Wednesday, June 16, 2021

200+ Soal Tes CPNS SKB Bidan 2021 [Lengkap] - Bagian 3

 



Ada baiknya kita semua mulai berlatih dari sekarang dengan latihan soal tes CPNS SKB bidan 2021 di ini, Demi mempersiapkan diri dan mendapatkan tempat sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS (Pegawai Negri Sipil). Mengingat tahun lalu, tes CPNS ditiadakan karena faktor kondisi lingkungan yang memang sedang tidak memungkinkan. 


Jadi pastinya, tes ASN 2021 akan jauh lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya dengan paserta yang 2x lipat lebih banyak.


Mulai tanggal 30 Desember 2020, lowongan PNS sudah dibuka secara resmi. Tercatat ada sekitar 1 juta lowongan CPNS 2021 yang akan diperebutkan oleh belasan juta masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pastikan Anda semua sudah siap bersaing.


Jadwal Tes CPNS 2020 & 2021

Untuk saat ini, belum ada jadwal tes cpns 2021 secara resmi. Tetapi proses pendaftaran dan verifikasi data untuk peserta CPNS sudah dibuka sejak 30 Juli 2020 lalu. 


Beberapa dari Anda pastinya juga sudah mengikuti tahap verifikasi data, melakukan pendaftaran ulang, dan mengurus segala bentuk administrasi dan pendaftaran lainnya.


Passing Grade CPNS 2021

Mengingat tahun lalu tidak ada tes CPNS di Indonesia, pastinya tahun ini passing grade CPNS 2021 akan semakin tinggi dan sulit. Tentunya tiap institusi negara ingin memiliki SDM terbaik yang bisa bersaing dengan negara lain baik secara IQ maupun EQ.


Untuk passing grade CPNS 2018 sendiri, bobot Seleksi Kompentensi Bidang (SKB) adalah 60 persen, sedangkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah 40 persen. 


Namun keduanya sangat berpengaruh kepada nilai akhir yang Anda dapatkan dalam tes. Jadi pastikan Anda siap dalam kedua tes baik SKD maupun SKB.


Soal  Tes CPNS 2021

Tes CPNS tahun ini akan dilakukan dalam bentuk CAT alias Computer Assisted Test. Artinya seluruh proses tes akan dilakukan dengan komputer atau PC yang sudah disediakan oleh pengelola dan penyelenggara. 


Kami sangat menyarankan Anda membiasakan mengoperasikan komputer atau laptop mulai dari sekarang. Hal ini akan sangat membantu proses berjalannya tes ketika sudah sampai hari H.


Tes CPNS SKD 2021 (Seleksi Kemampuan Dasar) sendiri akan terdiri dari 3 macam soal. Yaitu:

- 35 soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

- 30 soal TIU (Tes Intelegensia Umum)

- 35 Soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi)


Dalam artikel kali ini pun, kami akan mempersiapkan 300 latihan soal tes CPNS SKB bidan 2021 khusus untuk Anda berlatih.


Tempat Simulasi Tes CPNS SKB Bidan

Jika Anda bingung dimana tempat mencari latihan soal tes CPNS 2021, sebenarnya ada banyak situs yang menyediakan di internet. Namun rata-rata situs tersebut berbayar dan sulit untuk dioperasikan.


Oleh karena itu dalam artikel kali ini kami akan membagikan soal latihan tes CPNS SKB Bidan 2021 gratis agar Anda semua bisa mengetahui apa saja kira-kira soal yang akan keluar di tes CPNS yang asli nantinya.


Latihan Soal Tes CPNS SKB Bidan 2021

Silahkan pelajari soal latihan tes CPNS SKB Bidan 2021 di bawah ini dari HP, laptop, PC, atau komputer masing-masing. Kami juga sudah mempersiapkan kunci jawabannya untuk seluruh soal di bagian akhir artikel. Jadi jika semua soal sudah diisi, silahkan evaluasi pertanyaan mana yang jawabannya salah dan mana yang benar.


51. Seorang perempuan, usia 35 th sudah memiliki 2 orang 2 anak, 3 th dan 1 th, datang ke puskesmas untuk ber KB. Hasil pengkajian pasien belum pernah ber KB. Pada dokumtentasi bidan menggaris bawahi usia pasien.


