Saturday, April 25, 2020

Kumpulan Soal dan Jawaban SD SMP SMA TVRI Rabu 22 April 2020

Hallo teman – teman semua bertemu lagi dengan admin BangSoal yang akan berbagi soal dan jawaban SD SMP dan SMA Tvri Rabu 22 April 2020. Untuk teman – teman semua yang ketinggalan atau tidak sempat nonton siaran edukasi TVRI, silahkan gunakan artikel yang BangSoal.com buat ini untuk belajar di rumah.

Semua soal SD SMP dan SMA TVRI 22 April 2020 yang akan kita bagikan juga sudah lengkap dengan jawabannya. Jadi, teman - teman semua bisa gunakan soal ini untuk latihan di rumah.

Nah mari kita langsung saja lihat kumpulan soal dan jawaban SD SMP dan SMA TVRI 22 April 2020 berikut ini.

Soal di TVRI kelas 1 2 3 dan Kunci Jawaban Rabu 22 April 2020


Soal ini ditayangkan pada hari Rabu 22 april 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3.

Soal 1: Bagaimana teman yang baik menurutmu?

Jawaban: Saling membantu, tidak menjelek – jelekan, saling menghormati dan berbagi


Soal 2: Bagaimana pendapatmu tentang sikap Wayan terhadap Nisa?

Jawaban: Karana Nisa itu sangat penting untuk muridmu di dunia ini yang turun di kelas ekonomis untuk muridmu di sini Aman di Indonesia dan jangan lupa untuk yg pulang ke rumah



Soal 3: Menurutmu, bagaimana cara membuat puisi?
Buatlah sebuah puisi tentang keindahan alam Indonesia!

Jawaban: Dengan cara berhayal yang menjadikan kata kata, atau dengan cara melihat yang menjadikan kata kata

puisi

Indonesia ku…
Damai lantunan nada terdengar
Ragam budaya
Ragam bahasa
Ragam musik dan tari
Indonesia nan elok memikat kalbu sang maha kuasa
Hijaunya padang rumput
Birunya lautan
Menakdirkan kisah tanpa batas
Ragam budaya..
Menampilkan keanekaragaman suku yang ada
Ragam musik..
Memberikan ciri khas pada setiap daerah
Indonesia ku….
Terima kasih, kami ucapkan pada bumi pertiwi
Yang telah mengisi penuh indahnya Nusantara

Soal di TVRI kelas 4 5 6 dan Kunci Jawaban Rabu 22 April 2020


Soal ini ditayangkan pada hari Rabu 22 april 2020 pukul 10.03 sampai 10.30 adik-adik kelas 4 5 dan 6

Soal 1: Bagaimana cara membudidayakan tanaman buah pala?

Jawaban: Cara membudidayakan tanaman buah pala adalah dengan cara generatif (biji) dan juga dengan vegetatif. Pala merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak dihasilkan di Maluku dan Banda.
Pembahasan
Pertanyaan ini dari tayangan TVRI pada 22 April 2020 tentang sejarah dan budaya Maluku.
Pada segmen 1, video membahas mengenai tanaman pala. Tanaman pala merupakan tanaman asli Indonesia yang berasal dari gugusan Pulau Maluku. Ada 6 varietas unggul pala yang menyebar di seluruh Indonesia. Tanaman pala yang dikembangkan di Maluku sejak zaman penjajahan Belanda dan menjadi komoditas utama yang Maluku.
Cara generatif yan diambil dari biji pohon yang memiliki kualitas yang baik.
Sedangkan vegetatif dengan cara stek dan cangkok dari tanaman yang berkualitas.


Soal 2: Soya-Soya merupakan salah satu tarian yang berasal dari daerah Maluku Utara. Apa yang harus kamu lakukan untuk melestarikan budaya nasional seperti tari Soya- Soya?

Jawaban: Soya-Soya merupakan salah satu tarian yang berasal dari daerah Maluku Utara. Yang harus saya lakukan untuk melestarikan budaya nasional seperti tari Soya-Soya adalah mengerti sejarah tarian, berasal dari mana, dan memahami makna tarian tersebut.


