Wednesday, June 23, 2021

200+ Soal Tes CPNS SKB Bidan 2021 [Lengkap] - Bagian 8

 



Ada baiknya kita semua mulai berlatih dari sekarang dengan latihan soal tes CPNS SKB bidan 2021 di ini, Demi mempersiapkan diri dan mendapatkan tempat sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS (Pegawai Negri Sipil). Mengingat tahun lalu, tes CPNS ditiadakan karena faktor kondisi lingkungan yang memang sedang tidak memungkinkan. 


Jadi pastinya, tes ASN 2021 akan jauh lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya dengan paserta yang 2x lipat lebih banyak.


Mulai tanggal 30 Desember 2020, lowongan PNS sudah dibuka secara resmi. Tercatat ada sekitar 1 juta lowongan CPNS 2021 yang akan diperebutkan oleh belasan juta masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pastikan Anda semua sudah siap bersaing.


Jadwal Tes CPNS 2020 & 2021

Untuk saat ini, belum ada jadwal tes cpns 2021 secara resmi. Tetapi proses pendaftaran dan verifikasi data untuk peserta CPNS sudah dibuka sejak 30 Juli 2020 lalu. 


Beberapa dari Anda pastinya juga sudah mengikuti tahap verifikasi data, melakukan pendaftaran ulang, dan mengurus segala bentuk administrasi dan pendaftaran lainnya.


Passing Grade CPNS 2021

Mengingat tahun lalu tidak ada tes CPNS di Indonesia, pastinya tahun ini passing grade CPNS 2021 akan semakin tinggi dan sulit. Tentunya tiap institusi negara ingin memiliki SDM terbaik yang bisa bersaing dengan negara lain baik secara IQ maupun EQ.


Untuk passing grade CPNS 2018 sendiri, bobot Seleksi Kompentensi Bidang (SKB) adalah 60 persen, sedangkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah 40 persen. 


Namun keduanya sangat berpengaruh kepada nilai akhir yang Anda dapatkan dalam tes. Jadi pastikan Anda siap dalam kedua tes baik SKD maupun SKB.


Soal  Tes CPNS 2021

Tes CPNS tahun ini akan dilakukan dalam bentuk CAT alias Computer Assisted Test. Artinya seluruh proses tes akan dilakukan dengan komputer atau PC yang sudah disediakan oleh pengelola dan penyelenggara. 


Kami sangat menyarankan Anda membiasakan mengoperasikan komputer atau laptop mulai dari sekarang. Hal ini akan sangat membantu proses berjalannya tes ketika sudah sampai hari H.


Tes CPNS SKD 2021 (Seleksi Kemampuan Dasar) sendiri akan terdiri dari 3 macam soal. Yaitu:

- 35 soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

- 30 soal TIU (Tes Intelegensia Umum)

- 35 Soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi)


Dalam artikel kali ini pun, kami akan mempersiapkan 300 latihan soal tes CPNS SKB bidan 2021 khusus untuk Anda berlatih.


Tempat Simulasi Tes CPNS SKB Bidan

Jika Anda bingung dimana tempat mencari latihan soal tes CPNS 2021, sebenarnya ada banyak situs yang menyediakan di internet. Namun rata-rata situs tersebut berbayar dan sulit untuk dioperasikan.


Oleh karena itu dalam artikel kali ini kami akan membagikan soal latihan tes CPNS SKB Bidan 2021 gratis agar Anda semua bisa mengetahui apa saja kira-kira soal yang akan keluar di tes CPNS yang asli nantinya.


Latihan Soal Tes CPNS SKB Bidan 2021

Silahkan pelajari soal latihan tes CPNS SKB Bidan 2021 di bawah ini dari HP, laptop, PC, atau komputer masing-masing. Kami juga sudah mempersiapkan kunci jawabannya untuk seluruh soal di bagian akhir artikel. Jadi jika semua soal sudah diisi, silahkan evaluasi pertanyaan mana yang jawabannya salah dan mana yang benar.


176. Ny. F umur 23 th G1 P0 A0 hamil 40 minggu datang ke BPS, mengeluh bahwa kenaikan berat badanya meningkat terlalu banyak, hasil pemeriksaan janin tunggal, hidup, intrauterine, preskep, puka divergen, saat ini sedang dalam proses persalinan kala II di rumah, setelah kepala janin lahir bahu anterior tidak bisa lahir.


Apabila kepala di tarik terlalu kuat pada kasus di atas dapat menyebabkan terjadinya?


a. Tali pusat menumbung


b. Tangan menjungkit


c. cebral palsy


d. Brachial palsy


e. Fraktur pada kepala



177. Ny. A 22 th hamil 40 minggu G1 P0 A0 datang ke klinik bidan janin hidup intrauterine, presentasi kepala, sudah masuk pintu atas panggul, punggung kanan, TFU 38 cm, saat ini sedang proses persalinan kala II di klinik. Setelah kepala janin lahir dan terjadi putaran paksi luar, nahu anterior macet di atas symphisis pubis dan tidak bisa masuk melalui pintu bawah panggul.


Apakah diagnose yang tepat untuk kasus diatas?

 

a. Partus presipitatus


b. Partus macet


c. Distosia bahu


d. Kemacetan kelahiran kepala


e. Gamely



178. Ny. M umur 26 th G2 P1 A0 datang ke BPS menyatakan sejak 2 bulan terakhir tidak menstruasi. Mengeluh sakit pada bagian bawah mengeluh sakit pada bagian bawah mengeluarkan darah bercak berwarna coklat tua. Hasil pemeriksaan di dapat belum ada(+).


Apakah etiologi darai kasus Ny. M tersebut?


a. Hipotiroid


b. Siklus haid tidak teratur


c. Endometriosis tuba


d. Peritonitis


e. Vaginitis



179. Ny. C 35 th G2P1A0 umur kehamilan 30 minggu datang ke BPS dengan keluhan cepat merasa lelah, sesak nafas, nyeri dada, keluhan tersebut hilang pada saat istirahat. Pemeriksaan fisik di adapatkan palpasi dan odema tungkai dan tangan, TD 110/90 mmHg, nadi 88 x/m.


Apabila penyakit Ny. C berlanjut, kemungkinan akan terjadi komplikasi berupa?


a. Eklampsia


b. Plasenta previa


c. Preeclampsia


d. Kehamilan ektopik terganggu


e. Hipertensi



180. Ny. sila 30 th G2P0A1 hamil 40 minggu ke RS janin tunggal hidup intrauterine dengan letak kepala, TFU 39 cm, dari pemeriksaan yang di lakukan di dapat kan hasil bahwa pembukaan sudah lengkap dengan kepala sudah di H IV. Setelah di pimpin meneran 45 menit akhirnya kepala lahir, tetapai bahu anterior macet atas sympshisis pubis. Selama hamil Ny. sila mengeluh banyak makan,

 

banyak minum dan sering BAK. Pada pemriksaan fisik normal TD 120/70 mmHg, nadi 80 x/m, suhu 37 c.


apakah faktor predisposisi yang dapat menyebabkan kesuliatan seperti yang di alami Ny. sila adalah?


a. Ibu menderita DM


b. Ketuban pecah lama


c. Manipulasi intrauterus


d. Hematoma dan hemaoragi


e. Ibu obesitas



181. Ny. F umur 25 th datang ke polindes mngatakan sejak 2 bulan terakhir tidak menstruasi. Mengeluh sakit pada perut bagian bawah mengeluarkan darah bercak berwarna coklat tua. Hasil pemeriksaan di dapatkan belum ada pembukaan, nyeri goyang potio, plano test (+).


Diagnose yang tapat untuk Ny. E adalah…


a. Molahidatidosa


b. Abortus imminens


c. Kehamilan ektopik


d. Plasenta previa


e. Kehamilan ektopik terganggu



182. Ibu O umur 27 th hamil 8 bulan datang ke polindes, ini adalah kunjungan yang pertama selama hamil. Ibu O selama ini tidak pernah periksa karena jarak rumah dengan polindes jauh dan tidak ada yang mengatar. Saat ini dia mengeluh kaki sering kram dan bengkak. Karena khawatir dengan keadaan kehamilannya maka ibu O terpaksa datang ke polindes. Hasil pemriksaan TD 110/90 mmHg. N 60 x/i.


Yang harus di lakukan bidan adalah..


a. Melakukan pemeriksaan secara periodic


b. Mengusahakan transportasi untuk periksa ulang


c. Merencanakan kunjungan ke rumah untuk pemeriksaan selanjutnya


d. Menganjurkan kepala keluarga dan ibu kunjungan berikutnya

 

e. Menganjurkan pasien mencari tumpangan untuk kunjungan berikutnya




183. Ny. A umur 35 th G2 P1 A0 umur kehamilan 29 minggu datang ke BPM dengan keluhan cepat lelah, sesak nafas, dan keluhan tersebut hilang saat istirahat. Pada pemeriksaan fisik di dapatkan palpitasi dan oedema di tangan dan tungkai. TD 110/80 mmHg, nadi 90 x/m.


