Monday, May 24, 2021

50+ Latihan Soal SKB CPNS Pertanian 2021 + Pembahasan

da baiknya kita semua mulai berlatih dari sekarang dengan latihan soal tes CPNS Pertanian 2021 di ini, Demi mempersiapkan diri dan mendapatkan tempat sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS (Pegawai Negri Sipil). Mengingat tahun lalu, tes CPNS ditiadakan karena faktor kondisi lingkungan yang memang sedang tidak memungkinkan. 


Jadi pastinya, tes ASN 2021 akan jauh lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya dengan paserta yang 2x lipat lebih banyak.


Mulai tanggal 30 Desember 2020, lowongan PNS sudah dibuka secara resmi. Tercatat ada sekitar 1 juta lowongan CPNS 2021 yang akan diperebutkan oleh belasan juta masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pastikan Anda semua sudah siap bersaing.


Jadwal Tes CPNS 2020 & 2021

Untuk saat ini, belum ada jadwal tes cpns 2021 secara resmi. Tetapi proses pendaftaran dan verifikasi data untuk peserta CPNS sudah dibuka sejak 30 Juli 2020 lalu. 


Beberapa dari Anda pastinya juga sudah mengikuti tahap verifikasi data, melakukan pendaftaran ulang, dan mengurus segala bentuk administrasi dan pendaftaran lainnya.


Passing Grade CPNS 2021

Mengingat tahun lalu tidak ada tes CPNS di Indonesia, pastinya tahun ini passing grade CPNS 2021 akan semakin tinggi dan sulit. Tentunya tiap institusi negara ingin memiliki SDM terbaik yang bisa bersaing dengan negara lain baik secara IQ maupun EQ.


Untuk passing grade CPNS 2018 sendiri, bobot Seleksi Kompentensi Bidang (SKB) adalah 60 persen, sedangkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah 40 persen. 


Namun keduanya sangat berpengaruh kepada nilai akhir yang Anda dapatkan dalam tes. Jadi pastikan Anda siap dalam kedua tes baik SKD maupun SKB.


Soal  Tes CPNS 2021

Tes CPNS tahun ini akan dilakukan dalam bentuk CAT alias Computer Assisted Test. Artinya seluruh proses tes akan dilakukan dengan komputer atau PC yang sudah disediakan oleh pengelola dan penyelenggara. 


Kami sangat menyarankan Anda membiasakan mengoperasikan komputer atau laptop mulai dari sekarang. Hal ini akan sangat membantu proses berjalannya tes ketika sudah sampai hari H.


Tes CPNS SKD 2021 (Seleksi Kemampuan Dasar) sendiri akan terdiri dari 3 macam soal. Yaitu:

- 35 soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

- 30 soal TIU (Tes Intelegensia Umum)

- 35 Soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi)


Dalam artikel kali ini pun, kami akan mempersiapkan 300 latihan soal tes CPNS petanian 2021 khusus untuk Anda berlatih.


Tempat Simulasi Tes CPNS Pertanian 

Jika Anda bingung dimana tempat mencari latihan soal tes CPNS 2021, sebenarnya ada banyak situs yang menyediakan di internet. Namun rata-rata situs tersebut berbayar dan sulit untuk dioperasikan.


Oleh karena itu dalam artikel kali ini kami akan membagikan soal latihan tes CPNS Pertanian  2021 gratis agar Anda semua bisa mengetahui apa saja kira-kira soal yang akan keluar di tes CPNS yang asli nantinya.


Latihan Soal Tes CPNS Pertanian 2021

Silahkan pelajari soal latihan tes CPNS Pertanian 2021 di bawah ini dari HP, laptop, PC, atau komputer masing-masing. Kami juga sudah mempersiapkan kunci jawabannya untuk seluruh soal di bagian akhir artikel. Jadi jika semua soal sudah diisi, silahkan evaluasi pertanyaan mana yang jawabannya salah dan mana yang benar.


50+ Latihan Soal SKB CPNS Pertanian 2021 + Pembahasan


1. Dorongan atau bimbingan dari pemerintah bagi peningkatan ke rjasama kelompok-kelompok tani dapat diperlihatkan dalam bentuk….


