Monday, March 22, 2021

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Selamatkan Makhluk Hidup

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Semester 1 dengan judul subtema"Tumbuhan Sumber Kehidupan". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. Untuk memahami materi Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Selamatkan Makhluk Hidup :


1. Tumbuhan memiliki kemampuan berkembang biak untuk mempertahankan kelestariannya. Oleh karena itu, kita dapat menikmati terus manfaatnya. 


2. Kandungan teh yang konon bermanfaat bagi tubuh pun sudah banyak diteliti oleh banyak kalangan.  

3. Memang terbukti, tanaman teh tumbuh subur di wilayah pegunungan di seluruh Indonesia.

4. Teh merupakan salah satu tanaman tropis yang tumbuh pada ketinggian antara 200 sampai dengan 2.000 meter di atas permukaan laut.

5. Suhu yang dibutuhkannya untuk dapat tumbuh dengan baik antara 14°–25°C, yang diikuti oleh cahaya matahari yang cerah serta kelembapan relatif di siang hari tidak kurang dari 70%. 

6. Jika suhu mencapai 30° Celcius, maka pertumbuhan tanaman teh akan terhambat.

7. Tanaman teh juga tidak tahan terhadap kekeringan. Curah hujan yang dibutuhkan tanaman teh minimum 1.200 mm yang merata sepanjang tahun.

8. Di Indonesia, perkebunan teh tersebar di beberapa wilayah pegunungan di Pulau Jawa dan Sumatera. 

9. Sebagai vegetasi di pegunungan, pohon teh juga berfungsi untuk mencegah terjadinya erosi. 

10. Di balik secangkir teh yang biasa kita minum setiap hari, dapat diketahui bahwa faktor lingkungan mempengaruhi pertumbuhan dan rasa teh. 

11. Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di garis khatulistiwa, meliputi bentang alam dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan.

12. Dataran rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 diatas permukaan laut (dpl).

13. Hampir semua ibu kota propinsi di Indonesia terletak di dataran rendah. Tumbuhan di dataran rendah adalah padi, palawija, dan tebu.

14. Wilayah pantai termasuk dataran rendah. Tumbuhan di wilayah pantai adalah kelapa, bakau, dan ganggang.

15. Dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 diatas permukaan laut (dpl). Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh, buah-buahan, dan sayuran.

16. Beberapa dataran tinggi di Indonesia, contohnya dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dataran tinggi Malang dan Tengger (Jawa Timur), dataran tinggi Alas (Aceh), dan dataran tinggi Bone
(Sulawesi Selatan).


17. Permainan tradisional boy-boyan dikenal dengan nama Pecah Piring atau Gebokan. Dalam permainan ini dibutuhkan bola dan pecahan genteng atau benda lain untuk disusun ke atas, sehingga berbentuk menara.


18. Rounders adalah jenis olahraga permainan yang berasal dari Inggris. Peraturannya hampir sama dengan permainan kasti.   

Lapangan Rounders:

Lapangan Kasti :
19. Teknik permainan rounders yang sama dengan kasti, yaitu melempar, menangkap, dan memukul
bola. 

20. Bakau merupakan tumbuhan unik yang terdapat di muara sungai, daerah pasang surut, dan pesisir
laut.
 

21. Bakau memiliki akar napas, yang berfungsi menyerap oksigen dari udara. 

22. Tumbuhan selain berkembang biak dengan cara generatif, juga berkembang biak dengan cara vegetatif

Itulah kumpulan rangkuman materi tematik yang sudah Bangsoal kumpulkan. Jangan lupa baca juga kumpulan rangkuman materi untuk tema-tema berikutnya di sini.