Monday, June 8, 2020

Soal & Jawaban TVRI Selasa 2 Juni 2020 SD SMP SMA

Hallo teman – teman semua kali ini admin akan berbagi soal dan jawaban SD SMP dan SMA Tvri 2 Juni 2020. Bagi teman – teman semua yang ketinggalan dan tidak sempat nonton siaran edukasi TVRI, silahkan gunakan artikel yang BangSoal buat ini untuk belajar di rumah.

Semua soal SD SMP dan SMA TVRI 2 Juni 2020 yang akan kita bagikan juga sudah lengkap dengan jawabannya. Jadi, silahkan teman – teman semua cocokan dengan jawaban yang kalian miliki.

Nah tanpa belama – lama lagi, mari kita lihat kumpulan soal dan jawaban SD SMP dan SMA TVRI 2 Juni 2020 berikut ini.

Soal di TVRI kelas 1 2 3 dan Kunci Jawaban Selasa 2 Juni 2020


Soal ini ditayangkan pada hari Selasa 2 Juni 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3.

Soal 1: Selesaikan soal pengurangan berikut ini dengan menggunakan nilai tempat!
67 = ….. Puluhan + ….. Satuan
24 = ….. Puluhan + ….. Satuan
_____________________ –
…. = ….. Puluhan + ….. Satuan

Jawaban: 67 = 60 Puluhan + 7 Satuan
24 = 20 Puluhan + 4 Satuan
___________________ –
43 = 40 Puluhan + 3 Satuan


Soal 2: Selesaikan pengurangan berikut!
435 = ….. Ratusan + ….. Puluhan + ….. Satuan
232 = ….. Ratusan + ….. Puluhan + ….. Satuan
___ – ___________________________

Jawaban: 435 = 400 Ratusan + 30 Puluhan + 5 Satuan
232 = 200 Ratusan + 30 Puluhan + 2 Satuan
___ – ___________________________
203 = 200 Ratusan + 0 Puluhan + 3 Satuan


Soal 3: Tentukan hasil pengurangan berikut ini!
482
175
___ –
324
265
___ –

Jawaban:
482
175
___ –
307
324
265
___ –
59

Soal di TVRI kelas 4 5 6 dan Kunci Jawaban Selasa 2 Juni 2020


Soal ini ditayangkan pada hari Selasa 2 Juni 2020 pukul 10.03 sampai 10.30 adik-adik kelas 4 5 dan 6

Soal 1: Jelaskan manfaat siklus air bagi kehidupan di bumi!

Jawaban: Manfaat Siklus Air Bagi Kehidupan di bumi di antaranya:

  • Siklus air bagi kehidupan dapat mengairi sawah dan menyuburkan tanaman
  • Siklus air digunakan untuk kebutuhan makhluk hidup yaitu minum, makan, kebutuhan mandi dan mencuci
  • Siklus air membawa kembali air dari laut ke daratan melalui awan dan menjadi hujan
  • Siklus air juga membantu ketersediaan air dibumi
  • Siklus air yang terjadi dengan menyaring air kotor yang ada dibumi, masuk ke dalam tanah dan kembali menjadi bersih
  • Siklus air melalui proses erosi dan sedimentasi dapat membantu pembetukan fitur geologi bumi


Soal 2: Apa saja kegiatan manusia yang berdampak positif dan yang berdampak negatif terhadap kelestarian air?

Jawaban:
Kegiatan manusia yang berdampak positif terhadap kelestarian air yaitu :

  • Dengan menjaga alam melalui reboisasi penanaman kembali hutan dan wilayah yang gundul
  • Menjaga dari erosi dengan membuat daerah resapan air ataupun terasering


Kegiatan manusia yang berdampak negatif terhadap kelestarian air yaitu :

  • Dengan adanya penebangan pohon dan penggundulan hutan yang berlebihan yang bisa mengakibatkan banjir karena tidak adanya tumbuhan penahan air saat hujan
  • Melakukan pencemaran air laut dengan menyalurkan limbah pabrik, limbah rumah tangga, maupun membuang plastik dan minyak yang dapat menyebabkan kerusakan ekosistem air laut
  • Siklus air melalui proses erosi dan sedimentasi dapat membantu pembetukan fitur geologi bumi


Soal 3: Pada eksperimen pembuatan miniatur siklus air, apa yang terjadi ketika es batu diletakkan di atas plastik wadah berisi air?

Jawaban: Yang terjadi ketika es batu diletakkan di atas plastik wadah berisi air yaitu terjadinya proses penguapan baik proses evaporasi, proses transpirasi, maupun proses sublimasi. Tahap berikutnya menjadi butiran air didalam penutup plastik dan hal ini disebut dengan kondensasi, kemudian air berkumpul didalam satu tempat lalu jatuh sebagai butiran air inilah proses hujan yang disebut juga presipitasi. Kemudian butiran air jatuh kebawah pemberat mangkok kecil yang terjadinya proses limpasan, jika air masuk ke dalam celah tanah maka proses ini dinamakan infiltrasi.

Soal di TVRI SMP dan Kunci Jawaban Selasa 2 Juni 2020


Soal 1: Perhatikan gambar berikut!


  1. Sebutkan sifat–sifat dari layang–layang pada gambar tersebut!
  2.  Sarif ingin membuat layang-layang seperti gambar dengan panjang AC = 16 cm dan BO : OD = 5 : 2. Ia menginginkan luas layang-layang adalah 168 cm2. Ia mengatakan bahwa ia membutuhkan panjang benang 27 cm untuk membuat keliling layang-layang tersebut. Benarkah itu? Berikan alasanmu!


