Tuesday, June 22, 2021

200+ Soal Tes CPNS SKB Bidan 2021 [Lengkap] - Bagian 7



Ada baiknya kita semua mulai berlatih dari sekarang dengan latihan soal tes CPNS SKB bidan 2021 di ini, Demi mempersiapkan diri dan mendapatkan tempat sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS (Pegawai Negri Sipil). Mengingat tahun lalu, tes CPNS ditiadakan karena faktor kondisi lingkungan yang memang sedang tidak memungkinkan. 


Jadi pastinya, tes ASN 2021 akan jauh lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya dengan paserta yang 2x lipat lebih banyak.


Mulai tanggal 30 Desember 2020, lowongan PNS sudah dibuka secara resmi. Tercatat ada sekitar 1 juta lowongan CPNS 2021 yang akan diperebutkan oleh belasan juta masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pastikan Anda semua sudah siap bersaing.


Jadwal Tes CPNS 2020 & 2021

Untuk saat ini, belum ada jadwal tes cpns 2021 secara resmi. Tetapi proses pendaftaran dan verifikasi data untuk peserta CPNS sudah dibuka sejak 30 Juli 2020 lalu. 


Beberapa dari Anda pastinya juga sudah mengikuti tahap verifikasi data, melakukan pendaftaran ulang, dan mengurus segala bentuk administrasi dan pendaftaran lainnya.


Passing Grade CPNS 2021

Mengingat tahun lalu tidak ada tes CPNS di Indonesia, pastinya tahun ini passing grade CPNS 2021 akan semakin tinggi dan sulit. Tentunya tiap institusi negara ingin memiliki SDM terbaik yang bisa bersaing dengan negara lain baik secara IQ maupun EQ.


Untuk passing grade CPNS 2018 sendiri, bobot Seleksi Kompentensi Bidang (SKB) adalah 60 persen, sedangkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah 40 persen. 


Namun keduanya sangat berpengaruh kepada nilai akhir yang Anda dapatkan dalam tes. Jadi pastikan Anda siap dalam kedua tes baik SKD maupun SKB.


Soal  Tes CPNS 2021

Tes CPNS tahun ini akan dilakukan dalam bentuk CAT alias Computer Assisted Test. Artinya seluruh proses tes akan dilakukan dengan komputer atau PC yang sudah disediakan oleh pengelola dan penyelenggara. 


Kami sangat menyarankan Anda membiasakan mengoperasikan komputer atau laptop mulai dari sekarang. Hal ini akan sangat membantu proses berjalannya tes ketika sudah sampai hari H.


Tes CPNS SKD 2021 (Seleksi Kemampuan Dasar) sendiri akan terdiri dari 3 macam soal. Yaitu:

- 35 soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

- 30 soal TIU (Tes Intelegensia Umum)

- 35 Soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi)


Dalam artikel kali ini pun, kami akan mempersiapkan 300 latihan soal tes CPNS SKB bidan 2021 khusus untuk Anda berlatih.


Tempat Simulasi Tes CPNS SKB Bidan

Jika Anda bingung dimana tempat mencari latihan soal tes CPNS 2021, sebenarnya ada banyak situs yang menyediakan di internet. Namun rata-rata situs tersebut berbayar dan sulit untuk dioperasikan.


Oleh karena itu dalam artikel kali ini kami akan membagikan soal latihan tes CPNS SKB Bidan 2021 gratis agar Anda semua bisa mengetahui apa saja kira-kira soal yang akan keluar di tes CPNS yang asli nantinya.


Latihan Soal Tes CPNS SKB Bidan 2021

Silahkan pelajari soal latihan tes CPNS SKB Bidan 2021 di bawah ini dari HP, laptop, PC, atau komputer masing-masing. Kami juga sudah mempersiapkan kunci jawabannya untuk seluruh soal di bagian akhir artikel. Jadi jika semua soal sudah diisi, silahkan evaluasi pertanyaan mana yang jawabannya salah dan mana yang benar.


Perhatikan Contoh Kasus di bawah ini untuk menjawab soal nomor 151-155 !


Ny. I, 30 th dengan riwayat abortus 3 kali. Sekarang mengalami perdarahan yang tidak kunjung henti sejak mulai haid sampai sekarang. Perdarahan telah terjadi selama 12 hari dengan sifat darah banyak, disertai nyeri pada perut yang terus menerus. Ia sekarang merasa pusing dan mudah berkunang-kunang. Dari pemeriksaan VT di jumpai adanya masa uterus, padat dan berbenjol-benjol.






