Kamu Harus Tahu, ini 6 Manfaat Membaca Buku Bagi Kehidupanmu

Buku adalah jembatan ilmu begitu kata para pepatah. Kamu sekolah dan belajar tentu barang yang wajib ada adalah buku karna segala ilmu pengetahuan ada didalamnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi sekarang ini, keberadaan buku pengetahuan sudah mulai tergantikan dengan adanya teknologi internet.

Ragam manfaat membaca buku


Para guru dan siswa lebih memilih menggunakan internet dengan alasan lebih praktis dan cepat untuk mendapatkan segala informasi atau pengetahuan dibandingkan lewat buku.

Namun, bukan berarti buku sudah tidak berguna lagi. Bagi sebagian orang buku adalah hal atau barang yang penting.

Memang segala kebutuhan informasi lebih cepat di akses dengan internet, tetapi apakah dengan segala kemudahan tersebut ilmu yang kamu dapatkan bisa kamu serap seperti saat membaca buku.

Seseorang yang gemar membaca buku tidak akan terpengaruh terhadap perkembangan teknologi yang pesati ini.

Karna baginya buku adalah sumber pengetahuan dan dengan membaca buku membuatnya lebih gampang menyerap ilmu yang ada didalamnya dibandingkan melalui internet.

Saat membaca buku kamu akan teringat tentang apa yang kamu baca, di halaman berapa, dan juga kata-kata penting yang ada.

Oleh karena itu, salah satu kelebihan dengan kamu membaca buku adalah daya ingat kamu semakin kuat. Mari kita bandingkan saat kamu menggunakan internet.

Saat kamu browsing tentang suatu hal seputar ilmu pengetahuan, kamu pasti akan langsung mendapatkan jawabannya. Dari jawabannya itu sayangnya kamu hanya baca sepintas ketika sudah dapat kamu langsung menyalinnya tanpa memahami isi.

Sehingga saat ada pernyataan atau pertanyaan lagi seputar hal yang kamu cari tadi, kamu akan lupa dan mulai browsing lagi.

Dari sedikit perbandingan diatas, saya ingin membahas apa saja manfaat membaca buku yang sekarang ini kurangnya gerakan dalam membaca buku sehingga buku hampir terlupakan.

Manfaat Membaca Buku

Terdapat 6 manfaat membaca buku, diantaranya yaitu:

1. Menambah pengetahuan


Hal pertama dari manfaat membaca buku sudah pasti yaitu menambah pengetahuan. Perbanyaklah membaca buku apapun itu buku motivasi, buku pelajaran, dan buku lainnya. Dengan begitu semakin banyak buku yang kamu baca, semakin banyak pula ilmu pengetahuan yang kamu dapatkan.

Kamu gabakal rugi kok dengan membaca buku, waktu yang kamu habiskan dalam membaca buku lebih baik dibandingkan saat kamu habiskan hanya untuk bermain-main saja. Sedikit saja pengetahuan yang kamu dapatkan saat membaca buku itu sangat berarti sob.

2. Meningkatkan daya ingat dan focus


Membaca buku membantu kamu dalam meingkatkan daya ingat serta focusmu. Kenapa begitu? Karna setiap kata-kata dari paragaraf lalu berlanjut ke setiap halaman
Bisa kamu ingat apalagi dengan adanya kata-kata yang menurutmu itu sangat penting sudah pasti kata tersebut langsung melekat di kepalamu.

Fokus kamu juga akan terlatih karna saat sedang membaca buku kamu tidak memedulikan keadaan sekitar. Maksudnya dalam keadaan berisik sekalipun kamu dapat focus terhadap bacaan kamu meski agak sedikit mengganggu tapi kamu masih bisa mengontrolnya.

3. Menghilangkan stress


Manfaat lainnya yaitu dapat menghilangkan stress, saat kamu merasa capek dan lelah sehingga menyebabkan stress entah itu saat bekerja ataupun lainnya. Kamu dapat membaca buku dalam keadaan yang tenang.

Membaca buku di tempat yang tenang seperti di lingkungan luar / alam membantu kamu untuk memulihkan kembali tenaga yang hilang yang menyebabkan stress terhadap dirimu.

4. Mengasah kemampuan menulis


Bagi sebagian orang buku tidaklah untuk membaca, namun bisa menjadi tempat untuk mengasah kemampuan menulisnya. Misalnya, saat kamu membaca buku tentang sastra kamu akan terpancing untuk membuat sebuah karya tulisan seperti contoh buku yang kamu baca.

Secara tidak sadar kamu akan mulai menulis yang awalnya hanya menulis per kalimat lalu per paragraf dan berlanjut hingga membuat sebuah karya tulis. Sehingga kemampuan menulis kamu semakin baik.

5. Mengasah kemampuan berpikir


Dengan membaca buku kamu dapat mengasah kemampuan berpikir, kemampuan berpikirmu semakin terasah seperti daya ingatmu yang akan terus meningkat. Kamu dapat berpikir kritis ketika sering membaca banyak buku.

6. Memperbanyak kosakata


Yang terakhir manfaat membaca buku adalah memperbanyak kosakata. Kamu dapat menambah kosakata kamu sebanyak mungkin, dalam membaca buku pasti kamu menemukan kata-kata yang belum kamu pahami. Nah, dari sinilah kosakatamu akan bertambah mulanya bertambah satu sampai nanti bisa ribuan kata.

Referensi : coldeja

Kesimpulan

Demikian, diatas sudah saya uraikan pentingnya atau manfaat membaca buku bagi kehidupanmu. Jangan sampai malas membaca buku ya sob, jika kamu sudah mulai malas atau bahkan tidak lagi membaca buku sama saja dengan kamu hidup serasa mati. Semoga artikel ini bermanfaat ya sob.

0 Response to "Kamu Harus Tahu, ini 6 Manfaat Membaca Buku Bagi Kehidupanmu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel