Sunday, April 12, 2020

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Semester 1 dengan judul subtema"Globalisasi di Sekitarku". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. Untuk memahami materi Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Semester 1.

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi :


1. Produk-produk yang terdapat di sekeliling peta sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

 
2. Produk tersebut diproduksi oleh negara tertentu.

3. Namun, produk tersebut dapat diperoleh di negara lain, misalnya mobil buatan Jepang, yang dapat juga dibeli di negara lain. 

4. Abad ke-21 merupakan abad globalisasi. Berbagai peristiwa dari berbagai belahan dunia dapat kita saksikan langsung.    bhsysr4s  kwsheruq ndgataq mdjIW CAREUDHHhdurn

5. Konversi energi listrik adalah perubahan energi listrik menjadi bentuk energi lain, misalnya: energi listrik menjadi energi gerak.



6. Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. 


7. Pada 2 Oktober 2009, UNESCO memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. 


8. Dalam sejarahnya, pulau Jawa merupakan titik awal perkembangan seni batik di Indonesia. 

9. Bahkan, beberapa tokoh dunia gemar mengenakan pakaian dengan motif batik Indonesia setelah mengenalnya sebagai tanda mata ketika berkunjung ke Indonesia. 

10. Misalnya, mendiang Nelson Mandela, mantan presiden Afrika Selatan, beliau kerap menggunakan batik Indonesia dalam kesehariannya.

11. Contoh batik pekalongan yaitu:


12. Berikut adalah contoh beberapa kemasan batik. 



13. Agar terlihat menarik, sekarang batik dikemas dalam berbagai bentuk. Ada kemasan yang berbentuk balok, silinder, dan kubus. 


14. Dewasa ini kita dapat dengan mudah menemukan berbagai produk dari Jepang, Korea, Cina, Amerika, Jerman, dan berbagai negara lainnya. Begitu pun produk Indonesia juga bisa ditemukan di banyak negara. 

15. Secara sederhana Globalisasi dapat diartikan sebagai proses masuknya ke ruang lingkup dunia (Kamus Besar Bahasa Indonesia 2011).

16. Globalisasi akan berpengaruh pada suatu bangsa, masyarakat, dan individu. 

17. Pengaruh yang ditimbulkan globalisasi, di antaranya: pendidikan, politik, ekonomi, sosial, budaya, serta pertahanan dan keamanan.

Pencarian Terkait

  • rangkuman tema 4 kelas 6 subtema 2
  • materi tema 4 kelas 6 globalisasi
  • rangkuman tema 5 kelas 6
  • materi ipa tema 4 kelas 6
  • rangkuman tema 4 kelas 6 subtema 3
  • rangkuman materi kelas 4 tema 4 subtema 3
  • rangkuman materi tema 5 kelas 6 revisi 2018
  • rangkuman tema 5 kelas 6 revisi 2018