Thursday, June 11, 2020

Soal & Jawaban TVRI Jumat 5 Juni 2020 SD SMP dan SMA

Hallo teman – teman semua kali ini admin akan berbagi soal dan jawaban SD SMP dan SMA Tvri Jumat 5 Juni 2020. Bagi teman – teman semua yang ketinggalan dan tidak sempat nonton siaran edukasi TVRI, silahkan gunakan artikel yang BangSoal buat ini untuk belajar di rumah.

Semua soal SD SMP dan SMA TVRI Jumat 5 Juni 2020 yang akan kita bagikan juga sudah lengkap dengan jawabannya. Jadi, silahkan teman – teman semua cocokan dengan jawaban yang kalian miliki.

Nah tanpa belama – lama lagi, mari kita lihat kumpulan soal dan jawaban SD SMP dan SMA TVRI Jumat 5 Juni 2020 berikut ini.

Soal di TVRI kelas 1 2 3 dan Kunci Jawaban Jumat 5 Juni 2020


Soal ini ditayangkan pada hari Jumat 5 Juni 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3.

Soal 1: Apakah kamu setuju dengan ide Nisa untuk menggunakan musik tradisional dalam kegiatan senam? Jelaskan alasanmu!

Jawaban: Saya setuju dengan ide Nisa untuk menggunakan musik tradisional dalam kegiatan senam, selain hal tersebut tidak dilarang dan juga tidak bertentangan, menggunakan musik tradisional dalam kegiatan senam juga baik untuk mengenalkan beragam musik tradisional yang ada di Indonesia kepada generasi muda sekaligus juga ikut melestarikan musik tradisional yang ada di Indonesia agar tidak punah dan dilupakan khususnya oleh generasi muda Indonesia


Soal 2: Tuliskan 5 jenis tari tradisional dan daerah asalnya, selain dari yang telah dicontohkan pada tayangan tadi!

Jawaban:

  • Tari Tradisional Ula-ula Lembing dari Daerah Aceh
  • Tari Tradisional Sepen dari Daerah Bangka Belitung
  • Tari Tradisional Tandak Sambas dari Daerah Kalimantan Barat
  • Tari Tradisional Gantar dari Daerah Kalimantan Timur
  • Tari Tradisional Tanggal dari Daerah Sumatera Selatan


Soal 3: Kelompok Nisa berhasil tampil dengan baik, namun tidak berhasil dapat nilai A.

  1. Jelaskan mengapa mereka bisa tampil dengan baik? 
  2. Jelaskan pula mengapa mereka tidak dapat nilai A?


Jawaban:
1. Kelompok Nisa bisa berhasil tampil dengan baik karena kelompok Nisa tampil dengan sangat kompak dan penuh semangat dalam senam. Disamping itu juga kelompok Nisa memilih lagu yang tepat untuk digunakan dalam mengiringi Senam yang mereka lakukan.

2. Kelompok Nisa tidak berhasil mendapat nilai A karena ada beberapa kesalahan dalam gerakan Senam yang mereka lakukan. Kesalahan gerakan senam yang mereka lakukan diantaranya Chandra yang harusnya memutar tetapi dia malah melakukan gerakan loncat-loncat, begitu juga Wayan yang seharusnya bergerak ke kiri tetapi Wayan malah bergerak ke kanan.

Soal di TVRI kelas 4 5 6 dan Kunci Jawaban Jumat 5 Juni 2020


Soal ini ditayangkan pada hari Jumat 5 Juni 2020 pukul 10.03 sampai 10.30 adik-adik kelas 4 5 dan 6

Soal 1: Berikut merupakan data jumlah pasien yang hadir di Puskesmas selama satu minggu: Senin 35 orang; Selasa 20 orang; Rabu 22 orang; Kamis 15 orang; Jumat 35 orang; dan Sabtu 15 orang. Berapa perbandingan jumlah peserta sebelum hari Rabu dan setelah hari Kamis? Buatlah tabel data dan penjelasannya!

Jawaban:
HariJumlah Pasien Hadir
Senin35 orang
Selasa20 orang
Rabu22 orang
Kamis15 orang
Jumat35 orang
Sabtu15 orang

dari tabel diatas diketahui :
Jumlah pasien sebelum hari Rabu = Pasien hari Senin + Pasien hari Selasa = 35 + 20 = 55 orang
Jumlah pasien setelah hari Kamis = Pasien hari Jumat + Pasien hari Sabtu = 35 + 15 = 50 orang

maka perbandingan jumlah pasien sebelum hari Rabu dan setelah hari Kamis adalah 55 : 50 atau 11 : 10

Soal 2: Berikut merupakan data hasil panen Pak Seto dari bulan Januari sampai Mei: Januari 30 kg; Februari 25 kg; Maret 45 kg; April 50 kg. Jika jumlah keseluruhan hasil panen padi Pak Seto adalah 185 kg, berapa hasil panen padi pada bulan Mei? Buatlah dalam bentuk diagram batang!