Jawaban:
1. Sifat-sifat dari layang-layang pada gambar tersebut adalah :

  • Layang-layang memiliki 2 pasang sisi yang sama panjang yaitu AD = DC dan AB = BC
  • Layang-layang pada gambar tersebut kedua diagonalnya saling tegak lurus dan membagi salah satu diagonalnya menjadi 2 sama panjang
  • Layang-layang tersebut juga mempunyai satu simetri lipat
  • Layang-layang tersebut juga dapat menempati bingkainya dengan 2 cara

2. Diketahui sebagai berikut :


d1 (diagonal 1) = AC = 16 cm
Panjang AO = OC = 16 : 2 = 8 cm
Luas layang-layang = 168 cm2
Luas = (d1 x d2) : 2
168 = (16 x d2) : 2
336 = 16d2
d2 = BD = 21 cm
Panjang BO = 5/7 x 21 = 15 cm
Panjang OD = 2/7 x 21 = 6 cm

Mencari sisi layang-layang menggunakan rumus phytagoras.
Sisi AD = DC
A² + B² = C²
AO² + OD² = AD²
8² + 6² = AD²
64 + 36 = AD²
AD² = 100
Panjang AD = 10 cm
Sisi AB = BC
AO² + BO² = AB²
8² + 15² = AB²
64 + 225 = AB²
AB² = 289
Panjang AB = 17 cm

Menghitung keliling layang-layang Sarif
= AB + BC + CD + DA
= 17 + 17 + 10 + 10
= 54 cm

Jadi, pernyataan Sarif salah, karena dibutuhkan 54 cm benang untuk mengelilingi layang-layang yang akan dibuatnya.


Soal 2: Sebuah taman berbentuk trapesium seperti pada gambar. Taman tersebut dikelilingi jalan dengan panjang jalan AD = 15 m, BC = 20 m, dan CD = 18m. Jarak titik D ke E adalah 12 m


  1. Pengelola taman menanam pohon bunga Tabebuya di sepanjang jalan AB dan diberi nama Jalan Pesona. Berapa panjang Jalan Pesona itu?
  2. Tahun lalu, pengelola taman menyelenggarakan lomba lari mengelilingi taman sebanyak 5 kali. Ia mengatakan bahwa peserta lomba menempuh jarak 480 meter. Benarkah itu? Berikan alasanmu!
  3. Seorang pemandu wisata mengatakan bahwa luas taman itu adalah 732 m2. Apakah kamu setuju dengan pendapat pemandu wisata itu? Berikan alasanmu!


Jawaban:
1.  Berapa panjang Jalan Pesona itu?
Diketahui :

Panjang AD = 15 cm
Panjang BC = 20 cm
Panjang CD = EF = 18 cm
Panjang DE = 12

Cari panjang AE dan BF menggunakan rumus Phytagoras
AD² = AE² + DE²
15² = AE² + 12²
AE² = 225 – 144
AE² = 81
Jadi Panjang AE = 9 m
Panjang CF = DE = 12

Menghitung panjang BF
BC² = CF² + BF²
20² = 12² + BF²
BF² = 20² – 12²
BF² = 400 – 144
BF² = 256
Jadi Panjang BF = 16 m
Panjang AB = AE + EF + BF
Panjang AB = 9 + 18 + 16
Jadi Panjang AB = 43 m

Jadi panjang Jalan Pesona adalah 43 m

2. Benarkah peserta lomba menempuh jarak 480 meter? Berikan Alasanmu!
Menghitung keliling taman
= AB + BC + CD + DA
= 43 + 20 + 18 + 15
= 96 m
Lomba lari 5 kali putaran = 5 x 96 = 480 meter.

Jawaban Pengelola taman benar bahwa para peserta lomba akan menempuh jarak 480 meter

3. Apakah kamu setuju dengan pendapat pemandu wisata itu bahwa luas taman itu adalah 732 m2? Berikan alasanmu!
Menghitung Luas taman
= (jumlah sisi sejajar : 2) x tinggi
= {(43 + 18) : 2} x 12
= (61 : 2) x 12
= 366 m2

Jadi pernyataan pengelola taman tersebut salah, karena luas taman adalah 366 m2

Soal di TVRI SMA dan Kunci Jawaban Selasa 2 Juni 2020


Soal 1: Tentukan himpunan penyelesaian berikut!
jawaban soal sma tvri 2 juni 2020


Jawaban: -


Soal 2: Suatu perusahaan menawarkan sebuah program investasi. Perusahaan menyatakan bahwa pertumbuhan besar investasi pada program tersebut mengikuti suatu persamaan eksponensial Mt = P + (P x 2 t-13) dengan P menyatakan besar investasi awal dan t menyatakan periode waktu investasi. Satu periode waktu investasi adalah 1 bulan.

Seseorang tertarik mengikuti program investasi tersebut dengan menginvestasikan uangnya sebesar Rp 32.000.000,00. Orang tersebut berharap dalam 9 bulan, nominal uang yang telah diinvestasikan berkembang menjadi Rp 36.000.000,00. Apakah harapan orang tersebut mungkin 3 terwujud? Jelaskan jawabanmu!


Jawaban:  -


Soal 3: Diketahui X1 dan X2 merupakan penyelesaian persamaan :

5x2 + 7x + 10 = 7x2 + 7x + 10 dan X1 > X2

Hitung nilai 2X1 – X2

Jawaban: -

Itulah dia semua soal dan jawaban SD SMP dan SMA TVRI 2 Juni 2020 yang sudah tayang. Silahkan gunakan semua soal – soal ini untuk belajar dari rumah dengan baik. Untuk jawaban soal - soal SMA, kami akan segera update lagi dalam waktu dekat.