Thursday, June 17, 2021

200+ Soal Tes CPNS SKB Bidan 2021 [Lengkap] - Bagian 4

 



Ada baiknya kita semua mulai berlatih dari sekarang dengan latihan soal tes CPNS SKB bidan 2021 di ini, Demi mempersiapkan diri dan mendapatkan tempat sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS (Pegawai Negri Sipil). Mengingat tahun lalu, tes CPNS ditiadakan karena faktor kondisi lingkungan yang memang sedang tidak memungkinkan. 


Jadi pastinya, tes ASN 2021 akan jauh lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya dengan paserta yang 2x lipat lebih banyak.


Mulai tanggal 30 Desember 2020, lowongan PNS sudah dibuka secara resmi. Tercatat ada sekitar 1 juta lowongan CPNS 2021 yang akan diperebutkan oleh belasan juta masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pastikan Anda semua sudah siap bersaing.


Jadwal Tes CPNS 2020 & 2021

Untuk saat ini, belum ada jadwal tes cpns 2021 secara resmi. Tetapi proses pendaftaran dan verifikasi data untuk peserta CPNS sudah dibuka sejak 30 Juli 2020 lalu. 


Beberapa dari Anda pastinya juga sudah mengikuti tahap verifikasi data, melakukan pendaftaran ulang, dan mengurus segala bentuk administrasi dan pendaftaran lainnya.


Passing Grade CPNS 2021

Mengingat tahun lalu tidak ada tes CPNS di Indonesia, pastinya tahun ini passing grade CPNS 2021 akan semakin tinggi dan sulit. Tentunya tiap institusi negara ingin memiliki SDM terbaik yang bisa bersaing dengan negara lain baik secara IQ maupun EQ.


Untuk passing grade CPNS 2018 sendiri, bobot Seleksi Kompentensi Bidang (SKB) adalah 60 persen, sedangkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah 40 persen. 


Namun keduanya sangat berpengaruh kepada nilai akhir yang Anda dapatkan dalam tes. Jadi pastikan Anda siap dalam kedua tes baik SKD maupun SKB.


Soal  Tes CPNS 2021

Tes CPNS tahun ini akan dilakukan dalam bentuk CAT alias Computer Assisted Test. Artinya seluruh proses tes akan dilakukan dengan komputer atau PC yang sudah disediakan oleh pengelola dan penyelenggara. 


Kami sangat menyarankan Anda membiasakan mengoperasikan komputer atau laptop mulai dari sekarang. Hal ini akan sangat membantu proses berjalannya tes ketika sudah sampai hari H.


Tes CPNS SKD 2021 (Seleksi Kemampuan Dasar) sendiri akan terdiri dari 3 macam soal. Yaitu:

- 35 soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

- 30 soal TIU (Tes Intelegensia Umum)

- 35 Soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi)


Dalam artikel kali ini pun, kami akan mempersiapkan 300 latihan soal tes CPNS SKB bidan 2021 khusus untuk Anda berlatih.


Tempat Simulasi Tes CPNS SKB Bidan

Jika Anda bingung dimana tempat mencari latihan soal tes CPNS 2021, sebenarnya ada banyak situs yang menyediakan di internet. Namun rata-rata situs tersebut berbayar dan sulit untuk dioperasikan.


Oleh karena itu dalam artikel kali ini kami akan membagikan soal latihan tes CPNS SKB Bidan 2021 gratis agar Anda semua bisa mengetahui apa saja kira-kira soal yang akan keluar di tes CPNS yang asli nantinya.


Latihan Soal Tes CPNS SKB Bidan 2021

Silahkan pelajari soal latihan tes CPNS SKB Bidan 2021 di bawah ini dari HP, laptop, PC, atau komputer masing-masing. Kami juga sudah mempersiapkan kunci jawabannya untuk seluruh soal di bagian akhir artikel. Jadi jika semua soal sudah diisi, silahkan evaluasi pertanyaan mana yang jawabannya salah dan mana yang benar.


76. Seorang perempuan 28 th, G2 P1 A0 datang ke bidan untuk memeriksakan kehamilannya.hasil pengkajian ibu mengeluh ceapt lelah dan lemah, usia kehamilan 32 minggu, konjungtiva tampak pucata, hb 9 gr %.


Apakah materi konseling yang paling tepat di berikan pada pasien tersebut?


a. Nutrisi ibu hamil


b. Pemberian tablet FE


c. Istirahat yang cukup


d. Antisipasi komplikasi


e. Tanda-tanda bahaya kehamilan



77. Seorang perempuan 26 th, hamil pertama umur kehamilan 8 bulan datang ke BPS. Hasil pengkajian ibu mengeluh mudah merasa lelah sering kencing dan minum, TD 120/80 mmHg, RR 20 x/I, suhu tubuh 36 c, nadi 80 x/I, palpasi TFU setinggi 3 jari di bawah PX, 40 cm, punggung kanan, preskep, bagian bawah tidak bisa di goyangkan, DJJ 140 x/i.


Apakah penyakit yang di sertai kehamilan pada kasus di atas?


a. Penyakit jantung


b. Penyakit jantung grade II


c. Penyakit diabetes millutus


d. Perubahan fisiologi trisemester III


e. Penyakit infeksi saluran kencing

 

78. Seorang wanita GVI PIII AIIumur 34 th, hamil 29 minggu, datang ke rumah sakit dengan keluhan perdarahan pervaginaan merah kehitaman, nyeri perut menetap, gerakkan janin tidak di rasakan ibu. Hasil pemeriksaan DJJ (-), plapasi di temukan perut teraba keras,


TD 120/80, nadi 80 x/I suhu tubuh 36 c.


a. Vasa previa


b. Plasenta previa


c. Solution plasenta


d. Plasenta letak rendah


e. Hipertensi dalam kehamilan



79. Seorang ibu membawa anaknya yang berumur 1 th ke BPS. Ibu mengatakan anakanya sering bermain tanah sehingga mengalami gatal hebar di daerah anus sampai vagina, rewel dan tidak bisa tidur. Hasil pemeriksaan bidan terdapat iritasi pada daerah anus anak.


Apakah penyakit yang di derita anak pada kasus tersebut?


a. Cacingan


b. Alergi susu


c. Alergi makanan


d. Makan sembarangan


e. Kurang perhatian orang tua



80. Seorang wanita usia 36 th G1 P0 A0 hamil 30 minggu datang ke BPM dengan keluhan waktu bangun tidur mengeluarkan darah segar lewat lahir, tidak di sertai nyeri perut hasil pemeriksaan KU lemah, pucat TD 90/60, Hb:8,4 gr%.


apakah diagnose pada kasus tersebut.


a. Rupture uteri


b. Plasenta previa


c. Solutio plasenta


d. Abortus imminens

 

e. Abortus incomplete



81. Seorang ibu berusia 31 th bernama Ny. lila, datang keklinik bidan, dengan diantar suaminya. Ibu tersebut datang dengan keluhan 2 bulan tidak datang haid, dan mual muntah setiap paginya sejak 2 hari yang lalu. Ibu tersebut memiliki anak pertama yang berusia 2 tahun dan tidak pernah mengalami keguguran. Pada pemeriksaan yang dilakukan didapatkan hasil. TD 100/70 mmHg, N : 60x/I. P :16 x/I, S:37 c, ball (+), dan dilakukan pemeriksaan planotes hasilnya positif (+).


dari scenario diatas diagnose yangpaling tepat untuk ibu laila adalah..


a. Mual muntah biasa


b. Morning sickness


c. Molahidatidosa


d. Tanda-tanda hamil


e. Hamil muda



82. Ibu ani G2 P1 A1 H1 28 th datang ke klinik, di antar oleh adiknya. Ibu ani datang dengan keluhan 2 hari keluar darah merah segar dari kemaluan tanpa di sertai rasa nyeri. Usai kehamilan ibu ani sudah 34 minggu. Dari pemeriksaan yang telah di lakukan, didapatkan hasil USG terlihat ada yang menghambat jalan lahir yang jelas sekali.


Apakah diagnose ibu ani yang paling tepat…


a. Abortus


b. Kehamilan gamely


c. Sirotinus


d. Plasenta previa


e. plasenta akreta



83. Seorang wanita berusia 28 th G3 P2 A0 H2 datang ke klinik dokter spesialis kandungan diantar oleh suaminya. Ibu datang dengan keluhan sering sakit kepala dan sakit pada ulu hantinya dan bukan

 

sering pusing. Di dapatkan hasil pemeriksaan TD :140/100 mmHg, N :70 x/I, P: 22 x/I, S :37 c.


Pemeriksaan apakah yang paling tepat di lakukan untuk ibu tersebut untuk menegakkan diagnose…


a. skintess


b. protein urine


c. glukosa


d. gula darah


e. USG



84. Seorang wanita berusia 32 th datang ke klinik bidan di antar oleh suaminya. Ibu tersebut bekerja di salah satu PT swasta. Ibu mengatakan ini kehamilan yang ke 3, dan tidak pernah mengalami keguguran. Ibu tersebut mengatakan ini baru pemeriksaan kehamilan yang ke 2. Dari pemeriksaan bidan di dapatkan hasil TFU 3 jari di bawah processus xypoideus (PX).

Berapakah standar minimal pemeriksaan kehamilan pada ibu tersebut…


a. 1


b. 2


c. 3


d. 4


e. 5



85. Ibu fatma berusia 28 th G2 P1 A0 H1 datang ke bidan desa diantar suaminya. Ibu tersebut datang ingin memeriksakan kehamilannya. Pada pemeriksaan palpasi didapatkan hasil TFU pertengan pusat dan PX, dan pada saat pemeriksaan auskultasi tedengar BJJ lebih dari satu.


Pada kasus diatas apakah diagnose yang ada pada kehamilan ibu fatma tersebut…


a. Kehamilan normal


b. Kehamilan ektopik


c. Kehamilan gamely


d. Kehamilan berisiko


e. Kehamilan molahidatidosa

 

86. Seorang wanita G5 P4 A0 H4 datang ke BPM dengan keluhan darah banyak tiba-tiba dari kemaluan . hasil pemeriksaan di dapatkan, usia kehamilan ibu 32 minggu. Nadi cepat dan lemah 110 x/I, tekanan darah 70/50 mmHg, pernafasan cepat 35 x/I, kulit terasa lembab dan dingin, ibu dalam keadaan tidak sadar.


Apakah penangan awal yang paling tepat pada kasus diatas…


a. Rujuk ibu segera mungkin


b. Pasang infuse ringer lactate


c. Siapkan alat untuk pertolongan persalinan


d. Lakukan kateterisasi kandung kemih


e. Naikkan kaki untuk menambah jumlah darah ke jantung



87. Seorang wanita G5 P4 A0 H datang ke BPM dengan keluhan sering merasa pusing, cepat lelah, mata berkunang-kunang apalagi ketika bangun dari duduk nafsu makan berkurang. Hasil pemeriksaan TD 90/60 mmHg, N 85 x/I, nafas 25 x/I, conjungtiva terlihat pucat. TFU 3 jari di atas pusat. Hasil pemeriksaan lab HB 9 gr %.


Apakah diagnose yang paling tepat pada kasus di atas…


a. Ibu hamil dengan anemia ringan


b. Ibu hamil dengan anemia sedang


c. Ibu hamil dengan anemia berat


d. Ibu hamil dengan pre eklamsia ringan


e. Ibu hamil dengan pre eklamsia berat



88. Seorang wanita hamil datang ke BPM dengan keluhan keluar darah yang banyak dari kemaluan nya membasahi 1 helai pembalut di sertai dengan gumpalan. Perut ibu terasa mules, dan nyeri. Sudah tidak datang haid 3 bulan yang lalu. Hasil pemeriksaan dalam di temukan sudah ada pembukann, ketuban menonjol. Tes kehamilan positif. Tanda vital dalam batas normal. tinggi fundus melebih usia kehamilan, tidak terasa janin, uterus teraba lunak. Tes kehamilan positif. Hasil pemeriksaan di sertai dengan gelembung-gelembungkecil seperti mata ikan.


Diagnose apakah yang paling tepat untuk kasus di atas..


a. Mollahidatidosa


b. Abortus insipient


c. Abortus komplit

 

d. Abortus inkomplit


e. Missed abortion



89. Seorang wanita datang dengan keluarganya ke BPM. Suami mengatakan istrinya sering mual muntah. Suami mengatakan ini kehamilannya yang pertama, istri terlihat lemah, nafsu makan menurun sejak 2 minggu yang lalu. Hasil pemeriksaan ibu tampak lemas, kesadaran apatis, TD 80/50 mmHg, nadi 102 x/I, suhu 27,9 c, nafas 27 x/I, BB sekarang 47 kg, BB belum hamil 50 kg. mulut kering, nafas berbau aseton, tua kehamilan 10 minggu.


Apakah diagnose yang paling tepat pada kasus di atas?


a. Hipermesis gravidarum derajat


b. Hiperemsis derajat II


c. Hiperemsis derajat III


d. Morning sickness


e. Grstritis kronis



90. Seorang perempuan G5 P4 A0 H4 datang ke BPM dengan keluhan sering merasa pusing, cepat lelah, mata berkunang-kunang apalagi ketika bangun dari duduk dan nafsu makan berkurang. Hasil pemriksaan TD 90/60 mmHg, nadi 85 x/I, nafas 25 x/I, conjungtiva terlihat pucat. TFU 3 jari di atas pusat. Hasil lab Hb 9 gr %.


Apakah penatalaksanaan yang paling tepat pada kasus diatas…


a. Memberikan ibu tablet Fe dengan dosis 1x1


b. Menganjurkan ibu agar lebih sering melakukan ANC


c. Menganjurkan ibu agar mengkomsumsi tomat


d. Menganjurkan ibu untuk menguarangi aktifitasnya


e. Memberikan penyuluhan kepada ibu tentang gizi yang baik



91. Ny. T seorang ibu rumah tangga, datang ke poli kandungan dengan keluhan ada bengkak di daerah kemaluan bagian bawah, ada leukore, panas dan nyeri waktu kencing, dari hasil anamnesa, suami bekerja sebagai driver bus antar provinsi dan pulangnya 1 minggu sekali.

 

Sesuai data kasus diatas Ny. T menderita penyakit…


a. Vulvitis


b. Vaginitis


c. Cervixitis


d. Bartholinitis


e. Endometriosis



92. Nn, S umur 19 thn datang ke tempat bidan untuk di periksa. KU pucat dan perut membesar dengan TFU 3 jari di bawah pusat serta teraba lunak dengan balotemen nagatif.hasil anamnesa nn S belum pernah menstruasai, setiap bulan merasakan nyeri siklik ± 5 hari.


Perut Nn. S membesar di sebabkan…


a. Adanya cairan dirongga perut


b. Terutumpuknya darah di uterus


c. Adanya tumor jinak


d. Adanya tumor jinak otot


e. Tertumpuknya darah di tuba falopi



93. Ny. K umur 40 th P6A1 datang ke tempat bidan untuk periksa karena perdarahan. KU pucat, t :90/60 mmHg, N :88 x/m, S:37,6 C, R :18 x/m, Hb 7 gram hasil anamnesa Ny. K mengalami perdarahan bila melakukan hubungan seksuak. Untuk menegakkan diagnosis maka Ny. K perlku di lakukan pemeriksaan..


a. Tes DNA HPV


b. Darah


c. Urine


d. VDRL


e. ELISA



94. Nn. A umur 35 th datang ke BPS ingin periksa payudara sebelah kiri terdapat benjolan yang semakin lama semakin membesar, sulit digerakkan, terasa sakit.


Berdasarkan data di atas, kemungkinan Nn. A menderita…


a. Piget disease


b. Kanker payudara

 

c. Fibro adeno mammae


d. Kista sarcoma filodes


e. Engorgement



95. Ny.m umur 40 th mempunyai 2 anak, datang ke praktek bidan, dalam 1 tahun terakhir ini mengalami menstruasi tidak teratur, sering mengalami panas di muka, kemerahan, demam, hasil anamnesa Ny. M mengalami menstrusai pertama pada usia 9 th. Sesuai dengan data di atas kemungkinan Ny. M mengalami...


a. Fase menopause


b. Fase pra menopause


c. Fase perimenopause


d. Fase pasca menopause


e. Fase senium



96. Ny. n umur 21 th datang ke BPS, dengan keluahan pada payudara sebelah kanan teraba benjolan, mudah di gerakkan, tidak berubah-ubah besarnya dan tidak nyeri.


Deteksi dini yang dapat dilakukan pada Ny. N adalah…


a. Mammografi


b. SADARI


c. IVA test


d. Papanicolou smear


e. USG



97. Ny. I umur 30 th dengan riwayat abortus 3 kali. Sekarang mengalami perdarahan yang tidak kunjung berhenti sejak mulai haid sampai sekarang. Perdarahan telah terjadi selama 12 hari dengan sifat darah banyak, di sertai nyeri pada perut yang terus-menerus. Ia sekarang merasa sering pusing dan mudah berkunang-kunang. Dari pemeriksaan VT di jumpai adanya masa uterus. Padat dan berbenjol-benjol. Berdasarakan hasil pemeriksaan,


Dugaan diagnose Ny. I adalah…


a. Myoma uteri


b. Molla hidatidosa


c. Abortus habitualis

 

d. Torsi myoma uteri


e. Korio karsioma



98. Ny. T umur 47 th mengeluh sejak 1 th ini mengalami menstruasi yang tidak teratur, kadang-kadang 3 bulan tidak menstruasi, kadang menstruasi sangat banyak. Ahkir-akhir ini sering merasa cemas, dada berdebar-debar, sulit tidur dan mudah tersinggung. Setelah di lakukan pemeriksaan di jumpai hasil TD 130/80 mmHg, N 88 x/m, BB 76 kg. mudah tersinggung, dan rasa cemas.


Sulit tidur yang dialami Ny. T merupakan...


a. Reaksi seksorik


b. Reaksi neurosis


c. Reaksi hiperaktif


d. Reaksi vasomotoris


e. Reaksi emosinal



99. Ny. V umur 42 th mengalami menstruasi tidak teratur kurang lebih 6 bulan, saat ini setiap menstruasi perdarahan banyak dan keluar stosel. Datang ke bidan, hasil pemeriksaan fisik TD 120/70 mmHg, N 120 x/m dan cepat, R 29 x/m, pemeriksaan abdomen teraba masa berbenjol-benjol.


Sesuai data kemungkinan Ny. V mengalami suspect..


a. Myoma uteri


b. Endometriosis


c. Cystoma ovarii


d. Servixitis uteri



100. Ny. R umur 38 th, BB 75 kg, TB 150 cm, datang ke bidan dengan keluhan rasa panas dan nyeri saat kencing, leukorea yang di sertai rasa gatal, hingga menjadi iritasi. Ia merasa terganggu saat coitus. Hasil pemeriksaan tampak intoitus vagina berwarna merah, bengkak dan tertutup secret.


Pemeriksaan utama pada kasus di atas adalah…


a. Obstetric


b. Ginekologi

 

c. Antropometri


d. Tanda-tanda vital


e. Pemeriksaan fisik



Penutup

Demikianlah kumpulan latihan soal tes CPNS SKB Bidan 2021 yang sudah kami siapkan untuk bagian pertama. Jangan lupa cek juga soal latihan tes CPNS 2021 bagian Ketiga dan bagian kedua.

Pelajari Juga

  • pengalaman skb bidan
  • fr skb bidan
  • skb bidan pdf
  • kisi-kisi skb bidan sesuai permenpan
  • ebook skb bidan
  • tes potensi akademik bidan
  • tahapan tes cpns bidan
  • tes psikotes kerja bidan