A. penyediaan bahan- bahan khusus


B. membasmi hama-h ama yang umum


C. organisasi koperasi


D. kegiatan politik petani



JAWABAN


A. penyediaan bahan- bahan khusus


karena penyediaan bahan-bahan khusus merupakan salah satu be ntuk dorongan atau bimbingan dari pemer intah bagi peningkatan kerjasama kelompok-kelompok tani.



2. Model yang menunjuk kan adanya keterkaitan secara integral antara sumber teknologi


, penyuluh/kontak tani dan petani dalam proses inovasi suatu tek nologi termasuk ke dalam model….


A. penelitian dasar da n terapan


B. pengembangan dan difusi


C. pemecahan masalah


D. interaksi sosial



JAWABAN


D. interaksi sosial


karena adanya keterka itan secara integral antara sumber teknologi , penyuluh/kontak


tani dan petani dala m proses inovasi suatu teknologi termasu k ke dalam model


interaksi sosial



3. Yang dimaksud dengan diversifikasi usaha dalam pembangunan pertanian adalah....


A. peningkatan produk tivitas berbagai sumber daya yang ada secara efektif


B. peningkatan luas areal pertanian/perikanan/peternakan


C. suatu proses pendalaman dan perluasan spektrum pembangunan pertanian


D. usaha pemulihan k emampuan produktivitas sumber daya pertani an

 

JAWABAN


C. suatu proses pendalaman dan perluasan spektrum pembangunan pertanian


karena yang dimaksud diversifikasi usaha dalam pembangunan pertanian adalah suatu proses pendalaman da n perluasan spectrum pembangunan pertania n.



4. Yang termasuk kedalam tujuan pembangunan pertanian antara lain… .


1. memelihara dan meningkatkan ketahanan pangan serta kualitas g izi masyarakat


2. meningkatkan daya saing hasil pertanian


3. rangkaian panjan g dari pengembangan kemampuan dan k eberdayaan petani didalam mengelola us aha taninya



A. Jika pernyataan  1 dan 2 benar


B. Jika pernyataan 1 dan 3 benar


C. Jika pernyataan 1, 2 dan 3 benar


D. Jika pernyataan 1,2 dan 3 benar



JAWABAN


A. Jika pernyataan  1 dan 2 benar


karena memelihara, m eningkatkan ketahanan pangan dan daya sa ing hasil pertanian serta kualitas gizi masyarakat termasuk ke dalam tujuan pembangu nan pertanian



5. Ruang lingkup penyuluhan pertanian dalam pembangunan pertanian meliputi….


1. pengembangan budi daya pertanian


2. pembangunan usaha pertanian


3. pengembangan kelembagaan pertanian



A. Jika pernyataan  1 dan 2 benar


B. Jika pernyataan 1 dan 3 benar


C. Jika pernyataan 1, 2 dan 3 benar

 

Jika pernyataan 1,2 dan 3 benarJAWABAN


D. Jika pernyataan 1,2 dan 3 benar


karena yang termasu k ruang lingkup penyuluhan pertanian da lam pembangunan pertanian meliputi pengembangan budidaya pertanian dan pe mbangunan usaha pertanian juga adalah pengembangan kelembagaan pertanian



6. Beberapa dampak neg atif dari adanya revolusi hijau dalam pemb angunan pertanian adalah


1. kualitas tanah menurun akibat penggunaan agroinput kimiawi secara intensif


2. keragaman jenis pro duksi pertanian meningkat


3. adanya kemungkina n ledakan hama dan penyakit



A. Jika pernyataan  1 dan 2 benar


B. Jika pernyataan 1 dan 3 benar


C. Jika pernyataan 1, 2 dan 3 benar


D. Jika pernyataan 1,2 dan 3 benar



JAWABAN


B. Jika pernyataan 1 dan 3 benar


karena beberapa dam pak negatif dari adanya revolusi hijau da lam pembangunan pertanian adalah kualitas tanah menurun akibat penggunaan agroin put kimiawi secara intensif dan adanya kemungkinan ledakan hama dan penyakit



7. Kemampuan yang har us dimiliki oleh pertanian yang tangguh adal ah


1. pemanfaatan sumber daya yang dipunyai secara optimal


2. berperan positif dal am pembangunan regional dan nasional


3. sistem agribisnis yang berakar kuat di perkotaan



A. Jika pernyataan  1 dan 2 benar


B. Jika pernyataan 1 dan 3 benar


C. Jika pernyataan 1, 2 dan 3 benar

 

Jika pernyataan 1,2 dan 3 benar

JAWABAN


A. Jika pernyataan  1 dan 2 benar


karena kemampuan yang harus dimiliki oleh pertanian yang tangguh adalah pemanfaatan sumber daya yang dipunyai secara optimal dan ber peran positif dalam pembangunan regional dan nasional.



