Wednesday, November 6, 2019

Rangkuman MateriI SBDP Pengertian, Jenis, Tujuan dan Contoh Reklame


Materi Seni budaya dan prakarya kelas 6.  Pengertian Reklame, jenis reklame, tujuan reklame dan contoh reklame

reklame di ajarkan di pembelajaran ke 2 tema 4 tentang globalisasi sub tema 1.
tidak hanya diajarkan di kelas 6, reklame juga merupakan materi yang diajarkan di kelas 5  kebawah.

pengertian  Reklame : kata reklame berasal dari kata reclomos . re artinya ulang, clomos artinya panggolan atau teriakan.
secara umum reklame diartikan sebagai media propaganda yang berfungsi untuk memperkenalkan dan menawarkan barang dagangan atau jasa agar dikeal oleh masyarakat. secara luas reklame diatikan sebagai sutu karua seni rupa yang bertujuan untuk menginformasikan , mengajak , menganjurkan atau menawawrkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen dengna cara yang menarik sehingga konsumen ingin memiliki , menggunakan atau membelinya.
reklame Diartikan juga sebagai  media yang digunakan untuk promosi.
media visual merupakan jenis reklame yang memanfaatkan tulisan dan gambar yang diolah sedemikian rupa untuk mengkomunikasikan pesan tertentu kepada orang lain

tujuan reklame adalah, untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan, dan menawarkan produk.

berdasarkan tujuan pengadaannya dibedakan menjadi 2 yaitu reklame komersi dan nonkomersil.
reklame komersil adalah yang  sering digunakan oleh pedagang untuk menawarkan barang sementara non komersial adalah reklame yang bersifat mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu  atau memberi anjuran yang baik

reklame memiliki berbagai macam jenis.
poster, spanduk, selebaran, brosur. iklan, plakat, balliho, logo, buklet , leaflet

Logo merupakan suatu bentuk gambar/sketsa dengan arti tertentu dan mewakili suau arti dari perusahaan.

Leaflet adalah jenis reklame yang berupa lembaran kecil yang dilipat lipat, berisi informasi lengkap dan rinci. Penyampaiannya dilakukan dengan cara diletakkan ditempat yang mudah diambil, disebarkan atau diberikan langsung kepada konsumen/ target. Berikut ini contoh reklame leaflet.

Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum berupa pengumuman / iklan biasanya berbnetuk gambar yang dirancang sehingga menarik perhatian . Poster adalah jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel ditempat-tempat umum yang strategis. Berikut ini contoh reklame poster.

Iklan adalah jenis reklame singkat yang bertujuan mempromosikan barang atau jasa dalam bentuk visual(tulisan dan gambar) pada media cetak atau elektronik. Berikut ini contoh reklame iklan.

Buklet adalah buku kecil yang biasanya akan digunakan untuk mewakili sebuah perusahaan, di mana di dalam buku tersebut berisi rincian produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan yang bersangkutan.
Baliho adalah jenis reklame yang berisi gambar/ tulisan menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat dan bersifat semi permanen.

 Banner adalah jenis reklame dengan bentuk kotak (potrait) biasanya dicetak dengan digital printing menggunakan MMT ditempatkan depan toko atau instansi menggunakan penyangga.

Spanduk adalah informasi yang berupa kain rentang yang berisi slogan , propaganda/berita yang harus di ketahui umum. Spanduk adalah reklame yang memuat informasi reklame komersial atau non komersial yang dibuat secara ringkas, padat dan jelas menggunakan kain dan sejenisnya yang dibentangkan diantara dua tiang di tempat strategis dan ramai.

Selebaran adalah salah satu kemasan produk yang bersi pesan pesan grafis yang menarik untuk konsumen

Brosur adalah selebaran atau cetakan yang berisi keterangan   singkat tetapi lengkap. Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas, disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami konsumen/ target.

Empbalase
Embalase adalah jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk, berfungsi sebagai daya tarik,
pemberitahuan, informasi tentang produk tersebut. (kemasan)

Billboard
adalah jenis reklame yang berisi gambar atau tulisan yang menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan pada atap dinding pertokoan atau instansi tertentu dengan sifat permanen.

Kalender adalah pemberian nama pada periode waktu dalam sebuah sistem yang divisualisasikan pada media cetak atau elektronik. Kalender dalam bentuk media cetak dapat digunakan sebagai reklame dengan memberikan tambahan gambar dan tulisan sebagai reklame visual pada bagian depan atau bagian atas kalender. Berikut ini contoh reklame kalender.

Hal yang harus d perharikan dalam membuat reklame yaitu
Slogan harus jelas dan mudah di mengerti,
Bahasa baik dan menarik serta memiliki ukuran yang sesuai,
Ilustrasi menarik dan mudah di ingat.
Tata letak gambar dan tulisan baik

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah di ingat untuk memberi tahukan sesuatu.

Reklame  dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan medianya
1. reklame audio  : menggunakan media suara atau bunyi
2. reklame visual : menggunakan gambar
3. reklame audio visual  : gabungan dari gambar dan suara

Ciri-ciri reklame :
1. berisi informasi , membujuk atau mengajarkan masyaarkat
2. mengunakan kata -kata yagn menarik agar pembaca berminat dan tertarik
3. terdapat slogan di dalamnya
4. terdapat gambar /ilustrasi untuk membuat reklame lebih menarik
5. tata letak antara tulisan dan gambar terlihat rapi