Teks Dakwah Cilik Tema kebersihan mudah di hafalkan

teks pidato untuk anak - masoyit

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

(pantun)
Si Mamat pergi ke bagdad
perginya naik pesawat
Jika kita umat nabi Muhammad
Jawablah salam dengan semangat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil `alamin. Wasola wasalamu ala asrofil anbiyai walmursalin. Waala alihi washohbihi ajmain. Amma ba`du.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur ke hadirat Allah swt karena dengan rahmat serta hidayahnya kita bisa berkumpul di ruangan yang mulia ini dengan keadaan sehat wal afiat. Shalawat beserta salam semoga terlimpahcurahkan kepada Nabi Muhammad SAW tak lupa kepada keluarganya kepada sahabatnya dan mudah-mudahan kepada kita selaku umatnya.
Yang saya hormati para dewan juri serta rekan-rekan sekalian yang saya cintai.
Pada kesempatan ini dihadapkan rekan-rekan sekalian, saya  ....................... akan menyampaian pidato dengan tema “Kebersihan Sebagian dari iman”.

Hadirin sekalian,
Kita sering mendengar ungkapan “Annadzhafatu Minal Iman” atau “Kebersihan Sebagian dari iman”. Ungkapan itu mengandung makna bahwa menjaga kebersihan merupakan bukti atau buah keimanan seorang muslim.
Allah mencintai kebersihan, untuk mendapatkan cinta Allah upayakan untuk selalu bersih. Bersih diri, bersih hati, bersih lingkungan.
Ada beberapa jenis bersih yang harus kita jaga :

Pertama, Bersih diri
Kebersihan dimulai dari diri sendiri. Jika hendak menghadap Allah dalam Shalat, kita diharuskan dalam keadaan suci dan bersih. Bersih diri, pakaian dan tempat. Aktifitas menjaga kebersihan diri diwajibkan dalam syariat, sebagaimana diungkapkan dalam Hadist; “Ath-thahuuru syatrul iiman”, yang artinya Bersuci/Thaharah itu sebagian dari iman.

Kedua, Bersih Lingkungan
Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat. Jika kita lalai dalam menjaga lingkungan, maka akan menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Menjaga kebersihan lingkungan dimulai dari kebiasaan membuang sampah pada tempatnya,

Ketiga, Bersih hati
Bersihkan hati dengan ikhlas.. Ikhlas adalah segala kecenderungan pada Allah, menjadikan keridhaan Allah sebagai alasan mengerjakan perintah dan meninggalkan larangan.

Terakhir, Bersih Harta
Tazzkiyah adalah mensucikan harta dengan Zakat. Zakat merujuk pada aktivitas memberikan sebagian kekayaan dalam jumlah dan perhitungan tertentu untuk orang-orang tertentu sebagaimana ditentukan.
Perintah menunaikan zakat yang terdapat dalam Al-Qur’an diantaranya sebagaimana tercantum dalam surat Albaqarah ayat 43;



Artinya : dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.Dengan mengeluarkan zakat, harta menjadi bersih dan pemanfaatannya akan memberikan berkah yang lebih baik.
Demikianlah Islam agama yang lurus dan terang memberi tuntunan pada umatnya. Untuk selalu menjaga kebersihan.
Rupanya hanya itulah yang bisa saya sampaikan, mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang tepat atau ada kata yang menyakiti hati rekan semua.
Wabillahi taufik walhidayah wassalam`alaikum wr, wb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel