SBMPTN 2021/2022 adalah seleksi penerimaan calon mahasiswa baru untuk perguruan tinggi negeri. SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi SBMPTN ini setiap tahun diadakan setelah SNMPTN selesai.
Untuk mengikuti seleksi UTBK SBMPTN 2021/2022 perlu persiapan khusus yang teman-teman harus siapkan, tahapan paling awal adalah Ujian UTBK TPS2021/2022 . Jika sebelumnya ujian SBMPTN terbagi menjadi dua sistem ujian, yaitu CBT dan PBT, maka pada tahun ini ujian UTBK SBMPTN 2021/2022 hanya diselenggarakan dengan sistem UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) saja.
Buat adik-adik yang akan mengikuti ujian tulis UTBK SBMPTN Tahun Akademik 2021/2022 , baik itu Ujian UTBK TKA Saintek (IPA), TKA Soshum (IPS), UTBK TPS, maupun TKA Saintek dan Soshum, sangat penting untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Persiapan yang harus mulai adik-adik lakukan adalah dengan;
Poin-poin di atas telah terangkum semua di dalam Soal Latihan UTBK TPS SBMPTN yang akan kami bagikan. Materi Soal Tes UTBK TPS 2021/2022 yang kami sediakan ini semoga bisa membantu adik-adik lulus di PTN Favorit yang adik tuju. Nah, bagi adik-adik yang benar-benar ingin lulus di PTN impian, mari pelajari Soal Tes UTBK SBMPTN 2021/2022.
Semua soal soal SBMPTN yang kami sediakan sifatnya gratis untuk membantu Adik-adik dalam menghadapi ujian UTBK SBMPTN nanti.
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomar 1 sampai dengan nomor 7.
Untuk menyalurkan bakat dan minat siswa SMA Bina Bersaudara Medan, kepada siswa dibagikan formulir identitas guna mengetahui kegemaran tiap siswa. Hal itu dilakukan agar sekolah dapat membina bakat dan minat siswa secara benar. Pembinaan tersebut dimasukkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Ektrakurikuler merupakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di luar kurikulum inti.
Dari formulir yang dibagikan itu dapat dikenali berbagai bakat dan minat siswa. Meskipun tidak semua bakat dan minat siswa itu terpenuhi di sekolah, pihak sekolah mengetahui kegemaran siswa. Dengan cara itu, sekolah dapat mencarikan wadah untuk menyalurkan bakat dan minat siswa. Berdasarkan isian tersebut, diketahui ada lima jenis kegemaran utama siswa SMA Bina Bersaudara Medan, yakni bola basket, seni tari, melukis, menyanyi, dan seni peran sebagaimana disajikan dalam tabel berikut.
Tabel Jenis Kegemaran Siswa SMA Bina
Bersaudara
Medan
Jenis Kelas Kelas Kelas XII
kegemaran X XI
bola basket 100 150 120
seni tari 75 78 80
melukis 68 54 44
menyanyi 57 46 44
seni peran 40 7 180
1. Kata itu pada kalimat ke-3 paragraf ke-2 di atas merujuk pada
(A) menyalurkan bakat
(B) mengisi formulir
(C) mengetahui kegemaran
(D) mengetahui minat
(E) membina ekstrakurikuler
2. Paragraf manakah yang paling tepat melengkapi teks di atas?
(A) Tabel di atas menunjukkan bahwa
minat siswa dalam memilih ekstrakurikuler cenderung tidak stabil. Hal itu ditunjukkan dengan jumlah siswa pada setiap jenjang kelas yang tidak tetap, misalnya menyanyi dan seni peran
(B) Tabel di atas menunjukkan bahwa
minat siswa dalam memilih ekstrakurikuler cenderung stabil. Hal itu ditunjukkan dengan jumlah siswa pada setiap jenjang kelas yang cenderung tetap, misalnya menyanyi dan melukis
(C) Tabel di atas menunjukkan bahwa
minat siswa dalam memilih ekstrakurikuler cenderung fluktuatif. Hal itu ditunjukkan dengan jumlah siswa pada setiap jenjang kelas yang tidak selalu tetap, misalnya bola basket dan seni peran.
