Sunday, May 3, 2020

Kumpulan Soal dan Jawaban SD SMP SMA TVRI Jumat 24 April 2020

Hallo teman – teman semua kali ini admin akan berbagi soal dan jawaban SD SMP dan SMA Tvri 24 April 2020. Bagi teman – teman semua yang ketinggalan dan tidak sempat nonton siaran edukasi TVRI, silahkan gunakan artikel yang BangSoal.com buat ini untuk belajar di rumah.

Semua soal SD SMP dan SMA TVRI 24 April 2020 yang akan kita bagikan juga sudah lengkap dengan jawabannya. Jadi, silahkan teman – teman semua cocokan dengan jawaban yang kalian miliki.

Nah tanpa belama – lama lagi, mari kita lihat kumpulan soal dan jawaban SD SMP dan SMA TVRI 24 April 2020 berikut ini.

Soal di TVRI kelas 1 2 3 dan Kunci Jawaban Jumat 24 April 2020


Soal ini ditayangkan pada hari Jumat 24 april 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3.

Soal 1: Apa Manfaat Menabung?

Jawaban: Kita belajar untuk hidup hemat dan sederhana
Kita dapat memiliki dana cadangan untuk hal kejadian darurat dan tak terduga
Kita dapat belajar mengelola keuangan lebih baik
Kita juga mempersiapkan kebutuhan untuk masa depan kita


Soal 2: Bagaimana cara kamu bisa menabung?

Jawaban: Cara agar kita bisa menabung yaitu dengan menyisihkan sedikit dari uang jajan kita sehari-hari yang diberikan orang tua untuk ditabung. Kita juga bisa meminta dan mengajak orang tua untuk bersama-sama menabung



Soal 3: Kalau uang tabunganmu sudah terkumpul, apa yang akan kamu lakukan?

Jawaban: Hasil tabungan yang terkumpul bisa dipakai untuk keperluan sekolah atau pendidikan, dan digunakan untuk hal-hal yang tidak bersifat konsumtif tetapi hasil tabungan bisa digunakan untuk hal-hal yang bersifat berguna untuk masa depan ataupun jika situasi mendesak bisa digunakan.


Soal di TVRI kelas 4 5 6 dan Kunci Jawaban Jumat 24 April 2020


Soal ini ditayangkan pada hari Jumat 24 april 2020 pukul 10.03 sampai 10.30 adik-adik kelas 4 5 dan 6

Soal 1: Pak Ridwan dapat menyelesaikan 15 pekerjaan dalam waktu 2 hari. Berapa banyak pekerjaan yang dapat ia selesaikan dalam waktu 4 hari?

Jawaban: 15 pekerjaan dalam 2 hari = 15 : 2 = 7,5 Pekerjaan
Jadi dalam waktu 4 hari = 7,5 x 4 = 30 pekerjaan
Pak Ridwan dapat menyelesaikan 30 Pekerjaan dalam waktu 4 hari


Soal 2: Sebuah Miniatur bangunan memiliki tinggi 20 cm. Tinggi sebenarnya bangunan tersebut adalah 200 m. Tentukan skala perbandingan antara tinggi miniatur dan tinggi bangunan sebenarnya?

Jawaban: Tinggi miniatur = 20 cm
Tinggi Sebenarnya adalah = 200 m = 20.000 cm
Skala = tinggi miniatur : tinggi sebenarnya
Skala = 20 cm : 20.000 cm
Skala = 1 : 1.000


Soal 3: Pak Tano harus menyelesaikan pekerjaan keramik di sebuah rumah dengan luas lantai 20 m, jika di lakukan sendiri, ia mampu menyelesaikan pekerjaan itu dalam waktu 5 hari. Jika dilakukan oleh dua orang, berapa hari mereka mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut?

Jawaban: Jika 1 orang = 5 hari
Maka 2 orang = 5 hari dibagi 2 = 2,5 hari
Jadi mereka mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut selama = 2,5 hari saja.

Soal di TVRI SMP dan Kunci Jawaban Jumat 24 April 2020


Soal 1: Menurutmu upaya apa yang dapat dilakukan untuk menjadikan wisata alam sebagai wisata andalan suatu daerah?

Jawaban: Upaya yang dapat dilakukan untuk menjadikan wisata alam menjadi wisata andalan suatu daerah yaitu :

  • Melestarikannya serta menjaga wisata alam yang dimiliki didaerah tersebut
  • Ikut mempromosikan wisata alam itu kemedia sosial dan juga ikut menyebarkan informasi tentang wisata alam itu ke orang lain agar semakin terkenal dan orang berminat untuk mengunjunginya.
  • Ikut bekerjasama dengan warga sekitar wisata alam tersebut untuk ikut serta dalam merawat dan ikut melestarikan wisata alam yang dimiliki daerah tersebut




Soal 2: Jika kamu adalah pemimpin di suatu daerah yang memiliki banyak situs bersejarah. Apakah yang akan kamu lakukan untuk melestarikan situs-situs tersebut?