Asuhan kebidanan yang di berikan pada Ny A, adalah..


a. Rujuk RS


b. Rawat jalan


c. Control rutin


d. Akhiri persalinan


e. Istirahat yang cukup



184. Ny. F umur 25 th. Hamil ke 2 ke BPM dengan keluhan amenorrhoe 3 bulan, ibu F merasa sering mual kadang-kadang muntah. Hasil pemeriksaan tinggi fundus uteri 3 jari di bawah pusat, tidak teraba balotemen, hasil pemeriksaan PPV: darah kecoklatan. Berdasarkan kasus diatas, Ny. F suspect..


a. Kehamilan dengan hipermesis gravidarum


b. Kehamilan dengan abortus imminens


c. Kehamilan dengan mola hidatidosa


d. Kehamilan ektopik terganggu


e. Kahamilan denga anemia



185. Ny. D, 23 th, G1 P0 A0, datang ke bidan untuk memeriksaakan kehamilannya. Keluhan mual muntah terus menerus, tidak nafsu makan dan nyeri epigastrium, tidak menstruasi 2 bulan. Hasil pemeriksaan TD 90/60 mmHg, N 96 x/m, S 38 c, RR 18 x/m, nafas tercium bau ecetone dan PP tes (+). Ny. D khawatir dengan keadaan dirinya. Berdasarkan data di atas,


Diagnose yang bisa di tegakkan untuk Ny. D adalah…

 

a. Emesis gravidarium


b. Hypermesis tingkat I


c. Hypermesis tingkat II


d. Hypermesis tingkat III


e. Hypermesis tingkat IV



186. Ny. M GVI PIII AII umur 34 th, hamil 29 minggu, datang ke rumah sakit dengan keluhan perdarahan pervaginaan merah kehitaman, nyeri perut menetap, gerakkan janin tidak di rasakan oleh ibu.


Hasil pemeriksaan DJJ (-), palpasi di temukanm perut teraba keras TD 120/80, nadi 80 x/m, S :36 c.


Diagnosis yang dapat di tegakkan pada kasus di atas adalah…


a. Vasa previa


b. Plasenta previa


c. Solutio placenta


d. Plasenta letak rendah


e. Hipertensi dalam kehamilan



187. Ny. A umur 23 th datang ke BPM hamil pertama kali mengeluh mengeluarkan darah flek-flek dari jalan lahir 2 hari dari OUE tidak ada pembukaan.


Diagnose kasus Ny. A…


a. Blighted ovum


b. Abortus insipens


c. Abortus incomplete


d. Abortus incomplete


e. Inplantation bleending



188. Ny. S umur 26 tahun datang ke BPM kehamilan ke 3 umur kehamilan 3 bulan, perdarahan sedikit, mengeluh mual, muntah, 4-5 kali sehari. Hasil pemeriksaan TD 140/90 mmHg. TFU 3 jari di bawah pusat, ballotemen (-), DJJ (-).


Untuk menenggakkan diagnose perlu dilakukan pemeriksaan urin..


a. Plano test


b. Protein test


c. Glukosa test

 

d. Urine lengkap


e. Plano test titrasi



189. Ny. F 36 th GI P0 A0 hamil 30 minggu datang ke BPM dengan keluhan waktu bangun tidiur mengeluarkan darah segar lewat lahir, tidak di sertai nyeri perut. Hasil pemeriksaan KU lemah, pucat TS 90/60. Hb: 8,4 gr %.


Diagnose untuk Ny. F adalah..


a. Rupture uteri


b. Abortus iminens


c. Plasenta previa


d. Solusio plasenta


e. Abortus incompletes



190. Ny. E 26 th ke BPM mengeluh sudah 2 bulan tidak menstruasi, perut bagian bawah nyeri dan mengeluarkan bercak darah berwarna coklat. Hasil pemeriksaan dalam belum ada pembukaan portio , nyeri goyang. PP test (+).


Diagnose yang tepat untuk Ny. E adalah..


a. Molla hidatidosa


b. Abortus incipiens


c. Abortus imminens


d. Abortus incomplete


e. Kehamilan ektopik tertanggu





191. Ny.a berumur 24 th, G1 P0 A0 hamil 39 minggu datang kebidan mengeluh kencing-kencing, perut terasa nyeri yang sangat hebat, keluar keringat dingin dan gelisah. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh bidan di dapatkan hasil perut teraba keras, denyut nadi dan pernafasaan meningkat, serta teraba lekukan melintang pada segmen bawah rahim setingg pusat, kontraksi uterus terus menerus sangat kuat.


Dari kasus tersebut diagnose yang sesuai adalah..


a. Rupture uteri


b. Plasenta previa

 

c. Intarsia uteri primer


d. Solosio plasenta


e. Rupture uteri imminent




192. Ny. F umur 22 th G1 P0 A0, hamil 40 minggu datang ke RS dengan riwayat DM, saat ini sedang dalam proses persalinan kala II. Setelah kepala janin lahir, tidak terjadi putar paksi.