(D) Dari tabel di atas diketahui bahwa siswa cenderung memilih seni peran. Hal itu ditunjukkan dengan jumlah siswa yang mengikutinya di kelas XII menduduki jumlah terbanyak di antara semua jenis kegemaran.
(E) Dari tabel di atas diketahui bahwa siswa cenderung memilih bola basket. Meskipun peminatnya tidak memiliki kecenderungan naik, basket masih mendominasi kegemaran siswa.
3. Pernyataan manakah yang paling sesuai dengan isi tabel di atas?
(A) Peminat bola basket semakin meningkat setiap tahunnya
(B) Seni tari memiliki prospek paling baik karena peminatnya selalu meningkat
(C) Seni lukis memiliki prospek paling baik karena peminatnya selalu meningkat
MEDIA EDUKA “SOLUSI LULUS MENGHADAPI UJIAN”
(D) Di setiap jenjang kelas, menyanyi menjadi kegemaran yang paling sedikit peminatnya.
(E) Seni peran paling tidak diminati siswa karena pesertanya selalu paling sedikit pada setiap jenjangnya.
4. Dari data jenis kegemaran paling diminati siswa SMA Bina Bersaudara Medan adalah
….
(A) bola basket
(B) Seni tari
(C) melukis
(D) menyanyi
(E) Seni peran
5. Berdasarkan minat bakat paling diminati siswa SMA Bina Bersaudara Medan untuk kelas XII adalah ….
(A) bola basket
(B) Seni tari
(C) melukis
(D) menyanyi
(E) Seni peran
6. Berdasarkan jenis kegemaran melukis siswa SMA Bina Bersaudara Medan untuk kelas
XII adalah ….
(A) 120
(B) 100
(C) 80
(D) 68
(E) 44
7. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan tabel kegemaran Siswa SMA Bina
Bersaudara Medan adalah ….
(A) Kegemaran basket adalah paling banyak diminati
(B) Jumlah siswa gemar seni peran adalah 227 siswa
(C) Jumlah siswa kelas XII sesuai kegemaran adalah 468
(D) Kegemaran seni tari yang paling sedikit ada di kelas XI
(E) Jumlah siswa gemar melukis adalah 160
610
Teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 14!
Sepanjang empat tahun terakhir ini, produksi udang Indonesia masih menguasai pasar Jepang. Volume ekspor udang Indonesia memang masih paling tinggi ke negeri Matahari ini. Hanya saja, perlu diperhatikan, ternyata volumenya dari tahun ke tahun mengalami penurunan, seiring lesunya sektor udang nasional. Hal yang perlu diwaspadai adalah produksi udang Vietnam yang makin melejit. Sebagai perbandingan pada tahun 2016, ekspor udang Indonesia ke Jepang sebanyak 55.617 ton, sedangkan Vietnam mengekspor 35.664 ton. Untuk lebih jelasnya lihat tabel di bawah ini.
Jumlah Udang yang Diimpor Jepang
(2016 – 2019)
Negara 2016 2017 2018 2019
Asal
Indonesia 55.617 53.607 52.367 16.669
Vietnam 35.664 41.516 47.626 13.568
India 42.991 34.795 28.191 9.707
Cina 14.926 19.598 20.494 5.629
Thailand 20.574 18.987 16.806 4.771
8. Hal yang digambarkan dalam tabel tersebut adalah … .
(A) Jumlah udang yang diimpor Jepang dari tahun ke tahun mengalami penurunan yang cukup drastis, dan ekspor udang dari Indonesia, Cina, dan India mengalami turun naik dari tahun 2016 – 2019.
(B) Jumlah ekspor udang Indonesia tahun 2016 dan 2017 hampir sama dengan jumlah ekspor udang dari negara lain pada tahun 2018 sedang jumlah ekspor udang pada tahun 2019 hampir sama dengan jumlah ekspor India tahun 2018
(C) Jumlah ekspor udang Indonesia, India, dan Thailand ke Jepang dari tahun ke tahun menurun, sedangkan Vietnam dari tahun ke tahun makin naik, kecuali tahun 2019 mengalami penurunan yang drastis.