Jawaban: Yang dilakukan untuk melestarikan situs bersejarah adalah :

  • Membuat Museum untuk tempat merawat dan menjaga benda-benda bersejarah yang ada disitus bersejarah tersebut
  • Memberikan pengetahuan serta membangun kesadaran masyarakat diwilayah situs bersejarah agar mau dan ikut menjaga serta merawat dan melindungi situs bersejarah tersebut
  • Membuat peraturan dan sanksi tegas bagi siapa saja yang merusak ataupun mencuri situs cagar budaya bersejarah tersebut
  • Mempromosikan situs bersejarah tersebut baik secara offline maupun secara online, agar Situs bersejarah tersebut bisa dikenal masyarakat luas dan menjadikan tempat wisata sekaligus tempat belajar sejarah yang ada di situs bersejarah tersebut




Soal di TVRI SMA dan Kunci Jawaban Jumat 24 April 2020


Soal 1: Mengapa UNESCO menetapkan Candi Borobudur sebagai warisan dunia pada 1991?

Jawaban: Pada 1991, UNESCO menetapkan Candi Borobudur sebagai warisan dunia (world heritage).

Candi Borobudur merupakan situs candi Budha yang terbesar di dunia. Menurut Prasasti Karangtengah, Candi Borobudur dibangun pada 824 Masehi oleh Raja Samaratungga ketika masa Wangsa Syailendra.

Ada kriteria yang menjadikan Candi Borobudur sebagai warisan budaya dunia. Pertama, kompleks Candi Borobudur berbentuk piramida tanpa atap.

Di mana terdiri dari 10 teras berlubang dan dimahkotai sebuah kubah besar berbentuk lonceng.

Kedua, Candi Borobudur merupakan contoh seni dengan arsitektur Indonesia dari antara awal abad ke-8 dan akhir abad ke-9.

Bentuk arsitektur dari candi adalah berarsitektur Gupta, yang mencerminkan Candi Borobudur menyerupai puzzle raksasa yang dipahat sedemikian sehingga saling mengunci satu dengan yang lain.

Kemudian, tersusun dari dua juta balok batu vulkanik. Ketiga, Candi Borobudur ditata dalam bentuk lotus, yaitu bunga yang disucikan oleh umat Buddha.

Dinding Candi Borobudur memiliki 2.772 panel relief, 504 patung Buddha dan 72 stupa, serta
satu stupa induk yang meliputi luas 2.500 meter persegi. Pada setiap stupa beisi patung
Buddha yang duduk bersila.

Bentuk bangunan Borobudur berupa punden berundak-undak yang terdiri dari 10 tingkat,
setiap tingkatan konon melambangkan tahapan kehidupan manusia.

Candi Borobudur terletak di atas bukit. Ketika dilihat dari atas candi terlihat jelas
Candi Borobudur dikelilingi dua pasang gunung kembar, yaitu Gunung Sundoro-Sumbing di
sebelah barat laut dan Gunung Merapi-Merbabu di sebelah timur laut.


Soal 2: Bagaimana upaya yang dilakukan agar status Candi Borobudur tetap baik menurut
UNESCO?

Jawaban: sebuah heritage ketika sudah menjadi warisan dunia harus melakukan pemeliharaan-pemeliharaan yang sesuai ketentuan UNESCO.

Pada Candi Borobudur terus dilakukan kegiatan monitoring, seperti monitoring keperawatan
batu, monitoring stabilitas struktur bangunan, lingkungan, atau perilaku pengunjung.

Sehingga dari hasil monitoring itu bisa dilakukan untuk bahan kebijakan selanjutnya.

Karena setiap warisan dunia itu, tiap dua tahun harus melaporkan kepada UNESCO soal
upaya-upaya apa yang dilakukan.

Dari UNESCO juga melakukan monitoring mengenai apa yang kurang dan apa yang harus
dilakukan pengelola.

Maka dengan demikian adanya komunikasi yang baik antara pihak
pengelola dan UNESCO.

Candi Borobudur ketika ditetapkan sebagai warisan dunia bukan hanya bangunan candi. Tapi
juga kawasan, bahkan kawasan tersebut dibagi zona satu, dua, tiga, empat dan lima.

Zona tiga, zona empat dan zona lima adalah wilayah di mana masyarakat hidup dan ruangnya
milik masyarakat.

Namun, banyak masyarakat yang tidak memahami dengan warisan dunia ini
melakukan pembangunan fisik menurut versi masyarakat, seperti tower, pembangunan hotel
yang terlalu tinggi

Itu berdampak pada view disekitar kawasan Candi Borobudur. Maka perlu memberikan
pengertian kepada masyarakat supaya ikut berperan ikut menjaga dari lingkungan yang masih
asli.


Soal 3: Sebagai bangsa Indonesia, apakah kamu bangga dengan Candi Borobudur? Tuliskan
pendapatmu?

Jawaban: Candi Borobudur penuh dengan sejuta keunikan dan keindahanya. Di mana menjadi
daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun internasional untuk mengunjungi tempat
bersejarah ini.

Tidak hanya sebagai tempat wisata, tapi juga masih dipakai untuk ritual upacara keagamaan.

Candi Borobudur bukan saja milik Indonesia, tapi milik dunia. Sehingga penting sekali
berfungsi sebagai jati diri bangsa.



Itulah dia semua soal dan jawaban SD SMP dan SMA TVRI Jumat 24 April 2020 yang sudah tayang. Silahkan gunakan semua soal – soal ini untuk belajar dari rumah dengan baik.