Jawaban:
BulanJumlah Panen
Januari 30 kg
Februari 25 kg
Maret 45 kg
April 50 kg
dari tabel diatas diketahui :
Jumlah keseluruhan hasil panen Pak Seto = 185 kg
Panen selama Januari – April = 30 + 25 + 45 + 50 = 150 kg
Panen bulan Mei = 185 – 150 = 35 kg

Jadi, hasil panen bulan Mei adalah 35 kg


Soal 3: Diagram batang hasil panen pak Seto dari bulan Januari sampai Mei


Berikut merupakan data minat dari 180 siswa terhadap empat ekstrakurikuler di sekolah: Seni Suara 90°; Seni Tari 60°; 35 siswa menyukai Karate; dan sisanya suka Pencak Silat, Seorang siswa mengatakan ekstrakurikuler yang paling banyak peminatnya adalah Seni Suara. Apakah kamu setuju? Jelaskan dan buat diagram lingkarannya!

Jawaban: Diketahui
Jumlah siswa yang menyukai Seni Suara = 90° = 90/360 x 180 = 45 siswa
Jumlah siswa yang menyukai Seni Tari = 60° = 60/360 x 180 = 30 siswa

Jumlah siswa yang menyukai Karate = 35 siswa = 70°
Jumlah siswa yang menyukai Pencak Silat = 180 – (45 + 30 + 35) = 70 siswa = 140°

Jadi TIDAK SETUJU dengan pernyatan siswa yang mengatakan ekstrakurikuler yang paling banyak peminatnya adalah Seni Suara. Karena ekstrakurikuler yang paling banyak peminatnya adalah PENCAK SILAT dengan total peminatnya = 70 Siswa

Diagram Lingkaran ekstrakurikuler yang paling banyak peminatnya



Soal di TVRI SMP dan Kunci Jawaban Jumat 5 Juni 2020


Soal 1: Dari tayangan tadi, ada kata-kata menarik, “Perubahan besar harus dimulai dan alam akan memberi apa yang kau butuhkan.” Bagaimana kamu memaknai kalimat tersebut berdasarkan kondisi lingkungan di sekitarmu?

Jawaban:
Makna dari kalimat “Perubahan besar harus dimulai dan alam akan memberi apa yang kau butuhkan” yaitu bahwa untuk mendapatkan perubahan yang besar dari lingkungan kita, maka kita sebagai manusia harus mulai melakukan perubahan di lingkup yang terkecil terlebih dahulu dalam upaya kita untuk menjaga kelestarian alam Indonesia. Contoh yang bisa kita lakukan diantaranya ketika kita menjaga kelestarian hutan, maka cadangan air tanah menjadi lebih melimpah. Hal seperti inilah yang dimaksudkan dengan alam memberi apa yang kamu butuhkan.



Soal 2: Ternyata ada cara bertani di lahan gambut tanpa melakukan pembakaran. Berdasarkan tayangan tersebut, bagaimana caramu menyadarkan masyarakat agar menerapkan teknik bertani tanpa melakukan pembakaran lahan tersebut?

Jawaban:
Untuk bisa menyadarkan masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan untuk bertani di lahan gambut yaitu bisa dimulai dari diri sendiri dan keluarga dengan melakukan bercocok tanam tanpa membakar lahan dan hal ini juga bisa menguntungkan. Dengan melakukan hal ini terhadap diri sendiri dan keluarga, pada akhirnya masyarakat akan terbuka dan melihat bahwa contoh nyata bercocok tanam dilahan gambut tanpa melakukan pembakaran lahan juga bisa dilakukan, upaya lainnya yaitu dengan sosialisasi dan kampanye bahwa melakukan pembakaran lahan hanya akan memperburuk lahan gambut itu sendiri.

Soal 3: Sebutkan tiga aktivitas manusia yang berpotensi mengurangi pemanasan global! Dan berikan alasan atau bukti pendukung yang dapat memperkuat pendapatmu.