(D) Ekspor udang dari negara India ke Jepang mengalami peningkatan pada tahun 2017 dan 2019, sedangkan jumlah ekspor dari negara lain mengalami penurunan pada tahun 2016 dan meningkat drastis pada tahun 2019
MEDIA EDUKA “SOLUSI LULUS MENGHADAPI UJIAN”
(E) Udang yang diimpor Jepang dari Indonesia mengalami kenaikan dari tahun 2016 sampai tahun 2019, sedangkan dari negara lain mengalami penurunan yang cukup drastis pada tahun 2016 dan kenaikan pada tahun 2017
9. Kesimpulan isi tabel tersebut yang tepat adalah … .
(A) Ekspor udang dari beberapa negara ke Jepang mengalami kenaikan yang tajam
(B) Udang yang diimpor Jepang dari berbagai negara pada tahun 2019 mengalami penurunan
(C) Ekspor udang dari beberapa negara selalu stabil dari tahun 2016 sampai tahun 2019
(D) Ekspor udang dari negara lain mengalami kenaikan tajam pada tahun 2018 dan 2019
(E) Jumlah impor udang Jepang dari beberapa negara dari tahun ke tahun mengalami kenaikan
10. Berdasarkan tabel udang yang diimpor Jepang dari berbagai negara pada tahun
2019 paling tinggi di negara ….
(A) Indonesia
(B) Vietnam
(C) India
(D) China
(E) Thailand
11. Dari tahun 2016-2019 udang yang diimpor Jepang dari berbagai negara dengan jumlah paling rendah ada di negara ….
(A) Indonesia
(B) Vietnam
(C) India
(D) China
(E) Thailand
12. Udang yang diimpor Jepang dari tahun 2017-2018 yang mengalami kenaikan di negara ….
(A) Indonesia & Vietnam
(B) Vietnam & India
(C) India & China
(D) Vietnam & China
(E) Thailand & India
610
13. Jumlah impor udang Jepang tahun 2019
sebesar ….
(A) 16.669
(B) 30.237
(C) 39.944
(D) 50.344
(E) 60.344
14. Jumlah impor udang Jepang tertinggi dari
negara ….
(A) Indonesia
(B) Vietnam
(C) India
(D) China
(E) Thailand
15. Berapa nilai Y ?
3 3 2 144
4 4 3 8.000
5 5 4 Y
(A) 81
(B) 810
(C) 8.100
(D) 81.000
(E) 810.000
16. Tentukan nilai Y pada pola berikut!
9 16 18 32
12 X
(F) 28
(G) 24
(H) 20
(I) 18
(J) 12
17. 5,65 − 5,55 + 4,55 − 4,45 + 3,45 − 3,35 + 2,35 − 2,25 = ….
(A) 25
(B) 45
(C) 1
(D) 54
(E) 52
MEDIA EDUKA “SOLUSI LULUS MENGHADAPI UJIAN”
18. Di antara bilangan di bawah ini, yang habis dibagi 8 adalah ….
(A) 123.456
(B) 234.567
(C) 345.678
(D) 456.789
(E) 567.890
19. Jika adalah bilangan genap dan adalah bilangan ganjil maka yang merupakan bilangan ganjil adalah ….
(A) ( + )( − )
(B) 62(3 − )
(C) ( + 2)2−1
(D) 2+2 + +3
(E) ( − 3)2 + ( + 4)2
610
20. Jika = 0,888, = √0,888, dan = (0,888)2 maka pernyataan yang benar adalah ….
(A) < <
(B) < <
(C) < <
(D) < <
(E) < <
Jadi itulah Latihan Soal SBMPTN TPS Penalaran Umum untuk hari ini. Jangan lupa pelajari juga soal-soal SBMPTN untuk TKA Soshum dan Saintek sesuai dengan jurusan yang ingin Anda tuju di Bangsoal.