Thursday, June 4, 2020

Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 & Jawaban

Halo adik - adik kelas X semua, bertemu lagi di blog BangSoal dan kali ini kita akan belajar dari contoh soal essay Bahasa Indonesia kelas X semester 2 Kurikulum 2013 (Wajib). Silahkan persiapkan alat tulisnya dan kertas untuk mencatat.



Soal essay Bahasa Indonesia kelas X semester 2 yang kami kumpulkan juga sudah dilengkapi dengan jawaban yang ditaruh di bawah tiap soal. Jadi silahkah adik - adik gunakan kumpulan soal essay Bahasa Indonesia kelas X semester 2 ini untuk belajar di rumah.

Selamat Mengerjakan.

Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Wajib)


1. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mengonstruksi teks negoisasi!
Jawaban:
a. Menentukan tujuan
b. menentukan pihak-pihak yang berkaitan
c. menentukan konflik
d. menentukan solusi dalam penawaran
e. menentukan model kesepakatan

2. Sebutkan berbagai tujuan yang dicapai dari teks negosisasi!
Jawaban:
a. Untuk memperoleh jalan keluar berupa kesepakatan antara pihak-pihak yang berkepentingan
b. Untuk mempersatukan perbedaan pendapat yang ada antara pihak-pihak yang berkepentingan
c. Untuk menghindari kerugian seperti memberatkan salah satu dari pihak-pihak yang berkepentingan.

3. Sebutkan ciri-ciri dari teks negoisasi jika dilihat berdasarkan isinya!
Jawaban:
a. Negoisasi menghasilkan kesepakatan, baik kedua belah pihak saling sepakat ataupun kedua belah pihak sepakat untuk tidak sepakat.
b. Tiap-tipa pihak yang bernegoisasi memperjuangkan kepentingannya masing-masing.
c. Negoisasi merupakan sarana untuk menapai penyelesaian
d. Negoisasi bertujuan praktis, yaitu mencapai kesepakatan yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

4. Jelaskan tentang bagian-bagian dari struktur teks negoisasi!
Jawaban:
a. Pembukaan
Biasanya pembukaan ini berisi pengenalan diri, salam dan sapa yang bertujuan sebagai pengiring topik
b. Isi
Bagian isi teks negoisasi berisi mengenai inti pembahasan. Bagian isi dalam teks negoisasi ini terbagi menjadi dua yaitu penyampaian materi serta tawar-menawar dan penyelesaian masalah. Penyampaian materi isinya terkait pernyataan dan pemberitahuan mengenai masalah. Sedangkan yang disebut dengan tawar-menawar dan penyelesaian masalah adalah bagian yang berisi negoisasi atau proses penyelesaian tujuan yang berbeda hingga tercapai kesepakatan atau perjanjian.
c. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian terakhir dalam teks negosiasi dan biasanya berisi tentang basa-basi yang memiliki arti, seperti ucapan terima kasih dan sebagainya.

5. Bagian isi dalam teks negoisasi terdiri atas penyampaian materi, serta tawar-menawar dan penyelesaian masalah. Jelaskan tentang pernyataan tersebut!
Jawaban: penyampaian materi isinya terkait pernyataan dan pemberitahuan mengenai masalah. Adapun tawar-menawar dan penyelesaian masalah adalah bagian yang berisi negosiasi atau proses penyelesaian tujuan yang berbeda hingga tercapai kesepakatan atau perjanjian.

6. Sebutkan kaidah teks negoisasi yang baik!
Jawaban:
a. Tidak menyajikan lebih dari tiga argumen dalam satu kata.
b. Mulai dengan argumen yang paling kuat dan didukung dengan fakta.
c. Bangun argumen secara logis, rapat, mengikat, dan hati-hati.
d. Jelaskan pandanganmu, buat kesimpulan dari pandangan tersebut, kemudian kamu dapat mengatakan jika kamu tidak setuju dengan mitra negosiasi.
e. Jabarkan kembali pokok bahasan pihak mitra negosiasi untuk menunjukkan bahwa kamu telah mengerti.
f. Minta alasan dari pihak mitra negosiasi (mengapa ya/mengapa tidak).
g. Jangan menyela argumentasi dari pihak mitra negosiasi, dengarkan, dan cari titik lemahnya.

7. Jelaskan tentang bagian orientasi dari teks negoisasi kompleks!
Jawaban: orientasi merupakan struktur yang pertama kali muncul, dan menjadi pembuka dari percakapan sebuah negosiasi. Penggunaan kata dalam bagian ini mengarah pada ucapan basa-basi seperti sapaan, salam dan sebagainya.

8. Jelaskan tentang inti dari teks negoisasi!
Jawaban: inti dari teks negosiasi adalah sebuah komunikasi yang digunakan ketika ada perbedaan kebutuhan/kepentingan yang mengakibatkan sebuah pertentangan. Pertentangan tersebut akan dilerai dan dipecahkan dengan sebuah perundingan (negoisasi), di mana kedua belah pihak dapat merasa diuntungkan.

9. Apa yang dimaksud dengan mengevaluasi teks negoisasi!
Jawaban: mengevaluasi teks negoisasi artinya kegiatan melakukan perbaikan terhadap teks negoisasi yang telah ada. Dengan melakukan evaluasi diharapkan teks negoisasi menjadi lebih baik. Untuk dapat mengevaluasi sebuah teks tentunya diperlukan ketelitian yang tinggi.