Soal 3: Apa nasihat yang terdapat dalam lagu “Rasa Sayange”? Nyanyikan lagu “Rasa Sayange” di depan ayah bundamu!

Jawaban: Nasihat yang terdapat dalam lagu “Rasa Sayange” adalah hubungan sosial antarmanusia dan rasa sayang terhadap lingkungan. Nasihat pada lagu “Rasa Sayange” terdapat pada bait-bait lagu yang berbentuk pantun yang bersahut-sahutan.

Soal di TVRI SMP dan Kunci Jawaban Rabu 22 April 2020


Soal 1: Apakah keunikan Tari Lenggang Nyai?

Jawaban: Tari lenggang nyai adalah perpaduan unsur budaya cina dan betawi dalam busana yang dikenakan. Dan gerakannya menggambarkan karakter dan cerita dari nyai desimah.



Soal 2: Apakah perbedaan pola lantai tari tradisional dan tari kreasi?

Jawaban: Pola lantai pada tari tradisional.
itu berdasarkan pola yang.
sudah ada.
Sedangkan pada tari kreasi pola.
berdasarkan pola yang sudah.
ada ataupun juga dapat diubah.

Soal 3: Ceritakan sinopsis dari Tari Lenggang Nyai?

Jawaban: Tari Lenggang Nyai adalah salah satu kesenian tari masyarakat Betawi di Jakarta yang terinspirasi dari kisah hidup Nyai Dasimah. Menurut cerita yang beredar, Nyai Dasimah merupakan seorang wanita cantik dari Betawi yang berada dalam kebingungan untuk memilih pendamping hidupnya.


Soal di TVRI SMA dan Kunci Jawaban Rabu 22 April 2020


Soal 1: (i) Dari tayangan tersebut, apakah jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis dan gizi tinggi? (ii) Mengapa ikan-ikan tersebut dianggap memiliki nilai ekonomis tinggi? Tuliskan alasannya!

Jawaban: Jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis dan gizi tinggi adalah kelompok ikan pelangis TTC (Tuna, Tongkol, Cakalang), yaitu
Kelompok ikan Thunnus (ikan tuna mata besar, ikan madidihang, ikan albakora)
Ikan cakalang
Ikan tongkol


Soal 2: Bagaimana cara membudidayakan rumput laut? Kamu bisa bertanya kepada orang tua, guru, petani rumput laut, atau mencari informasi dari sumber lainnya.

Jawaban: Metode Rakit Apung biasanya digunakan pada perairan yang berkarang, sehingga penanamannya menggunakan bambu ataupun kayu.
Metode Lepas Dasar digunakan pada perairan yang berpasir atau berlumpur pasir, agar mudah menancapkan tiang pancang.
Metode Long Line (Tali Gantung)  menggunakan tali panjang 50-150m yang dibentangkan, pada kedua sisi diberi jangkar serta pelampung besar. Setiap 25m diberi pelampung-pelampung.

Soal 3: (i) Dari tayangan tersebut, mengapa keramba jaring apung merupakan cara yang sangat baik untuk budidaya atau domestikasi ikan? (ii) Apa saja kegiatan yang dapat dilakukan di keramba jaring apung? (iii) Ikan apa yang akan kamu pilih jika ingin melakukan budidaya ikan? Berikan alasanmu!

Jawaban: Budidaya ikan keramba jaring apung merupakan salah satu cara budidayapembesaran ikan nila yang efisien dan efektif, model sistem budidaya ini telahterbukti lebih efisien, baik efisien secara teknis ataupunekonomis.Dengan luasan media yang sempit, kita bisa melipat gandakan hasil panen ikantanpa harus menambah biaya yang besar. Pola yang di pakai adalah mengintensifkanpola budidaya ikan tersebut, memang ahirnya akan berdampak pada biaya tingginamun bisa didapatkan keuntungan yang lebih tinggi pula.Jika kita kelola dengan benar, sungai mempunyai potensi yang luar biasa dan dapatmenghasilkan uang dalam jumlah besar.


Itulah dia semua soal dan jawaban SD SMP dan SMA TVRI Rabu 22 April 2020 yang sudah tayang. Silahkan gunakan semua soal – soal ini untuk belajar dari rumah dengan baik.