Sunday, November 17, 2019

Teks Dakwah Cilik Tema adab kepada kedua orang tua mudah di hafal

Bismillahirrahmanirrahim.
Alhamdulillahirabbil `alamin.Washolatuwashalamu `alasrofilanbiyaiwalmursalin.Waalaalihiwashohbihiajmain.Ammaba`du.
Pertama- marilah kita panjatkan puji serta syukur kehadlirat Allah SWT karena dengan rahmat serta hidayahNya kita bisa berkumpul di ruangan yang mulia ini dengan keadaan sehat wal’afiat.Shalawat besertasalam semoga tercurah kan kepada nabi Muhammad SAW tak lupa kepada keluarganya kepada sahabatnya dan kepada kita selaku umatnya.

Hadirin dewan juri yang sayahor mati serta teman-teman yang saya cintai.

Pada kesempatan ini, izinkan saya menyampaian pidato yang berjudul “adab kepada kedua orang tua”
Hadirin dewan juri yang saya hormati serta teman-teman yang saya cintai.
Setiap manusia pasti memiliki keduaorang tua, tidak satupun manusia yang lahir tanpa kedua orang tua. Kita menyadari bahwa kedua orang tua kita sudah bersusah payah siang malam mencurahkan tenaga sertafikirannya untuk memperjuangkan agar anaknya hidup seperti anak-anak yang lain.
Adab kepada orang tua merupakan sesuatu yang kini sudah mulai pudar, banyak anak-anak yang kurang beradab dan tidak memiliki sopan santun kepada orang tua.seperti berkata kasar dan berprilaku tidak sepatutnya.
Dalam surat Al isra al isra 23 Allah berfirman







“ ………jika salah seorang diantara keduanya atau keduanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali – kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.
Bayangkan betapa sakitnya perasaan orang tua yang membesarkan kita dengan kasih saying namun dibalas dengan perilaku kita yang kurang baik. Sudah sepatutnya sebagai anak, harus berbakti kepada orang tua.
Allah berfirman. :




“Dan sembahlah Allah danj anganlah menyekutukanNya dengan sesuatu, dan berbuat baiklah kepada kedua ibu bapak…..” [An-Nisa : 36]


Hadirin sekalian,
Bagaimanakah cara kita berbakti padakedua orang tua?
Banyak yang bisakitalakukan.Antara lain.
1.Hormati kasih sayang yang dicurahkan oleh Bapakdan Ibu
2.Berbicaradenganlemahlembut, jangan membantah perintanya.
3.Menghadiahkan prestasi
4.Mendoakan orang tua.

Marilah kita doakan kedua orang tua kita bersama-sama.



Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

Hadirin yang berbahagia,
Jangan sampai kita menjadi anakdurhaka dan menyakiti hari orang tua kita.Jika orang tua rido, maka allah pun rido.
Semoga kitatermasukanak yang berbakti kepada orang tuadan orang yang beruntung.Amin yarabbalalamin.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah ,
Demikianlah yang bisasaya sampaikan, mudah-mudahan apa yang sudah saya sampaikan bermanfaat dan dapat dilaksanakan, mohon maaf apabila ada salah ucapan yang keluar dari lisan saya, akhir kata saya ucapkan terimakasihatas perhatiannya