Monday, May 11, 2020

Kumpulan Soal & Jawaban SD SMP Dan SMA TVRI Jumat 08 Mei 2020

Hallo teman – teman semua kali ini admin akan berbagi soal dan jawaban SD SMP dan SMA Tvri Jumat, 08 Mei 2020. Bagi teman – teman semua yang ketinggalan dan tidak sempat nonton siaran edukasi TVRI, silahkan gunakan artikel yang BangSoal buat ini untuk belajar di rumah.

Semua soal SD SMP dan SMA TVRI 08 Mei 2020 yang akan kita bagikan juga sudah lengkap dengan jawabannya. Jadi, silahkan teman – teman semua cocokan dengan jawaban yang kalian miliki.

Nah tanpa belama – lama lagi, mari kita lihat kumpulan soal dan jawaban SD SMP dan SMA TVRI 08 Mei 2020 berikut ini.

Soal di TVRI kelas 1 2 3 dan Kunci Jawaban Jumat 08 Mei 2020


Soal ini ditayangkan pada hari Jumat 08 Mei 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3.

Soal 1: Apa yang dilakukan Wayan, Chandra, dan Nisa ketika menerima informasi yang belum jelas kebenarannya tentang Martha?

Jawaban: Wayan, Chandra dan Nisa tidak langsung percaya ketika mendengar kabar kalau Martha tidak naik kelas, Jadi mereka mencari tahu terlebih dahulu kebenaran dari berita tersebut dengan menanyakan secara langsung kepada Martha.


Soal 2: Pernahkah kamu membantu temanmu, seperti yang dilakukan Wayan dan Chandra kepada Teteh Dewi? Tuliskan pengalamanmu!

Jawaban: Silahkan adik-adik ceritakan tentang pengalamanmu ketika membantu temanmu baik disekitar rumahmu, ataupun temanmu disekolah yang sedang mendapatkan kesusahan. Bisa juga minta bantuan orangtua dirumah untuk membantu menuliskan pengalamanmu tersebut



Soal 3: Bagaimana pendapatmu tentang berita yang belum jelas kebenarannya?

Jawaban: Jika mendengar suatu berita yang tidak jelas kebenarannya, kita tidak boleh langsung percaya ataupun mudah mempercayainya. Kita harus mencari tahu terlebih dahulu apakah berita tersebut benar ataupun salah, dan kita juga tidak boleh langsung menyebarluaskan berita tersebut sebelum kita tahu kebenaran dari berita tersebut.


Soal di TVRI kelas 4 5 6 dan Kunci Jawaban Jumat 08 Mei 2020


Soal ini ditayangkan pada hari Jumat 08 Mei 2020 pukul 10.03 sampai 10.30 adik-adik kelas 4 5 dan 6

Soal 1: Berapa jumlah dari perkalian semua faktor 12 dan 15?

Jawaban: Jumlah perkalian faktor 12 adalah 3 yaitu = 12×1, 6×2, 3×4
Jumlah dari perkalian faktor 15 adalah 2 yaitu = 5×3, 1×15

Jadi dari hasil Jumlah perkalian faktor 12 dan 15 adalah = Jumlah dari perkalian semua faktor 12 dan 15 adalah 3 + 2 = 5


Soal 2: Wati mempunyai 12 buah jeruk, 16 buah apel, dan 20 buah jambu. Semua makanan tersebut akan dibagikan kepada teman-temannya dengan jumlah sama banyak. Menurut Wati, dengan buah-buahan sebanyak itu, ia bisa membagikannya kepada 5 orang temannya tanpa bersisa. Apakah kamu setuju dengan perkataan Wati? Jelaskan alasanmu!

Jawaban: Tidak setuju dengan perkataan Wati

Jumlah semua buah yang ada = 12+16+20 = 48
Jumlah teman adalah 5 orang, maka hasilnya = 48/5 = 9,6 disini masih ada sisa buah yang dibagikan
Bila setiap jenis buah dibagi ke 5 orang teman =
12/5=2,4 tetap masih ada sisa buah
16/5=3,2 tetap masih ada sisa buah
20/5=4 tetap masih ada sisa buah

Jadi saya tidak setuju dengan perkataan Wati karena meskipun buah dibagi secara total maupun dibagikan per jenis buah yang ada, tetap masih ada sisa nya.


Soal 3: Guru kelas rendah mendapat tugas piket setiap 2 hari, guru kelas tinggi mendapat tugas piket setiap 4 hari, guru olahraga mendapat tugas piket setiap 5 hari. Pada tanggal 18 April 2020, mereka piket bersama. Apakah mungkin mereka akan piket bersama kembali di bulan April 2020? Jelaskan alasanmu!

Jawaban: Tidak. Mereka tidak akan piket bersama lagi dibulan April 2020.

Berikut ini penjelasan dan langkah-langkah dari soal pertanyaan segmen ketiga diatas :
KPK 2, 4, 5
adalah :
KPK 2 = 2
KPK 4 = 2²
KPK 5 = 5
KPK = 2² × 5 = 4 × 5 = 20

Jadi = 18 April + 20 hari = 8 Mei 2020
Dari hasil diatas, mereka tidak akan piket bersama lagi di bulan April 2020, tetapi mereka akan piket bersama kembali di bulan Mei 2020 yaitu tepatnya di tanggal 8 Mei 2020.

Soal di TVRI SMP dan Kunci Jawaban Jumat 08 Mei 2020


Soal 1: Hutan tropis Kalimantan memiliki keragaman hayati yang besar. Setujukah kamu? Berikan pendapatmu!