8. Dampak dari kondisi l ingkungan strategis yang terus berkembang secara dinamis dan menjurus pada libe ralisme perdagangan internasional dan investasi terhadap pembangunan pertania n akan mendorong …….


1. mekanisme pasar be kerja dengan hambatan minimum


2. persaingan dalam in ternasional menjadi semakin terbuka dan tra nsparan


3. munculnya tindak an proteksi perdagangan dunia dalam ben tuk nontarif yang diskriminatif



A. Jika pernyataan  1 dan 2 benar


B. Jika pernyataan 1 dan 3 benar


C. Jika pernyataan 1, 2 dan 3 benar


D. Jika pernyataan 1,2 dan 3 benar



JAWABAN


A. Jika pernyataan  1 dan 2 benar


karena dampak dari kondisi lingkungan strategis yang terus b erkembang secara dinamis dan menjuru s pada liberalisme perdagangan internasi onal dan investasi terhadap pembangunan pertanian akan mendorong mekanisme pasar bekerja dengan hambatan minimum d an persaingan dalam internasional menjadi s emakin terbuka dan transparan



9. Berdasarkan suplai air, lahan basah yang pengairannya tergantung pada naik turunnya permukaan air sungai merupakan pertanian...


A. lahan kering


B. lahan sawah


C. lahan lebak


D. lahan pasang surut

 




JAWABAN


B. lahan sawah


Lahan sawah merupak an tanah yang lembab, dibuat pematang ber teras dan digenangi


air, yang tidak selalu d idukung oleh irigasi



10. Dalam suatu sistem p ertanian dengan Intensitas Rotasi (R)= 70 %, maka pertanian tersebut tergolong...


A. sistem perladangan


B. sistem bera


C. sistem permanen


D. sistem rotasi bera



JAWABAN


C. sistem permanen


karena R>66%, siste m pertanian digolongkan sistem perman en, R merupakan persentase jumlah tahu n lahan ditanami di banding lama siklus.



11. Hasil tanaman pangan riil di daerah tropik negara berkembang le bih kurang separuh dari hasil negara berpe nghasilan tinggi di daerah beriklim sedang karena ...


A. kualitas sumberdaya rendah


B. lahan tidak subur


C. perubahan musim t idak teratur


D. efisiensi photosintesis di daerah tropik rendah


JAWABAN


D. efisiensi photosintesis di daerah tropik rendah


karena konversi energ i matahari dalam photosintesis di daerah ik lim sedang sekitar 2%, pada daerah tropi k hanya 0.2%.



12. Tanah dengan akumulasi mineral amorphous disubhorizon merup akan tanah abu dari Ordo...


A. Alfisol

 


B. Spodosol


C. Histosol


D. Ultisol



JAWABAN


B. Spodosol


tanah akumulasi mine ral, merupakan tanah abu



13. Penggunaan media penyuluhan pertanian dapat mempermud ah sasaran dalam memahami dan meng ingat pesan yang terkandung dalam mate ri, hal ini disebut sebagai fungsi :


A. Afektif


B. Atensi


C. Kompensatoris


D. kognitif



JAWABAN


D. kognitif


Penggunaan media penyuluhan pertanian dapat mempermud ah sasaran dalam memahami dan meng ingat pesan yang terkandung dalam materi, hal ini disebut sebagai fungsi kognit if.