Dari kasus tersebut diagnose untuk Ny. F adalah:


a. Partus lama


b. Distosia bahu


c. Partus tak maju


d. Partus serotinus


e. Partus presepitatus



193. Ny. U 36 th, G VII PV AI. Segetra setelah plasenta lahir lengkap terjadi perdarahan, kontraksi uterus lembek serta TFU sulit di tentukan hasil pemeriksaan tidak ada robekkan jalan lahir, kandung kemih kosong.


Ny. U kemungkinan mengalami…


a. Atonia uteri


b. Rupture uteri


c. Inversion uteri


d. Laserasi portio


e. Laserasi perenium



194. Ny. t umur 27 th G4 P3 A0 hamil eterm datang ke polindes mawar. Ia datang di antar suaminya dengan keluhan kejang-kejang. Setelah dilakukan pemeriksaan di temukan TD 190/140 mmHg, muka, tangan dan kaki odema,


VT pembukaan serviks 5 cm.


a. Eklamsi


b. Preeklamsi berat


c. Preeklamsi sedang


d. Preeklamsi ringan


e. Superimposed preeklamsi

 




195. Ny. A G2 P1 A0 usia 32 thn, hamil 40 minggu datang ke klinik jam 8 WIB dengan keluhan kencing-kencing teratur sejak 4 jam yang lalu, perasaan berat, sesak nafas dan bengkak pada kedua ekstremitas, TFU 41 cm, teraba 2 bagian besar janin berdampingan,


DJJ terdengar Ny, A saat ini mengalami


a. Hidramnion


b. Molahildatidosa


c. Kehamilan ganda


d. Presentasi bonkong


e. Kehamilan dengan mioma




196. Ny. M P:5, A:0 umur 35 th melahirkan bayi laki-laki dengan berat badan 3600 gram. Plasenta lahir spontan, perdarahan 550cc. kontraksi uterus lembek,


Berdasarkan kasus di atas perdarahan Ny. M di sebabkan oleh..


a. Antonia uteri


b. Rupture uteri


c. Laserasi serviks


d. Laserasi perenium


e. Rtetensio sisa plasenta




197. Ny. D 23 th G1 P0 A0 datang ke bidan untuk memeriksakan kehamilannya. Keluhan : mual muntah terus menerus, tidak nafsu makan dan nyeri epigastarium, tidak menstruasi 2 bukan, hasil pemeriksaan TD 90/60 mmHg. Nadi 96 x/m, nafas tercium bau acetone dan PP tes (+) Ny. D dengan keadaan dirinya. Berdasarkan data di atas, diagnose yang bisa di tegakkan untuk Ny. D adalah:


a. Emesis gravidarum


b. Hyperhimesis tingkat 1


c. Hyperhimesis tingkat II


d. Hyperhimesis tingkat III

 

e. Hyperhimesis tingkat IV



198. Ny. s umur 26 th datang ke BPM kehamilan ke 3 umur kehamilan 3 bulan, perdarahan sedikit, mengeluh mual, muntah, 4-5 kali sehari. Hasil pemeriksaan TD 140/90 mmHg, TFU 3 jari di bawah pusat, balotemen (-),DJJ (-).


Kemungkinna diagnose Ny. S adalah..


a. KET


b. Ab. Emiminens


c. Molla hidatidosa


d. Hipermesis gravidarum


e. PER (pre eklampsi ringan)



199. Ny, F 36 th G1 P0 A0 hamil 30 minggu datang ke BPM dengan keluhan waktu bangun tidur mengeluarkan darah segar lewat lahir. Tidak disertai nyeri perut. Hasil pemeriksaan KU lemah, pucat TD 90/60, Hb:8,4 gr.


Diagnose untuk Ny. F adalah..


a. Rupture uteri


b. Abortus iminens


c. Plasenta previa


d. Plasenta previa


e. Solusio plasenta



200. Ny. E 26 th ke BPM mengeluh sudah 2 bulan tidak menstruasi, perut bagian bawah nyeri dan mengeluarkan bercak darah berwarna coklat. Hasil pemeriksaan dalam belum ada pembukaan portio, nyeri goyang, PP test (+).


Diagnose yang tepat untuk Ny. E adalah..


a. Molla hidatidosa


b. Abortus incipniens


c. Abortus imminens


d. Abortus incomplete


e. Kahamilan ektopik terganggu



Penutup

Demikianlah kumpulan latihan soal tes CPNS SKB Bidan 2021 yang sudah kami siapkan untuk bagian pertama. Jangan lupa cek juga soal latihan tes CPNS 2021 bagian Ketiga dan bagian kedua.

Pelajari Juga

  • pengalaman skb bidan
  • fr skb bidan
  • skb bidan pdf
  • kisi-kisi skb bidan sesuai permenpan
  • ebook skb bidan
  • tes potensi akademik bidan
  • tahapan tes cpns bidan
  • tes psikotes kerja bidan