Apakah alasan bidan menganggap usia peting di perhatikan pada kasus tersebut?


a. Usia 35 tahunan batas resiko

 

b. Pasien terlambat ber KB


c. Pasien belum pernah ber KB


d. Karena pasien sudah memiliki 2 anak


e. Untuk penentuan alternative KB yang di pilih



52. Seorang perempuan berusia 26 th datang ke BPM. Ingin menggunakan kontrasepsi jangka panjang AKDR untuk tidak memiliki anak lagi. Hasil pemeriksaan planotes (-) dan sedang haid hari ke 3.


Apakah tindakkan awal di lakukan bidan tersebut?


a. Melakukan pemasangan AKDR


b. Memberikan inform KB AKDR


c. Memberi konseling peralatan AKDR


d. Mempersiapkan peralatan AKDR


e. Memeberikan inform choice kontrasepsi



53. Bidan datang kerumah seseorang perempuan berusia 35 th. Keluhan 1 bulan postpartum anak ke 4 dan ingin menghentikan kehamilannya dengan menggunakan alat kentrasepsi. Dari hasil pemeriksaa TD 110/80 mmHg, N 70 x/m, RR 6 x/m, perdarahan post partum (-).


Apakah alat kontrasepsi yang sebaiknya di sarankan untuk perempuan tersebut?


a. Metode kontrasepsi sederhana tanpa alat


b. Kontrasepsi sederhan dengan alat


c. Kontrasepsi hormonal


d. Kontrasepsi non hormonal


e. Kontrasepsi mantap



54. Seorang perempuan umur 29 th datang eke BPM. Keluhan melahirkan 40 hri yang lalu, anak pertama, sedang menyusui dan belum mau melakukan hubungan intim karena takut hamil. Dari pemeriksaan TD 110/70 mmHg, N 89 x/m, RR 24 x/m, S 36,50 C.


apa pil keemasan isi 28 ysng di berikan bidan untuk kasus tersebut?

 

a. 75 norgestrel


b. 00 norgestrel


c. 200 norgestrel


d. 300 norgestrel


e. 350 norgestrel



55. Seorang perempuan berusia 28 th datang ke klinik bersalin. Keluhan telah memakai pil kombinasi selama 1 th, sekarang mengalami bercak-bercak perdarahan di luar haid. Dari hasil pemeriksaan TTV normal,muka berjerawat dan BB meningkat 15 kg.


Apakah masalah ganguan haid pada kasus di atas?


a. Menoragia


b. Metroagia


c. Polimenorhea


d. Oligomenorhea


e. Hipermenorhea



56. Seorang perempuan usia 26 th datang keklinik telah melahirkan 6 bulan lalu, belum Kb, ingin memakai alat kontrasepsi dan sedang menyusui. Hasil pemeriksaaan TD 120/70mmHg, planotest (-) dan masa pemberian ASI ekslusif.


Apakah tindakkan yang paling utama dailakukan bidan pada perempuan tersebut?


a. Pemeriksaan fisik pada klien


b. Pemberian alat kontrasepsi KB pada klien


c. Lakukan konseling KB pada klien


d. Memberikan informed choice pada klien


e. Memberikan inform consent pada klien



57. Bidan datang ke rumah seoarng perempuan berusia 27 th, telah melahirkan anak ke 5 2 bulan yang lalu. Dengan keluhan ingin menghentikan kehamilannya, sedang menyusui dan ingin memakai KB. Hasil pemeriksaan terdapat varices berat pada tungkai, TD 50/100 mmHg dan pernah terkena penyakit storek.

 

Apa yang di gunakan untuk klien tersebut dengan metode kontrasepsi maksimal?


a. 8 tahun


b. 5 tahun


c. 3 tahun


d. 7 tahun


e. 2 tahun



58. Seorang perempuan usia 23 th, menikah 1 bulan yang lalu datang ke klinik bersalin. Dengan keluhan belum ingin memiliki anak, suami bekerja di luar kota dan akan menggunakan KB kondom. Dari hasil anamnesa suami mempunyai riwayat ejakulasi dini .


Apakah efek samping utam pada penggunaan KB tersebut?


a. Ekspulsi


b. Keputihan


c. Reaksi alergi


d. Infeksi saluran uretera


e. Timbul cairan vagina yang berbau



59. Ny. V usia 42 th, mengalami menstruasi tidak teratur kurang lebih 6 bulan, saat ini setiap menstruasi perdarahan banyak keluar stosel. Datang ke bidan, hasil pemeriksaan fisik TD 120/70 mmHg, N 120 x/m dan cepat. R 29 x/m, pemeriksaan abdomen teraba masa berbenjol-benjol.