14. Konstituen hasil pert anian dalam kegiatan penyuluhan pertanian termasuk sasaran suluh:


A. pendukung


B. utama


C. penentu


D. sukarela



JAWABAN


A. pendukung


Konstituen hasil pert anian dalam kegiatan penyuluhan pertanian  termasuk sasaran

 

suluh pendukung


15. Dalam melakukan penyuluhan tentang suatu hama baru yang m ungkin berpotensi untuk menjadi hama di lokasi anda maka sebaiknya anda menggun akkan media:


1) Benda asli


2) Model/spesimen


3) Foto/Film



A. Jika (1) dan (2) yan g benar


B. Jika (1) dan (3) yang benar


C. Jika (2) dan (3) yang benar


D. Jika semua benar



JAWABAN


C. Poin 2 dan 3 benar


karena tidak mungkin memperoleh hama asli yg masih hidup



16. Pada dunia penyuluha n pertanian media audio umumnya digunaka n untuk penyuluhan dalam skala:


A. Internasional


B. Nasional


C. Regional


D. Lokal



JAWABAN


B. Nasional


Pada dunia penyuluha n pertanian media audio umumnya digunaka n untuk penyuluhan


dalam skala nasional



17. Pada umumnya hasil p ertanian merupakan barang yang mudah rusa k atau disebut....


A. undurable


B. perishable


C. bulky

 

voluminous

JAWABAN


B. perishable


perishable adalah sifat hasil pertanian yang mudah rusak.



18. Lembaga pelelangan dalam tataniaga pertanian termasuk ke dalam lembaga yang dikelompokkan berdas arkan ....


A. bentuk usahanya


B. kedudukan dalam struktur pasar


C. penguasaan terhada p produk


D. fungsi yang dilakuk an



JAWABAN


C. penguasaan terhada p produk


lembaga pelelangan dalam tataniaga pertanian termasuk ke dal am lembaga yang dikelompokkan berdas arkan penguasaan terhadap produk yang tid ak memiliki barang yang dipasarkan.



19. Keterbatasan modal y ang dimiliki petani akan menyebabkan el astisitas penawaran hasil-hasil pertanian d alam jangka pendek bersifat ....


A. elastis


B. unitari elastis


C. inelastis


D. elastis sempurna



JAWABAN


C. inelastis


keterbatasan modal yang dimiliki petani akan menyebabkan ela stisitas penawaran hasil-hasil pertanian d alam jangka pendek bersifat inelastis



20. Teknik-teknik pertania n baru (inovasi) akan menggeser kurva penawaran ke arah ....


A. kanan atas

 

kanan bawah


C. kiri atas


D. kiri bawah



JAWABAN


B. kanan bawah


pergeseran kurva penawaran ke kanan bawah dapat disebabkan oleh teknik-teknik pertanian baru (inova si) sebagai keuntungan dari teknologi per tanian yang dapat menurunkan biaya produksi



21. Kekuatan pasar (mark et power) berperan penting dalam tataniaga pertanian sebab ....


A. berpengaruh terhadap harga


B. diketahui secara jelas


C. dapat diamati secara langsung


D. dapat diukur secara tepat



JAWABAN


A. berpengaruh terhadap harga


kekuatan pasar (mark et power) berperan penting dalam tatania ga pertanian sebab berpengaruh terhadap harga



22. Faktor jumlah pendud uk merupakan salah satu kekuatan yang mempengaruhi harga hasil pertanian dalam kategori ....


A. pemerintah mempengaruhi harga usahatani


B. kondisi permintaan


C. keadaan penawaran yang mempengaruhi harga output


D. sektor tataniaga has il pertanian mempengaruhi harga output



JAWABAN


B. kondisi permintaan


faktor jumlah penduduk merupakan salah satu kekuatan yang m empengaruhi harga hasil pertanian dalam kategori kondisi permintaan

 


23. Kesulitan pengangkut an antarpulau termasuk ke dalam faktor pen yebab variasi harga hasil pertanian berdas arkan ....


A. kualitas produk


B. waktu


C. tempat


D. struktur pasar



JAWABAN


C. tempat


kesulitan pengangkuta n antarpulau termasuk ke dalam faktor pen yebab variasi harga hasil pertanian berdas arkan tempat



24. Untuk dapat mengend alikan suplai hasil-hasil pertanian agar tidak timbul hal-hal yang tidak diinginkan meru pakan alasan pemerintah dalam mendirikan .. ..