Jawaban: Ya Setuju, Hutan Kalimantan sangat terkenal akan keberagaman Flora dan Fauna yang semuanya masih terawat dan terjaga sampai saat ini. Bahkan diantara Flora dan Fauna tersebut ada yang sangat langka dan unik serta masuk dalam kategori dilindungi.

Hutan Tropis Kalimatan juga memiliki keberagaman hayati dan menjadi salah satu paru-paru dunia yang memberikan Oksigen keseluruh dunia, hal ini karena pohon-pohon yang mendiami hutan ini cenderung besar dan tinggi

Soal 2: Jika pepohonan dengan diameter besar habis ditebang atau terbakar, apa yang akan terjadi dengan ekosistem di sekelilingnya?

Jawaban: Jika pepohonan dengan diameter besar ditebang dan dibakar maka hutan akan kehilangan kemampuannya untuk menyimpan air hujan. Air hujan yang turun tidak akan bisa diserap dan ditahan oleh akar pepohonan sehingga air hujan tersebut langsung mengalir ke sungai bahkan bisa menyebabkan terjadinya banjir bandang.

Dengan tidak adanya pohon, hutan akan menjadi gundul dan gersang, otomatis hewan juga kehilangan tempat tinggal dan tempat mereka mencari makanan, dan akhirnya Ekosistem yang ada akan menjadi rusak.

Soal 3: Mengapa penduduk banyak yang tinggal di bantaran sungai?

Jawaban:  Banyak penduduk yang tinggal di bantaran sungai karena pada jaman dahulu sungai merupakan sumber kehidupan dan sumber mencari makanan. Sungai pada jaman dahulu juga dimanfaatkan sebagai sarana transportasi yang memudahkan orang untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Sedangkan saat ini Bantaran sungai banyak dijadikan sebagai tempat pemukiman karena harganya yang jauh lebih murah dan lebih cepat untuk membangun pemukiman dibantaran sungai tersebut, sehingga hal inilah yang pada akhirnya saat ini banyak mencemari sungai dengan limbah rumah tangga.


Soal di TVRI SMA dan Kunci Jawaban Jumat 08 Mei 2020


Soal 1: Jelaskan bagaimana cara astronot tetap dapat beraktivitas di luar angkasa!

Jawaban: Supaya astronot tetap bisa beraktivitas di luar angkasa, mereka menggunakan pakaian yang dilengkapi dengan:

1. Pakaian lapis pertama yang dapat menyerap keringat secara merata ke seluruh tubuh dan dilengkapi dengan selang-selang yang berisi cairan pendingin untuk menjaga suhu tubuh astronot agar berada di suhu normal.

Selain itu juga terdapat popok khusus yang memiliki daya serap maksimal serta alat komunikasi.

2. Pakaian lapis kedua yang memiliki tempat minum yang menempel di tubuh dihubungkan dengan sedotan, terdapat tabung oksigen yang dipasang di punggung dan sirkulasi udara.


Soal 2: Tuliskan makna atau arti kata-kata berikut: meteor, atmosfer, bumi,
planet, dan heat shield. Setelah kamu mengetahui artinya, buatlah kalimat dengan
kata-katamu sendiri!

Jawaban:  
1. Meteor adalah benda yang berasal dari langit yang jatuh ke bumi.

Contoh kalimat:

Malam ini puncak hujan meteor eta aquarids menghiasi langit Indonesia.

2. Atmosfer adalah selimut gas yang menyelimuti planet, seperti bumi.

Contoh kalimat:

Roket ini bisa menembus atmosfer dan pergi ke luar angkasa karena di desain untuk misi tertentu.

3. Bumi adalah planet ketiga dari matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya.

Contoh kalimat:

Nabi Adam dan istrinya, Siti Hawa, merupakan manusia pertama yang diturunkan ke bumi.

4. Planet adalah benda Astronomi yang mengorbit sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri.

Contoh kalimat:

Jupiter merupakan planet terbesar di sistem Tata Surya kita.

5. Head shield adalah lapisan khusus untuk melindungi pesawat ulang alik dan kapsul luar angkasa dari panas yang ditimbulkan oleh gesekan kulit pesawat dengan lapisan udara yang ada di lapisan atmosfer, head shield biasanya terdapat di bagian bawah pesawat.

Contoh kalimat:

Agar pesawat ulang-alik tidak meledak saat meninggalkan bumi, maka dipasanglah head shield.


Soal 3: Bagaimana proses matahari bisa bersinar di siang hari dan bulan bersinar di malam hari? Tuliskanlah jawabanmu dengan menggali informasi dari berbagai sumber! Jangan lupa untuk menuliskan pula sumbernya.


Pertanyaan: Proses matahari bisa bersinar di siang hari:

Dikutip dari obengplus.com, revolusi matahari ke barat mengitari bumi setelah keluar dari horizon disebabkan rotasi bumi ke timur, sebuah revolusi berlawanan jarum jam ketika dilihat dari atas Kutub Utara.

Rotasi Bumi ke timur mengakibatkan perubahan siang dan malam, saat sinar matahari mengenai sebagian itulah yang dinamakan siang hari.

Dikutip dari duniaastronomi.com, dalam mengelilingi Matahari, Bumi tidaklah berotasi dengan tegak melainkan sedikit miring sekitar 23,5 derajat.

Kemiringan tersebut menyebabkan tidak seluruh permukaan Bumi mendapatkan panjang siang dan malam yang sama dalam waktu satu tahun.


Itulah dia semua soal dan jawaban SD SMP dan SMA TVRI Jumat 08 Mei 2020 yang sudah tayang. Silahkan gunakan semua soal – soal ini untuk belajar dari rumah dengan baik.