151. Berdasarkan hasil pemeriksaan, dugaan diagnose Ny. I adalah..


a. Myoma uteri


b. Molla hidatidosa


c. Abortus habitualis


d. Torsi myoma uteri


e. Korio karsinoma



152. Asuhan kebidanan untuk Ny.I adalah..


a. Memasang tampon


b. Melakukan dalam digital


c. KIE untuk ke RS


d. Memberi terapi hormonal


e. Bedrest



153. Keguguran 3 kali berturut-turut yang di alami Ny. I di sebabkan..


a. Gangguan pertumbuhan hasil konsepsi karena virus


b. Menurutnya kesuburan uterus karena adanya sarang myoma


c. Gangguan pertumbuhan hasil konsepsi karena molla hidatidosa


d. Gangguan pertumbuhan hasil konsepsi karena kelainan bentuk uterus

 

e. Adanya virus toxoplasma



154. Untuk memastikan diagnose kasus di atas, perlu pemeriksaan..


a. Hb


b. USG


c. Biopsy


d. Pap smear


e. IVA test




155. Tindakkan medis yang tepat untuk Ny. I adalah..


a. Colostomy


b. Curetase


c. Miomektomi


d. Salpingektomi


e. Biopsy




Perhatikan Contoh Kasus di bawah ini untuk menjawab soal nomor 156-160 !


Gadis A usia 20 th akan menikah tanggal 15 sept 2010. Namun dia bersama calon suaminya menginginkan selama 3 th perkawinan belum ingin punya anak. Pasangan tersebut tidak tahu harus memilih alakon apa. Sekarang tanggal 13 sept 2010 hari pertama haid. A dan calon suaminya datang ketempat praktek saudara untuk konseling pra nikah.




156. A di sarankan untuk tidak memakai alakon..


a. Pil


b. suntik 3 bulan


c. spermisid


d. kondom


e. senggama terputus



157. pilih alat kontrasepsi A dan pasangan adalah yang bersifat..


a. efektif permanen


b. sederhana


c. reversible

 

d. alami


e. jangka panjang



158. Gadis A dan calon suaminya memilih kontrasepsi yang non hormonal dan jangka panjang. Salah satu efek samping alakon tersebut adalah..


a. hipermonorea


b. sakit waktu haid


c. sakit waktu coitus


d. siklus haid teratur


e. pusing



159. waktu pemasangan alat kontrasepsi AKDR yang tepat untuk gadis A adalah..


a. 18 se pt 2010


b. 13 sept 2010


c. 15 Sept 2010


d. 2 minggu setelah mens


e. 1 minggu setelah pasang



160. Waktu yang tepat bagi pasangan tersebut melakukan senggama setelah AKDR terapasang adalah..


a. 24 jam setelah pemasangan


b. Be gitu me ns se lesai


c. 1 minggu setelah pemasangan


d. 2 minggu setelah pemasangan


e. Haid selanjutnya



161. Seorang wanita berusia 25 th datang ke BPM dengan keluhan kram pada perut bagian bawah, terjadi perdarahan pervaginaan sejak 3 hari yang lalu, pusing dan penglihatan berkunang-kunang, adanya mual muntah yang berlebihan sehingga terjadi gangguan pemenuhan cairan dan nutrisi. Ibu mengatakan ini kehamilannya yang ke 2. Haid terakhir pada tunggal lebih kurang 2 bulan yang lalu. Dati hasil pemeriksaan di temukan TD 130/80 mmHg, nadi dan pernafasan dalam batas normal. uterus teraba lunak, TFU 3 jari di atas symphisis, DJJ negative, terliahat adanya pengeluaran

 

darah berwarna kehitaman dan jaringan seperti seperti buah anggur.


Apakah diagnose tepat untuk kasus diatas?


a. Kehamilan ektopik terganggu


b. Molahhidatidosa


c. Mioma uteri


d. Kista ovarium


e. Kehamilan ektopik




162. Ny. E G2 P! A0 hamil 8 bulan datang ke bidan diantar oleh keluarga dengan tidak sadar saat di rumah Ny. E mengalami kenjang-kenjang. Hasil pemeriksaan yang di lakukan oleh bidan di dapati palpasi TFU pertengahan pusat dan px, presentasi kepala, panggung kanan, DJJ (+) 120 x/m dan hasil pemeriksaan fisik TD 130 70 mmHg. Nadi 80 x/m, RR 20 x/m,

Apakah komplikasi yang dapat terjadi pada Ny. E?


a. Prematuritas


b. Ablasio retina


c. Infeksi


d. Gagal ginjal


e. Hipertensi



163. Ny. L umur 36 G5 P4 A0 hamil 3 bulan datang ke BPS di antar oleh suaminya dengan keluhan perdarahan bercak dari jalan lahir sejak 2 jam yang lalu perut bagian bawah kram, PP test positif dan hasil pemeriksaan fisik di dapatkan TD 100/70 mmHg, nadi 80 x/m, suhu 36 C.