A. bank konvensional


B. badan tataniaga


C. pasar tradisional


D. pasar modern



JAWABAN


B. badan tataniaga


badan tataniaga didirikan pemerintah untuk mengendalikan suplai hasil-hasil pertanian agar tidak ti mbul hal-hal yang tidak diinginkan



25. Salah satu fungsi komisi penyuluhan pertanian propinsi adalah....


A. melakukan kerjasa ma antara peneliti, penyuluh pertanian, kontak tani, dan pelaku agribisnis


B. membuat demplot , pengembangan model usahatani, kemitra an agribisnis, dan ketahanan pangan


C. menyiapkan penye lenggaraan pendidikan, dan pelatihan sumberdaya manusia bagi aparat pertanian teknis fungsional


D. menyediakan dan menyebarkan informasi teknologi, pasar bagi petani

 


JAWABAN


C. menyiapkan penyel enggaraan pendidikan, dan pelatihan sumbe rdaya manusia bagi aparat pertanian teknis fungsional


karena menyiapkan p enyelenggaraan pendidikan, dan pelatihan su mberdaya manusia bagi aparat pertania n teknis fungsional merupakan fungsi k omisi penyuluhan pertanian propinsi



26. Penyuluh dapat memi lih alternatif perubahan yang paling tepat dilihat dari kelayakan teknis, ekonomi dan s osial . Pernyataan tersebut merupakan peran penyuluh sebagai....


A. guru


B. penasehat


C. penganalisis


D. organisator



JAWABAN


B. penasehat


penyuluh dapat memil ih alternatif perubahan yang paling tepat dilihat dari kelayakan teknis, ekonomi dan s osial



27. Berikut adalah tugas tambahan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan ) dalam membantu PPS (Penyuluh Pertan ian Spesialis) , kecuali....


A. mengambil dan mengumpulkan data untuk penyusunan program penyuluhan


B. mengolah dan men ganalisis data untuk penyusunan program pen yuluhan


C. meningkatkan swak arya dan kemandirian petani


D. Pembuatan demplot, kaji widia, dan penulisan ilmiah



JAWABAN


A. mengambil dan mengumpulkan data untuk penyusunan program penyuluhan karena mengambil dan mengumpulkan data untuk penyusunan pr ogram penyuluhan merupakan tugas PPL yang langsung memberikan pelayanan pada petani.

 



28. Rencana Usaha Kelom pok (RUK) adalah....

 


A. pernyataan tertuli s dari kelompok tani berkaitan dengan usahatani yang akan dilaksanakan dalam satu tahun


B. pernyataan tertulis yang disusun secara sistematis mengenai kegiatan bersama di bidang ekonomi, berdasarkan hasil kesepakatan seluruh anggota kelompok dilandasi keinginan dan kemau an bersama untuk dilaksanakan dan dipe rtanggungjawabkan bersama


C. rencana usaha u ntuk pengembangan agribisnis yang disus un oleh gapoktan berdasarkan kelayakan usaha dan potensi desa


D. perhitungan rencana kebutuhan pupuk bersubsidi yang disu sun kelompok tani berdasarkan luasan areal usahatani yang diusahakan petani, pekebun, peternak, dan pembudidaya ikan dan atau udang anggota anggota kelom pok tani dengan rekomendasi pemupuk an berimbang spesifik



JAWABAN



B. pernyataan tertulis yang disusun secara sistematis mengenai kegiatan bersama di bidang ekonomi, berdasarkan hasil kesepakatan seluruh anggota kelompok dilandasi keinginan dan kemau an bersama untuk dilaksanakan dan dipe rtanggungjawabkan bersama karena pernyataan tertulis yang disusun secara sistematis mengena i kegiatan bersama di bidang ekonomi, berdasarkan hasil kesepakatan seluruh anggota kelompok dilandasi keinginan dan kemauan bersama untuk d ilaksanakan dan dipertanggungjawabka n bersama merupakan pengertian RUK



29. “Koperasi Unit Desa ( KUD) menyalurkan sarana produk si pertan ian (saprotan) dari Kredit Usaha Tani (K UT) maupun non KUT ke petani melalui....


A. Tempat Pelayanan Koperasi (TPK)


B. Petugas Penyuluh L apangan (PPL)


C. kepala desa


D. dinas pertanian



JAWABAN


A. Tempat Pelayanan Koperasi (TPK)


KUD menyalurkan sa protan melalui TPK

 




30. Rencana penyuluhan di tingkat pedesaan dilakukan dengan m enggunakan PRA (Participatory Rural Aprpraisal). Partisipasi dalam hal ini mempun yai arti proses ....


A. pembangunan pedesaan ditentukan oleh partisipasi masyarakat s etempat


B. pembangunan pedesaan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah


C. pembangunan ped esaan tidak dibatasi oleh temuan informasi, namun data dapat diperoleh dari proses informasi yang visual


D. pembangunan pe desaan menghendaki masyarakat setemp at sebagai objek pembangunan

 



JAWABAN


A. pembangunan pedesaan ditentukan partisipatif mengandu ng makna proses partisipasi masyarakat setempat

 






oleh  partisipasi  masyarakat  s  etempat pembangunan  pedesaan  ditentukan  oleh


 


31. Kewenangan propinsi dalam bidang penyuluhan pertanian adalah….


A. menyelenggarakan pendidikan dan latihan sumberdaya manusia aparat pertanian teknis fungsional ketra mpilan dan diklat kejuruan tingkat menenga h


B. menumbuhkemban gkan kelompok tani dan diklat kejuruan tingk at menengah


C. pembinaan kepemi mpinan petani, wanita tani, dan pemuda tani


D. pembinaan dan pengembangan kerjasama kemitraan petani, p enyuluh pertanian, peneliti, dan LSM



JAWABAN


A. menyelenggarakan pendidikan dan latihan sumberdaya manusia aparat pertanian teknis fungsional ketra mpilan dan diklat kejuruan tingkat menenga h


karena menyelenggar akan pendidikan dan latihan sumberdaya manusia aparat pertanian teknis fun gsional ketrampilan dan diklat kejuruan tingkat menengah merupakan kewenang an propinsi dalam bidang penyuluhan pertanian



32. Rencana strategi peny uluhan pertanian yang berlaku di seluruh pro pinsi berisi….


A. rencana program p enyuluhan yang mencakup seluruh instansi BPP

 


B. rencana pengemba ngan penyuluhan pertanian lima tahunan yan g mencakup aspek kelembagaan, ketenagaan, penyelenggaraan, kerjasama, dan pembiayaan


C. rencana program lima tahunan yang memuat pengorganisasia n dan pemanfaatan sumberdaya yang ters edia untuk memfasilitasi kegiatan penyuluhan di BPP


D. program tahunan yang memuat pengorganisasian dan pemanfaatan sumberdaya tersedia untuk memfas ilitasi kegiatan penyuluhan di kabupaten/kot a



JAWABAN


B. rencana pengemba ngan penyuluhan pertanian lima tahunan yan g mencakup aspek kelembagaan, ketenagaan, penyelenggaraan, kerjasama, dan pembiayaan


karena rencana pengembangan penyuluhan pertanian lima tahun an yang mencakup aspek kelembagaan, ketenagaan, penyelenggaraan, kerjasama, dan pembiayaan merupakan isi renstra penyuluhan pertanian bagi seluruh propinsi.



33. Tugas penyelenggara penyuluhan pertanian propinsi adalah….


A. menyusun rencana penyuluhan desa


B. memfasilitasi peny elenggaraan penyuluhan di kabupaten/kota


C. memandu pengemb angan jaringan petani antardesa


D. menetapkan pola k arier penyuluhan pertanian



JAWABAN


B. memfasilitasi peny elenggaraan penyuluhan di kabupaten/kota


karena memfasilitasi penyelenggaraan penyuluhan di kabupate n/kota merupakan tugas penyelenggara penyuluhan pertanian propinsi



34. Tujuan disusunnya pro grama penyuluhan pertanian di tingkat keca matan adalah untuk memadukan aspirasi petani-nelayan dan masyarakat pertanian dengan potensi wilayah....