Jawaban: 

  • Melakukan penanaman pohon dan melindungi pepohonan dari penebangan liar karena pohon bisa menyerap gas buang dari kendaraan dan memberikan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Semakin banyak pohon yang tumbuh subur maka bisa mengurangi efek pemanasan global
  • Menggunakan kendaraan seperlunya saja untuk mengurangi gas buang kendaraan yang berbahaya bagi bumi sehingga kita ikut mengurangi kadar karbon yang dihasilkan oleh kendaraan tersebut.
  • Hemat dalam menggunakan listrik karena sebagian listrik yang dihasilkan masih bersumber dari pembakaran batu bara yang bisa mencemari lingkungan dan udara. Oleh karena itu perlu kita untuk menghemat penggunaan listrik.


Soal di TVRI SMA dan Kunci Jawaban Jumat 5 Juni 2020


Soal 1: Ceritakan persiapan yang sudah dilakukan untuk menghadapi UTBK! Jika tidak akan menghadapi UTBK, ceritakan persiapanmu kalau hendak ujian!

Jawaban: Contoh persiapan yang bisa dilakukan untuk menghadapi UTBK:


  • Mempelajari kembali materi-materi yang telah didapat.
  • Membuat jadwal belajar.
  • Kerjakan soal UTBK tahun lalu.


Contoh persiapan saat akan ujian:


  • Membuat jadwal belajar yang efektif.
  • Menjaga kesehatan dengan beristirahat cukup.
  • Persiapkan segala keperluan ujian.


Siswa bisa memberikan pendapatnya masing-masing.

Soal 2: Temukan contoh-contoh soal model penalaran umum. Berlatihlah agar memudahkan kamu menjawab soal seperti model tersebut.

Menurut pendapat kamu soal penalaran yang bagaimana yang sulit dikerjakan? Diskusikan bersama teman atau saudaramu.

Jawaban:  Contoh soal penalaran umum:

Harus diakui bahwa konsumsi BBM Indonesia memang problematik. Konsumsi BBM kita sudah melebihi produksi BBM dalam negeri, sehingga untuk menutup selisih antara konsumsi dan produksi, kita harus mengimpor BBM dari luar. Kita bisa lihat ini dalam data-data mengenai produksi, konsumsi, dan impor BBM Indonesia. Artinya, kita memang perlu mendisiplinkan konsumsi BBM Indonesia. Celakanya, pemerintah mengajukan solusi yang keliru. Kenaikan harga BBM bukan hanya tidak mengurangi konsumsi BBM, tapi juga menyengsarakan kita sebagai rakyat. Dengan kata lain, kenaikan harga BBM tidak hanya tidak menyelesaikan masalah, tapi juga telah menimbulkan malapetaka.

Apa simpulan keseluruhan isi tabel dalam teks tersebut?
Jawabannnya adalah konsumsi BBM selalu lebih tinggi daripada produksi sehingga dilakukan impor.


Soal 3: Carilah teks bacaan soal. Tentukanlah kalimat utama dan gagasan utamanya.

Berdiskusilah dengan teman untuk menentukan kebenaran jawaban kamu atau dapat melihat dari pembahasan soal yang ada di buku soalmu.

Jawaban: 
Trusmi merupakan desa yang dijuluki sebagai sentra batik Cirebonan. Hampir semua orang mengenal batik, bahkan masyarakat Tiongkok sangat menyukai motif-motif batik dari desa yang satu ini. Batik banyak sekali ditemukan di desa yang berjarak kurang lebih lima kilometer ke arah barat Kota Cirebon ini. Dari produk rumahan sampai produk pabrikan terkenal dapat ditemukan di desa tersebut. Motifnya pun sangat beragam, ada mahkota, mega mendung, dan motif-motif pesisiran lainnya.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah:

Trusmi merupakan desa yang dijuluki sebagai sentra batik Cirebonan. Masyarakat dari berbagai daerah banyak yang menyukai berbagai motif dari desa ini.

Gagasan utama pada paragram tersebut adalah Trusmi sebagai sentra batik Cirebon.

Soal 4: Datalah soal-soal dari ujian matematika atau TPS kuantitatif dari tahun-tahun sebelumnya.

Model soal yang bagaimana yang selalu ada setiap tahunnya? Pahamilah model soal tersebut dan diskusikan bersama teman atau keluarga!

Jawaban: Siswa silakan mencari sendiri dalam soal-soal tahun sebelumnya, kemudian pahami model soalnya.

Itulah dia semua soal dan jawaban SD SMP dan SMA TVRI Jumat 5 Juni 2020 yang sudah tayang. Silahkan gunakan semua soal – soal ini untuk belajar dari rumah dengan baik.