Bagaimanakah bidan menangani kasus Ny. L tersebut?


a. Melakukan rujukan


b. Aspirasi vakum manual


c. Infuse dan menganjurkan tirah baring


d. Hanya berikan terapi oral saja


e. Kuretasi



164. Ny. D 29 th G3 P2 A0 datang ke BPS dengan suaminya pukul 03.30 WIB telah melahirkan anak ke 3 secara spontan. Hasil

 

pemriksaan fisik normal TD 110/70 mmHg, nadi 80 x/m, pernafasan 20 x/m dan suhu 37 c, telah di berikan suntikkan yang ke 2 10 UI per IM pada pukul 03.45 WIB kemudian di coba melakukan peneganggan tali pusat terkendali, di dapatkan bawah plasenta masih belum lepas.


Apakah tindakkan yang harus di lakukan pada Ny. D tersebut?



a. Penjahitan robekkan


b. Manual plasenta


c. Reposisi uteri


d. Masase


e. Kuretasi



165. Ny. A umur 23 th G1 P0 A0 hamil 39 minggu datang ke bidan bersama suaminya mengeluh kenceng-kenceng, perut terasa sering mulas di sertai nyeri yang sang sangat hebat, keluar keringat dingin, dan gelisah. Setelah di lakukan pemeriksaan oleh bidan di dapatkan hasil perut teraba keras, denyut nadi pernafasan meningkat, hasil VT : TBJ 4900 gram, panggul sempit, dengan hasil pemeriksaan fisik yang di lakukan TD 110/70 mmHg, nadi 82 x/m, RR 21 x/m, suhu 37 C.


Apakah yang memicu keadaan tersebut terjadi ?


a. Kehamilan ganda


b. Memiliki masalah lapisan rahim


c. Memiliki sel telur yang melekat sangat rendah di dalam rahim


d. Incoodinate uteri action


e. Makrosemia



166. Nn. K18 th umur datang ke BPS dengan ibunya untuk periksa. KU pucat dan perut membesar dengan TFU 3 jari di bawah pusat serta teraba lunak dengan ballottement negative. Hasil anamnesa Nn. K belum pernah menstruasi, setiap bulan merasa nyeri siklik kurang lebih 5 hari dari hasil pemeriksaan fisik TD 110/7 mmHg, Hb 9 gr/dl. Nadi 80 x/m, RR 20 x/m.


Bagaimanakah tindakkan tenaga medis untuk mengatasi kasus Nn. K diatas?

 

a. Hymenektomi


b. Eksterpasi hymen


c. Insisis hymen


d. Radiasi hymen


e. Berikan hymen



167. Ny. C umur 48 th datang ke klinik dengan keluhan menstruasi sudah tidak teratur lagi, mudah berdebar-debar dan ia merasa malas berhubungan seksual dengan suaminya


Keluhan yang di alami oleh Ny. C saat berhubungan seksual?


a. Anorgasmia


b. Disparunia


c. Frigiditas


d. Vaginismus


e. Salpingitis



168. Ny. R 18 th datang dengan ibunya sudah beberapa kali haid dengan jumlah darah sangat banyak, darah keluar di sertai dengan bekuan darah dan jadwal haid teratur seperti biasa-biasanya. Akhir-akhirnya ini setiap menstruasi di sertai dengan perasaan sakit yang hebat, padahal sebelumnya tidak pernah seperti itu kalau sedang menstruasi.

Apakah diagnose sementara pada kasus di atas?


a. Polip endometrium


b. Endometriosis


c. Mioma uteri


d. Disfungsi uterus bleeding


e. Salpingitis



169. Ny. R umur 40 th dengan suaminya datang ke BPS Amelia, telah menikah 3 tahun belum mempunyai anak. Tidak menggunakan alat kontrasepsi, hubungan senggama tidak masalah, mereka berkeinginan untuk segera di karunia anak. Setelah di lakukan pemeriksaan medis ternyata Ny. R terdapat sumbatan pada tuba fallopi.


Apakah kemungkinan penyebab utama pada kasus di atas?

 

a. Endometriosis


b. Hiperprolaktinemia


c. Salphingitis


d. Polycystic ovary syndrome


e. Endrometriosis



170. Ny. M GVI PIII AII umur 34 th, hamil 29 minggu, datang ke RS bersama suaminya dengan keluhan perdarahab pervaginaan merah kehitaman, nyeri perut menetap,gerakkan janin tidak di rasakan oleh ibu, hasil pemeriksaan DJJ (-), palpasi ditemukan perut teraba keras TD 120/80, nadi 80 x/m, suhu 36 c.


Apakah diagnosis yang dapat di tegakkan pada kasus di atas?


a. Vasa previa


b. Plasenta previa


c. Solution plasenta


d. Placenta letak rendah


e. Hipertensi dalam kehamilan



171. Ny. ani berusia 40 th, G4 P3 A0 usia kehamilan 22 minggu datang ke BPM dengan keluhan sering mengeluh pusing dan pertambahan berat badan yang cepat. Anamnesa dan pemeriksaan tidak mempunyai riwayat penyakit keluarga, riwayat keturunan kembar ada dan tidak pernah mempunyai riwayat operasi. TD: 140/90 mmHg, S: 37,5 c, N: 79 x/i. P : 21 x/m, pameriksaan Leopold teraba lebih dari 3 bagian besar janin. Auskultasi terdengar DJJ di dua tempat untuk Ny. Ani?


a. Kehamilan gamely


b. Makrosemia


c. Kehamilan ektopik


d. Kehamilan anggur


e. Mioma uterus



172. Ny. heni baru melahirkan di puskesmas 1 jam yang lalu bayi lahir spontan BB 3000 gram, panjang badan 50 cm, dan jenis kelamin perempuan. Berdasarkan hasil pengkajian ditemukan KU ibu baik TD 110/70 mmHg, N : 76 x/m, kontraksi uterus baik, TFU 2 jari di bawah pusat, plasenta lahir spontan lengkap, Ny. heni mengeluh

 

perutnya mules dan masih mengeluarkan darah, sehingga merasa cemas dengan keadaannya.


Apakah asuhan yang diberikan setelah hasil pengkajian selama 30 menit suhu tubuh ibu meningkat?


a. Mobilisasi dini


b. Rujuk segera


c. Rehidasi


d. Berikan analgesic


e. Berikan infuse



173. Ny. wina umur 26 th G2 P1 A0, hamil 3 bulan datang ke klinik sari dengan keluhan mengeluarkan sebagian hasil konsepsi yang tertinggal hanya desidua dan palasenta dengan genjala amenorea, sakit perut, mulas-mulas, perdarahan berupa stosel. Hasil pemeriksaan, TD 90/60 mmHg, nadi 120 x/m, suhu 36 c, palpasi 2 jari di bawah symphisis, terdapat pembukann serviks, Hb 9,3 gr/dl. Apakah diagnose yang tepat untuk Ny. wina?


a. Abortus kompletus


b. Abortus imminens


c. Abortus insipiens


d. Abortus inkompletus


e. Abortus habitualis



174. Ny. M melahirkan anak ke 2 G2 P1 A0 di puskesmas, setelah plasenta lahir lengkap, 1 jam kemudian terjadi perdarahan banyak dari vagina lebih dari 500 cc. konsistensi uterus lunak, tinggi fundus uteri 3 jari di bawah pusat, ibu tampak lemas, tekanan darah 90/60 mmHg, nadi 92 x/m,


Apakah tindakkan yang seharusnya di lakukan untuk pencegahan perdarahan dari kasus di atas?


a. Kompresi aorta


b. Melakukan komprensi bimanual Interna


c. Melakukan masase uterus


d. Melakukan kompresi bimanual eksterna


e. Injeksi vit K

 

175. Ny. A umur 24 th G1 P0 A0 hamil 39 minggu datang ke bidan mengeluh kenceng-kenceng, perut terasa sering mules disertai nyeri yang sangat hebat. Keluar keringat dingin dan gelisah. Setelah dilakuakn pemeriksaan oleh bidan di dapat hasil perut teraba keras, denyut nadi dam pernafasan meningkat, serta teraba lekukan melintang pada segmen bawah rahim setinggi pusat. Hasil pemeriksaan fisik TD 110/60 mmHg, nadi 100 x/m, suhu 37 c. Apakah yang mengakibatkan kasus tersebut terjadi?


a. Insersia uteri sekunder


b. incoodinate action


c. atonia uteri


d. insersia uteri primer


e. kepala bayi yang semakin turun menekan bagian vesika unaria ibu



Penutup

Demikianlah kumpulan latihan soal tes CPNS SKB Bidan 2021 yang sudah kami siapkan untuk bagian pertama. Jangan lupa cek juga soal latihan tes CPNS 2021 bagian Ketiga dan bagian kedua.

Pelajari Juga

  • pengalaman skb bidan
  • fr skb bidan
  • skb bidan pdf
  • kisi-kisi skb bidan sesuai permenpan
  • ebook skb bidan
  • tes potensi akademik bidan
  • tahapan tes cpns bidan
  • tes psikotes kerja bidan