A. nasional


B. propinsi


C. kabupaten/kota


D. kecamatan

 


JAWABAN


D. kecamatan


programa penyuluhan pertanian tingkat kecamatan disusun untuk m emadukan aspirasi


petani-nelayan dan ma syarakat pertanian



35. Ciri-ciri proses penyuluhan kemitraan (Prospek) adalah….  .


A. di setiap kota terda pat petani pemandu yang dipilih masyarakat


B. dana untuk kegiata n penyuluhan dikelola oleh dinas pertanian


C. kegiatan belajar p etani berpusat di kota yang mendapat dukungan dari lembaga penyuluhan, penelitian , perdagangan, industri dan pemerintah daer ah


D. pengembangan agribisnis didasarkan atas usaha keluarga seb agai unit ekonomi dasar



JAWABAN


D. pengembangan agribisnis didasarkan atas usaha keluarga seb agai unit ekonomi dasar


pengembangan agribis nis didasarkan atas usaha keluarga sebagai unit ekonomi dasar



36. Kegiatan penyuluhan pertanian yang bertujuan untuk mengamb il tindakan dengan cepat sebagai upaya u ntuk mengembalikan pada rencana semula adalah ….


A. pengumpulan data keadaan


B. analisis data keadaa n


C. identifikasi data ke adaan


D. pemantauan atau monitoring



JAWABAN


D. pemantauan atau monitoring


karena kegiatan peny uluhan pertanian yang bertujuan untuk mengambil tindakan dengan cepat sebagai upaya untuk mengembalikan pada rencana semula merupakan pengertian pemantaua n atau monitoring.



37. Laporan yang berisi l atar belakang lengkap seorang penyuluh da n supervisor sangat diperlukan, karena dalam suatu laporan penyuluhan memuat nilai nyata….

 


A. perencanaan superv isi program


B. penaksiran supervis or atas penyuluh


C. latar belakang tena ga baru dan supervisor


D. bimbingan direktur atas program dan organisasi



JAWABAN


C. latar belakang tena ga baru dan supervisor


laporan latar belakang lengkap sangat diperlukan, agar dengan c epat dipelajari oleh supervisor



38. Program penyuluhan p ertanian merupakan wujud nyata dari ....


A. perencanaan yang b erasal dari kebijakan pemerintah pusat


B. aspirasi masyarakat dan pemerintah daerah


C. perpaduan perencan aan masyarakat pertanian dan program pem erintah


D. perubahan kondisi dan permasalahan pemerintah daerah


JAWABAN


C. perpaduan perencan aan masyarakat pertanian dan program pem erintah


karena programa pen yuluhan pertanian merupakan wujud nya ta dari perpaduan perencanaan masyarakat pertanian dan program pemerintah; dan sebagai pelaku utama berasal dari kal angan masyarakat petani sendiri


39. Dalam analisis data po tensi wilayah tujuan diadakannya pertemuan perumusan pilihan pola usahatani adalah ...


A. Merumuskan data wilayah yang perlu dianalisis dengan m enggunakan sistem pakar


B. Membahas hasil analisis sistem pertanian dan pilihan jen is komoditas dan membandingkannya d engan kondisi aktual


C. menganalisis pili han komoditas dengan pertimbangan aspek sosial ekonomi, aspirasi petani, dan k eterkaitan serta keterpaduannya dengan prog ram pembangunan pertanian yang ada di wilayah


D. menggali data dan i nformasi potensi wilayah yang dilakukan se cara partisipatif

 


JAWABAN


C. menganalisis pili han komoditas dengan pertimbangan aspek sosial ekonomi, aspirasi petani, dan k eterkaitan serta keterpaduannya dengan prog ram pembangunan pertanian yang ada di wilayah


karena dalam analisis data potensi wilayah tujuan diadakannya per temuan perumusan pilihan pola usahata ni adalah untuk menganalisis pilihan komoditas dengan pertimbangan aspek sosial ekonomi, aspirasi petani, dan keterkaitan serta keterpaduannya dengan program pembangunan pertanian yang ada di wilayah.



40. Segala sesuatu yang dapat menghambat dan menghalangi tercap ainya suatu tujuan kegiatan atau usahatan i yang direncanakan dalam suatu programa penyuluhan adalah pengertian dari


A. perumusan tujuan


B. masalah


C. efektivitas kegiatan


D. intensitas pengembangan



JAWABAN


B. masalah


karena segala sesuatu yang dapat menghambat dan menghalang i tercapainya suatu tujuan kegiatan atau u sahatani yang direncanakan dalam suatu pr ograma penyuluhan adalah pengertian dari masalah