Tindakkan sementara dalam mengatasi perdarahan Ny. V yang dapat di berikan adalah..


a. Roboransia


b. Uterotonika


c. Hormone estrogen


d. Suntikan antikoagulan


e. Hormone progesterone



60. Seorang ibu usia 27 th mekahirkan anak ke 2 berusia 2 bulan, masih menyusui dan belum mendapatkan haid. Datang ke bidan dengan maksud ingin ber KB yang tidak mengganggu kelancaran

 

ASI, hasil pemeriksaan TTV normal.



apakah konseling kontrasepsi yang tepat di berikan bidan pada kasus tersebut?


a. Kontap


b. Implant


c. Suntikan


d. Pil kombinasi


e. Mal sampai bayi berusia 6 bulan




61. Seorang wanita usia 30 th datang ke BPM dengan keluhan terlambat haid selama 3 minggu, saat ini merasa mual muntah di pagi hari. Hasil pemeriksaan KU ibu baik TD 110/70 mmHg, N 84 x/m, S 36,5 C.


apakah pemeriksaan penujang yang di lakukan untuk menegakkan diagnose?


a. Urine HGG


b. Urin aceton


c. Urin reduksi


d. Urin protein


e. Urine glukosa



62. Bidan merujuk pasien beruisa 28 th G1 P0 A0 umur kehamilan 36 minggu ke RS dengan kondisi tidak sadar, menalami kejang-kejang. Hasil pemeriksaam TD 160/110 mmHg N 100 x/m, R 16 x/m, DJJ ireguler, terdapat oedema pada wajah tangan dan kaki.


apakah diagnose yang sesuai dengan kasus di atas ?


a. Eklampsia


b. Pre eklampsia berat


c. Pre eklampsia ringan


d. Pre eklmapsia sedang


e. Superimpose pre eklamsia

 

63. Seorang wanita 32 th G2 P1 A0 umur kehamilan 28 minggu, datang ke RSUD dengan keluhan mengeluarkan darah banyak dari jalan lahir, warna merah segar,, tidak di sertai nyeri perut, hasil pemeriksaan KU lemah, pucat, DJJ 155 x/m regular pmeriksaan USG plasenta terletak di segmen bawah rahim.


Apakah diagnosis yang tepat untuk kasus di atas?


a. Plasenta akreta


b. Plasenta previa


c. Solution placenta


d. Plasenta inkerta


e. Retensio plasenta



64. Seorang bayi bayi berusia 2 bulan di bawa ibu nyake puskesmas untuk di imunisai, hasil pemeriksaaam badan 4500 gram, di lihat pada kartu KMS, bayi baru mendapat imunisai HB0 dan polio 1.


Apa jenis imunisasi yang harus di berikan pada bayi dalam kasus di atas?


a. DPT 1


b. BCG


c. Campak


d. DPT 2


e. HB



65. Seoarang bayi berusia 9 bulan di bawa ibunya ke puskesmas untuk di imunisasi campak, hasil pemeriksaan berat badan 7500 gram, kondisi bayi sehat dan belum pernah menderita campak sebelumnya.


Bagaimanakah cara penyutikan imunisasi tersebut?


a. Sub cutan


b. Intra vena


c. Intra cutan


d. Intra muscular


e. Peroral

 


66. Seorang wanita usia 28 th P1 A0 postpartum 12 hari datang ke RS mengeluh payudaranya nyeri dan bengkak. Hasil pemeriksaan terdapat infalmasi dan kemerahan pada payudara di sebelah kiri.


Apakah diagnose pada kasus di atas?


a. Bendungan payudara


b. Tumor payudara


c. Mastitis


d. Abses payudara


e. Ca. payudara




67. Seorang wanita usia 35 th melahirkan di BPM. Pada 2 jam postpartum bidan melakukan pemeriksaan di dapatkan uterus tidak berkontraksi dan terdapat. Perdarahan dari jalan lahir. TD 90 /70 mmHg, suhu 37 C R18 x/m dan nadi 80 x/m.


Apakah tindakkan segera berdasarkan kasus di atas?


a. Manual plasenta


b. Eksplosiasi rahim


c. Kompresi bimanual interna


d. Memebrikan tampon pada vagina


e. Merujuk



68. Seorang wanita berusia 35 th P3 A0 postpartum 2 minggu, datang ke BPM dangan keluhan demam menggigil, nyeri bagian perut bawah, lokhia berbau dan mengeluarkan nanah, ahsil pemriksaan TD 100/80 mmHg, nasi 110 x/m , S 38,5 c dan terdapat nyeri tekan uterus.


