau seleksi kompetesi dasar terdiri dari soal TWK, TIU dan TKP.

Kesalahan mayoritas peserta tahun lalu adalah berfokus pada nilai TKP karena nilai TKP memiliki standar tinggi. Padahal, TIU dan TWK juga amat penting.
pada kasus tahun kemarin, ada yang memiliki nilai yang sama, maka untuk ditentukan peringkat pertamanya adalah dengan melihat seberapa besar nilai TIU atau intelegensi umum.

terutama untuk kamu yang memiliki akreditas A, kamu tentu harus memiliki perolehan nilai tinggi pada TIU.

Sementara untuk seleksi kompetensi bidang adalah mengenai bidang yang kita geluti.
hal yang ironi dari SKB ini adalah dimana nilai tidak akan berguna lagi apabila saingan kita memiliki sertifikat pendidik untuk intansi keguruan.
Karena bagi yang memiliki sertifikat pendidik mereka akan mendapatkan nilai otomatis 100. jadi pastikan untuk memilih tempat yang tidak bersaing dengan para pendidik yang sudah memiliki sertifikat.
ingat ya ! sertifikat pendidik bukanlah akta 4 melainkan sertifikat yang di dapatkan dari PPG.

Jika kita perhatikan pada pola seleksi CPNS 2018, ada pola tertentu yang harus kita terapkan untuk lolos.
apa saja itu ?

1. jangan terburu-buru memilih lokasi

Peraturan untuk CPNS tahun 2018, dianjurkan untuk memilih tempat dan nantinya nilai kita akan bersaing dengan orang yang mendaftar di tempat tersebut.

"semakin kecil saingannya, semakin besar juga kesempatan untuk lolos"
jangka waktu yang diberikan gunakan untuk mencari tahu tempat atau lokasi yang menjadi sasaran kita .
akses yang mudah akan memberikan banyak saingan.

namun, apabila kita yakin dengan kemampuan kita maka tidak menutup kemungkinan untuk seleksi di tempat tersebut. 

2. pilih lokasi yang memiliki peluang besar

Lokasi yang memiliki peluang besar lolos adalah lokasi yang sedikit saingannya. kamu bisa cek sendiri jumlah saingan yang ada di SD tersebut dengan fitur yang sudah disiapkan disitus BKN.
Jangan mendaftar di tempat yang aksesnya mudah, terutama daerah yang mudah di jangkau. Sebab tempat-tempat tersebut akan jadi incaran orang-orang yang memiiki keistimewaan sertifikat pendidik. begitupun dengan kamu yang memiliki sertifikat pendidik, saya anjurkan untuk tidak memilih tempat yang banyak saingan. 

3. Belajarlah dengan terjadwal dan konsisten

kesalahan terbesar kita adalah belajar dari 100 - 0, harusnya dari 0 - 100. maksudnya, ada orang yang diawal mati-matian belajar dan akhirnya setelah dekat dengan hari pelaksanaan malah males. Jangan terlalu banyak sumber belajar. mengumpulkan banyak ebook cpns atau buku cpns malah membuat konsentrasi ambyar / kacau Jadi pastikan kamu berlatih untuk mengasah yang menjadi kekurangan

4. Kuasai HOT

Menghafalkan TWK adalah buang-buang waktu. nyatanya untuk menghafalkan tanggal atau kejadian-kejadian TWK tidak akan muncul di ujian CPNS> bahkan saat kita Tes, soal yang muncul lebih dari 3 baris untuk TWK. Hal yang harus kamu pelajari adalah bagaimana berfikir tingkat tinggi, bukan hanya menghafal. KITA BELAJAR UNTUK FAHAM BUKAN BELAJAR UNTUK INGAT !
buatlah mind map untuk belajar TWK, untuk mempelajari TKP biasakan untuk membaca soal-soal TKP dan untuk menyelesaikan soal TIU pelajarilah logika, deret, persamaan kata karena saat TEST soal yang munculpun jauh lebih menyusahkan.


5. Bergabung dengan grup

Gunakan facebook atau whatsapp untuk bergabung dengan grup-grup CPNS yang berkualitas. kalau grupmu hanya membahas hal tidak penting lebih baik tinggalkan. Carilah grup CPNS dengan memberi banyak informasi dan mau berbagi mengenai soal-soal yang mereka kerjakan saat test.

6. Teliti

tidak hanya teliti saat tes, melainkan sebelum tes pun kamu harus teliti. Pastikan tidak melakukan kesalahan BODOH saat seleksi administrasi di tahap awal karena apa yang kamu pelajari akan sangat sia-sia apabila kamu gagal di tahap pertama.

7. berdoalah 

 Kata Masoyit
sukses itu bukan hanya milik orang-orang yang berusaha, melainkan milik mereka yang beruntung.

kita pasti lihat hasil test kemarin bahwa banyak yang nilainya jelek tapi tetap lulus. mungkin itu adalah takdir dari Allah Subhanahuwata'ala. Berdoalah karena berdoa itu gratis. berdoalah dan hindari hal-hal yang menjadi pencegah pengabulan doa.

Jika tahun ini kamu gagal, maka kamu hrus mencoba di tahun berikutnya, coba terus sampai nanti batas usia sudah tidak memungkinkan untuk mengikuti tes. guru Sejarah Masoyit pernah bilang  bahwa
setiap orang ada masanya, dan setiap masa ada orangnya.

semoga tips ini berguna dan jangan lupa bahagia.
tinggalkan komentar atau masukan untuk tulisan.
mohon maaf atas kekurangan pada tulisan ini.