10. Apa yang dimaksud dengan teks negoisasi?
Jawaban:
Teks negoisasi adalah sebuah teks yang di dalamnya berisi interaksi sosial antara satu pihak dengan pihak lain yang disebabkan oleh adanya suatu kepentingan yang berbeda atau saling bertentangan dan hal ini mengharuskan adanya sebuah penyelesaian (keputusan) agar dapat tercapai suatu kesepakatan antara kedua belah pihak.

11. Jelaskan berbagai metode yang dapat digunakan dalam kegiatan debat!
Jawaban: ada beberapa metode yang dapat diterapkan dalam debat, yaitu sebagai berikut.
a. Metode logika dapat digunakan jika diperlukan pemahaman dan keterampilan di dalam menggunakan ilmu logika.
b. Metode dialektika dapat digunakan jika diperlukan pemahaman dan keterampilan di dalam bertanya. Kegiatan debat dilakukan dengan menentukan penanya dan penjawab bergantaian.

12. Apa yang dimaksud dengan debat? Jelaskan menggunakan bahasamu sendiri!
Jawaban: debat merupakan kegiatan adu argumentasi dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah atau perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok.

13. Jelaskan perbedaan antar debat antartim dan debat Lincoln-Douglas!
Jawaban:
a. Debat antartim merupakan salah satu bentuk perdebatan yang banyak digunakan. Pada paruh waktu pertama perdebatan, setiap tim memiliki dua segmen untuk menyajikan argumen bagi pihak mereka. Di babak kedua perdebatan, setiap tim memiliki dua segmen untuk membantah argumen dari pihak lawannya dari babak pertama tadi.
b. Perdebatan Lincoln-Douglas merupakan jenis perdebatan yang dibentuk untuk memungkinkan satu pihak menyajikan argumen mereka. Kemudian, tim lain memeriksa silang argumen tersebut. Tim kedua menyajikan argumen mereka dan tim pertama yang akan memeriksa silang argumen tersebut. Akhirnya, setiap tim diberi kesempatan untuk saling memberikan sanggahan terakhir.

14. Jelaskan tentang peraturan dalam debat parlemen!
Jawaban: debat parlementer bukanlah debat kusir atau adu argumen tanpa peraturan, sepeti yagn umum dikenal di Indonesia. Dalam sistem debat parlemen, setiap tim akan dterdiri atas beberapa pembicara (dua pada British, dan tiga pada Asian dan Australasian). Masing-masing tim akan berada di sisi yang berlawanan (Affirmative/Government dan Negative/Opposition) dengan stance-nya masin-masing terhadeap suatu topik yang dikenal dengan sebutan motion (yang berarti pergerakan, karena pada sistem debat parlementer, topik yang dibahas selalu berupa suatu perubahan yang akan diterapkan di dunia global, terutama negara-negara demokratis).

15. Bagaimana cara berdebat dengan benar? Jelaskan menggunakan bahasamu sendiri!
Jawaban: cara debat yang baik atau benar harus dilandasi dengan aturan yang berlaku. Misalnya, tidak ada penghinaan. Menyampaikan kritik dengan pedas adalah sah, tetapi jika sampai menghina pihak lawan (personally), itu tentu tidak dibenarkan. Untuk itu, dalam kegiatan debat sangat diperlukan seorang moderator yang bisa bertindak atau menengahi acara debat tersebut, sehingga dapat mencegah hal-hal buruk atau negatif yang terjadi dalam debat.

16. Sebutkan berbagai alasan yang mendorong seseorang/sekelompok orang untuk melakukan debat!
Jawaban: ada berbagai alasan yang mendorong orang untuk berdebat, antara lain sebagai berikut.
a. Meyakinkan orang lain bahwa opini dia lebih baik
b. Mendengarkan opini orang lain terhadap suatu isu.
c. Menemukan solusi yang terbaik untuk suatu masalah

17. Sebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam menganalisis isi debat!
Jawaban:
a. Menuliskan 5W + 1H yang dibicarakan
b. Menentukan topik pembicaraan dalam debat
c. Menentukan tema debat
d. Menyimpulkan isi debat dengan alasan logis

18. Sebutkan cara-cara untuk menangkap dan menafsirkan topik dalam suatu debat!
Jawaban:
a. Kuasailah topik yang akan diperdebatkan
b. Carilah sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran
c. Kupaslah topik tersebut secara mendalam
d. Tangkaplah penafsiran topik pembicaraan debat dengan cara memahami konsep inti yang dibicarakan.

19. Sebutkan kaidah-kaidah yang harus diperhatikan untuk menyampaikan gagasan dalam debat!
Jawaban:
a. Sampaikanlah gagasan dengan jelas dan dengan argumen yang masuk akal!
b. Gunakan bahasa yang baik dan benar
c. Sesuaikan gagasan dengan topik yang diperdebatkan
d. Gunakan lafal, suara, dan intonasi yang jelas

20. Sebutkan berbagai hal yang dapat dilakukan untuk membuat kesimpulan pada akhir acara debat!
Jawaban:
a. Kumpulkan semua hasil debat
b. Simpulkan dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
c. Kesimpulan harus mewakili seluruh rangkaian debat.
d. Gunakan bahasa yang baik dan benar
e. Buatlah kalimat-kalimat yang bersifat persuasif.

Demikianlah contoh soal essay Bahasa Indonesia kelas X Semester 2 Kutikulum 2013(Wajib) dan jawaban yang sudah kami siapkan. Meskipun hanya berupa contoh soal, tapi adik - adik semua bisa tetap belajar dari soal - soal ini.