Apakah diagnose pada kasus di atas?


a. Metritis


b. Peritonitis


c. Abses pelvic


d. Mastitis


e. Selulitis

 

69. Seorang bayi berusia 5 hari di bawa ibunya ke puskesmas dengan keluhan malas menyusu dan tidur terus. Hasil pemerikasaan penujang menujukan kadar bilirubin 6 mg/dl.


Apakah diagnose pada kasus diatas?


a. Kern ikterus


b. Ikterus patologis


c. Ikterus fisiologis


d. Hepatitis A


e. Hepatitis B



70. Bidan bekerja dengan kader mengadakan posyandu bayi dan balita di bawah kerjanya. Dari 20 bayi balita yang berkujung 5 di antaranya berada di bawah garis merah dan terdapat 10 bayi yang belum mendapatkan vaksinasi campak karena ibu bayi kuatir bayinya mengalmi demam tinggi pasca pemberian vaksinasi. Apakah pendidikan kesehatan yang tepat untuk kasus di atas?

a. Kejadian ikutan pasca imunisasi


b. Deteksi dini tumbuh kembang


c. Lima imunisasi dasar lengkap


d. Nutrisi bergizi dan seimbang


e. Stimulsai tumbu kembang




71. Seorang ibu hamil 25 th datang ke BPM untuk memeriksakan kehamilannya, belum pernah melahirkan, belum pernah abortus masuk PAP, puki, DJJ :130 x/I, TTV dalam batas normal.


Apakah asuhan kebidanan yang perlu di berikan bidan untuk kasus tersebut?


a. Persiapan persalinan


b. Memberikan TT ke 2


c. Asupan gizi/ nutrisi obu hamil


d. Pendidikan kesehatan tentang gizi seimbang


e. Konseling tentang tanda bahaya kehamilan



72. Seorang perempuan umur 38 th datang ke klinik bersalin ipartu sisa dukun, sering BAK. Telah di pimpin mengejan oleh dukun 3 jam.KU

 

lemah, kelemahan, TD 90/60 mmHg, N 100 x/I,S 39,5 c, vt pembukaan 8 cm, kepala di hodge III, DJJ :182 x/i.


apakah komplikasi yang di alami ibu tersebut?


a. Sepsis


b. Febris


c. Fetal distress


d. Infeksi intra partum


e. Rupture uteri incomplete



73. Pasangan usia subur baru saja menika, datang ke klinik ingin berkonsultasi tentang KB. Hasil pemeriksaan istri sedang haid keadaan umum dalam batas normal.


apakah tindakkan yang di lakukan bidan pada kasus?


a. Memberikan alat kontrasepsi


b. Menentukan alat kontrasepsi yang akan di lakukan


c. Menasehati segera mengiakan kontrasepsi


d. Memberikan informasi tentang macam-macam alat kontrasepsi


e. Menentukan waktu yang tepat menggunakan alat kontrasepsi



74. Seorang perempuan usia 16 th datang ke BPM, dengan keluhan sesak nafas, terlalu susuah bergerak, merokok dan meminum alcohol, mengaku sebagai PSK. Hasil pemeriksaan RR 10 x/I, TD:100/80 mmHg, TTV lain normal, BB obesitas, Hb 8 gr %.


Apa penyebab faktor kondisi pasien pada kasus tersebut?


a. Faktor hormone dan obat terlarang


b. Faktor alergi saluran nafas


c. Faktor perkembangan


d. Faktor perkembangan


e. Faktor prilaku



75. Seorang ibu usia 29 th usia keamilan 37 minggu, belum pernah abortus dan melahirkan, datang ke klinik bidan dengan keluhan sering buang air kecil dan merasakan mules tetali akan hilang saat

 

istirahar atau mengurangu aktivitasnya. Hasil pemeriksaan TFU 2 jari di bawah px, presentasi kepala, DJJ:120 x/I, TTV normal. apakah tanda yang sedang di alami pada kasus di atas?


a. Tanda hegar


b. Tanda inpartu


c. Tanda goodel


d. Tanda Chadwick


e. Tanda Braxton hiks



Penutup

Demikianlah kumpulan latihan soal tes CPNS SKB Bidan 2021 yang sudah kami siapkan untuk bagian pertama. Jangan lupa cek juga soal latihan tes CPNS 2021 bagian Pertama dan bagian kedua.

Pelajari Juga

  • pengalaman skb bidan
  • fr skb bidan
  • skb bidan pdf
  • kisi-kisi skb bidan sesuai permenpan
  • ebook skb bidan
  • tes potensi akademik bidan
  • tahapan tes cpns bidan
  • tes psikotes kerja bidan