Thursday, July 16, 2020

Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Menjelajah Angkasa Luar

Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Menjelajah Angkasa Luar Semester 2/Semester Genap dengan judul subtema "Benda Angkasa Luar dan Rahasianya". Soal Bangsoal buat dengan mengacu kepada buku kurikulum 2013. Buku yang digunakan adalah buku yang ditulis kementrian pendidikan nasional. Soal ini merupakan kelanjutan dari postingan kami sebelumnya yang jika bapak dan ibu membutuhkan bisa di unduh dibawah ini.

Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Menjelajah Angkasa Luar harap bisa membantu para guru orang tua dan para siswa untuk bahan belajar sebelum menjalani ulangan harian sebenarnya di sekolah. Soal Tematik Kelas 6 tema 9 Subtema 2 Menjelajah Angkasa Luar sangat kami rekomendasikan karena di susun dari buku K.13 yang dikeluarkan oleh kementrian pendidikan nasional sehingga soal sangat relvan digunakan.


Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Menjelajah Angkasa Luar

Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Menjelajah Angkasa Luar


A. Pilihlah jawaban dengan menyilang a, b, c atau d!
Benda langit yang termasuk bintang adalah...
a. bumi
b. bulan 
c. matahari
d. komet

Pernyataan yang benar tentang benda langit adalah...
a. bulan adalah bintang yang terdekat dengan bumi
b. nama lain bintang jatuh adalah meteor
c. satelit alam Bumi berjumlah banyak
d. teleskop merupakan sempat berbentuk kubah untuk menyimulasikan keadaan langit yang sebenarnya

Informasi yang dikirim oleh satelit buatan akan diterima oleh...
a. antena
b. stasiun bumi
c. stasiun pemancar
d. satelit bumi

Bulan selalu memperlihatkan sisi yang sama pada bumi karena...
a. bulan tidak bergerak
b. revolusi bulan berbentuk elips
c. rotasi bulan berada sama dengan rotasi bumi
d. rotasi bulan sama dengan revolusinya

Meteroid merupakan benda langit pecahan...
a. galaksi
b. alam semesta
c. rasi bintang
d. asteroid

Perhatikan teks berikut ini!
    Sudah berhari-hari ini Riana menghabiskan waktu setelah belajar di jendela loteng yang besar itu. Memang ruangan yang nyaman sekali, dihias seperti kamar tidur. Hanya satu yang ia tunggu, yaitu bintang jatuh. Biasanya, ia akan duduk di sana sampai pukul sembilan malam, lalu tidur di kamar. Namun, karena ini hari sabtu, ia memutuskan untuk ada di sana lebih lama.
    "Rin, yuk, turun, kita nonton di bawah," terdengar suara Oma dari pintu loteng.
"Sebentar lagi Riana turun, ya, Nek. Masih mau disini dulu," jawab Riana.
     Satu jam...dua jam..tiga jam... Tak satupun ada bintang jatuh, bahkan sampai Riana tertidur dan bermimpi. Di dalam mimpi Riana...
     Ia duduk di suatu perbukitan saat ia melihat ke atas, ada bintang yang bertaburan. Saat ia melihat ke bawah ada lampu-lampu kota yang juga mirip bintang . Di sekitar bukit itu ada banyak sekali orang-orang yang duduk dan menikmati keindahan bintang-bintang. Semuanya kompak tak bersuara keras, hanya tersenyum dan berbisik jika diperlukan.

Tokoh tambahan pada teks di atas adalah...
a. Riana
b. Oma
c. Ibu
d. Ayah

Perhatikan teks berikut ini!
    Saat ini Rudi dan teman-temannya sedang gemar mengamati benda langit. Hampir setiap malam yang cerah, Rudi keluar rumah sambil membawa peta langit. Malam Minggu ini, Bayu dan Amir menginap di rumah Rudi. Tiga sahabat ini akan mengamati langit di halaman rumah.
    "Asyik, malam ini cerah. Ayo, kita mengamati langit!" ajak bayu sambil membawa peta langit.
"Kalian mau kemana, sih?" tanya Runi ingin tahu.
    "Mau mengamati langit," jawab Rudi sambil lalu, ketiga sahabat itu kemudian berjalan keluar, meninggalkan Runi yang kebingungan.
"Rudi mana. Run?" tanya Datuk.
"Katanya mau melihat langit," jawab runi sambil cemberut.
    Melihat wajah Runi yang cemberut, Datuk bertanya," Kamu kenapa?"
"Mereka tidak mengajakku," ujar Runi sambil menunduk.

Latar dari cerita pada teks di atas adalah...
a. langit
b. rumah
c. lapangan
d. sepeda

Perhatikan teks dibawah ini!
    "Aldo sudah jam berapa ini?"
    "Nggak tahu, Ma. Coba lihat saja jam di dinding."
    "Aldo!" Mama dengan suara tinggi, "maksud mama, kamu sudah terlalu lama bermain game sampai lupa waktu."
"Hmm...," gumam Aldo sambil terus berma game.
"Matikan game-nya!" perintah Mama, "sekarang sudah sore, cepat mandi!"
"Hmm...nanti dulu, Ma. Sebentar lagi aku menang, nih," kata Aldo.
     Mama menghela napas. Aldo sudah bermain game sejak selesai makan siang tadi. Itu artinya Aldo sudah bermain game selama empat jam. Mama menghampiri Aldo, lalu mengambil teblet dari tangan Aldo.
    "Yah, Ma..." keluh Aldo.

Watak dari Aldo dalam teks di atas adalah...
a. jujur
b. pemalas
c. hebat
d. periang

Sikap buruk Aldo berdasarkan cerita pada soal nomor 8 yang harus diperbaiki adalah...
a. peduli terhadap lingkungan di sekitarnya
b. rasa ingin tahu terhadap level game yang dimainkannya
c. gemar membaca komik tentang game
d. suka main game tanpa memperhatikan waktu

Perhatikan teks berikut ini.
      "Apa saja yang membuat kamu bingung?" tanyakan lagi.
"Ya, biasanya, sih, orang dewasa yang membuat aku bingung," jawab Arter. Hmm, ternyata yang menyebabkan aku dan Arter bingung adalah orang dewasa. Merekalah penyebab kebingungan.
      "Hei!! Tiba-tiba aku tahu apa cita-citaku! Kalau sudah besar, aku ingin jadi ... Aku ingin jadi orang dewasa yang bijaksana. Orang dewasa yang tidak aneh. Orang dewasa yang tidak membuat anak-anak bingung," kata David.
"Aku tidak peduli...jadi arsitek, dokter, tentara atau kapten kapal...Semuanya sama hebatnya. Yang penting aku bijaksana, tidak aneh dan tidak membuat anak-anak bingung," lanjut David.
      "Yah... itulah cita-citaku! Ah, lega aku sekarang," kata David dalam hati.

Inti dari cerita di atas adalah...
a. David ingin menjadi orang dewasa 
b. cita-cita David
c. cita-cita David berubah-ubah
d. David bingung dalam menentukan cita-citanya

Upacara Naik Dango merupakan upacara adat daerah...
a. Kalimantan
b. Sulawesi
c. Sumatra
d. Papua

Bentuk persatuan ditunjukkan dalam upacara Naik Dango Upacara tersebut ditandai dengan menyimpan seikat padi yang baru selesai dipanen dalam dango oleh...
a. setiap kepala keluarga Dayak yang bertani 
b. setiap pemuda dan pemudi dalam masyarakat Dayak
c. seorang kepala adat dalam masyarakat Dayak
d. seorang kepala daerah dalam masyarakat Dayak

Untuk mencari solusi dalam menghadapi masalah yang menyangkut kepentingan bersama sebaiknya kalian melakukan...
a. mufakat
b. musyawarah
c. persatuan
d. kesatuan

Contoh musyawarah yang dilakukan di sekolah adalah...
a. musyawarah untuk membangun poskamling
b. musyawarah untuk membersihkan selokan
c. musyawarah untuk pemilihan kepala daerah
d. musyawarah untuk memilih ketua OSIS

Setiap peserta musyawarah mempunyai hak yang sama dalam menyampaikan...
a. hadiah
b. salam
c. bonus
d. pendapat

Teknologi informasi berikut dipengaruhi oleh globalisasi, kecuali...
a. kentongan
b. televisi
c. radio
d. satelit

Modernisasi dapat memengaruhi cara berkomunikasi antarmasyarakat, contohnya berkomunikasi...
a. secara langsung
b. lewat suara
c. lewat telepon
d. dengan isyarat

Modernisasi dapat menyebabkan seseorang menjadi bersifat individualis, yaitu...
a. tidak punya kepentingan
b. mementingkan orang lain
c. mementingkan diri sendiri
d. mementingkan kepentingan bersama

Contoh dampak positif dari modernisasi adalah...
a. sifat konsumtif
b. sifat pemalas
c. sifat diktator
d. sifat pekerja keras

Dampak negatif dari modernisasi, antara lan kekeluargaan  dan gotong royong semakin berkurang. Hal ini dapat terjadi karena...
a. modernisasi kurang berhasil
b. sumber daya manusia sedikit
c. pengaruh pola hidup kebarat-baratan
d. banyak industri di kota besar

Berikut ini yang termasuk tari kreasi adalah...
a. tari Jejer Kembang Menur
b. tari Putri Bekhusek
c. tari Serampang Dua Belas
d. tari Gending Sriwijaya

22. Tari Jejer Kembang Menur berasal dari daerah...
a. Kalimantan Timur
b. Sulawesi Timur
c. Jawa Timur
d. Jawa Barat

Tari Kreasi dari daerah Jawa Barat yang menceritakan tentang keindahan burung merak adalah...
a. tari Nguri
b. tari Kuntulan
c. tari Merak
d. tari Manipuren

Tari Yapong merupakan tarian yang diciptakan oleh...
a. Wanaparwa
b. Bagong Kusudiarjo
c. I Wayan Beratha
d. Agustinus, S.Sn

Unsur utama dari tari adalah...
a. tata busana
b. tata rias
c. gerak tari
d. properti tari 

B. Isilah titik-titik pada pertanyaan ini dengan jawaban yang benar!
1. Proses terbakarnya meteoroid dikenal dengan peristiwa...
2. Stasiun Bumi Jatiluhur terdapat di provinsi...
3. Bulan Purnama terjadi pada fase bulan hari ke... dan...
4. Berdasarkan waktunya, alur dapat diklasifikasikan menjadi tiga macam, yaitu...,...,...
5. Tokoh yang menjadi pelengkap dalam suatu cerita disebut...
6. Pemilihan kedua kelas sebaiknya dilakukan dengan cara...
7. Dalam musyawarah kalian harus mementingkan kepentingan...
8. Even karnaval batik merupakan contoh modernisasi untuk mengembangkan budaya berpakaian...
9. Tari kreasi yang berasal dari Bali dan menggambarkan tentang kehidupan kupu-kupu biru disebut...
10. Jenis tarian yang dikembangkan dengan menyesuaikan gerakan, alat pengiring, atau properti yang digunakan dalam tarian tersebut agar terlihat modern serta dapat diterima oleh masyarakat Indonesia seiring perkembangan zaman disebut....
C. Jelaskan dengan singkat pertanyaan dibawah ini!
1. Tuliskan perbedaan antara meteoroid, meteor, meteorit, dan asteroid!
2. Mengapa bulan tampak bercahaya padahal tidak memancarkan cahaya?
3. Sebutkan nama planet dalam tata surya yang ukuran diameternya paling kecil!
4. Perhatikan teks berikut.
    "Ma, aku pulang...!" teriak Lintang.
    Lintang segara melepas sepatunya di teras, Sambil berjalan ke dalam rumah, Lintang membuka satu per satu kaos kakinya. Ini membuat sebelah kaos kakinya berada di ruang tamu dan sebelah lagi berada di ruang makan.
Lintang lalu masuk ke kamarnya. Dia membuka baju seragam, dasi, dan juga roknya. Dia meletakkan semuanya begitu saja di atas tempat tidur. Lalu, Lintang memakai kaos dan celana panjang untuk digunakan di rumah.
    Saat Lintang keluar kamar, dia melihat Mama sedang memunguti kaos kakinya. "Bagaimana kalau saat mau ke sekolah besok, kaos kakimu nggak ada sebelah?" tanya Mama.
Lintang hanya menyengir. Sebenarnya, dia tahu kalau kebiasaannya itu tidak baik. Namun, mau bagaimana lagi. Dia sudah terbiasa sih. dan, rasanya sulit sekali mengubah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan. Setelah makan siang, Lintang meminta izin kepada Mama untuk bermain ke rumah Putri. Tadi, mereka sudah berjanji akan bermain boneka bersama.
   Bagaimana watak tokoh utama dalam teks tersebut?
5. Apakah kalian memiliki sikap yang sama dengan Lintang seperti pada teks soal nomor 4?
6. Apa yang harus kalian lakukan jika hasil musyawarah sudah disepakati?
7. Apa yang akan terjadi jika dalam bermusyawarah semua orang selalu mementingkan kepentingan sendiri?
8. Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi , modernisasi!
9. tiliskan dampak positif dari modernisasi!
10. Tuliskan tiga jenis tari kreasi beserta daerah asalnya! 

Demikianlah soal - soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Menjelajah Angkasa Luar. Bila ada jangan lupa cek soal tema 9 subtema 1 di postingan sebelumnya.